Apakah Bronkitis Menular? Tergantung pada Jenis Bronkitisnya

(0)
01 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Apakah bronkitis menular? Tergantung dari jenis bronkitisnya!Apakah bronkitis menular, masih menjadi misteri bagi banyak orang.
Apakah bronkitis menular? Jawabannya ada pada jenis bronkitisnya. Sebab, bronkitis memiliki dua jenis, yakni bronkitis kronis dan bronkitis akut. Di antara keduanya, mana yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya?

Apakah bronkitis menular?

Sebelum mengetahui apakah bronkitis menular, penting bagi Anda untuk mengenal 2 jenis bronkitis. Sebab, tidak semua jenis bronkitis dapat menular.Berikut ini adalah penjelasan mengenai 2 jenis bronkitis dan penjelasan mengenai jenis yang ditularkan antarmanusia.
  • Bronkitis kronis

Bronkitis kronis adalah kondisi yang menyebabkan peradangan lapisan saluran udara bronkial. Biasanya, bronkitis kronis disebabkan oleh kebiasaan merokok atau paparan zat berbahaya lainnya. Bronkitis kronis tidak menular, jadi Anda tidak perlu takut tertular oleh penderitanya.Itulah sebabnya, mengenal gejala bronkitis kronis sangatlah penting, supaya Anda bisa membedakan bronkitis kronis dan akut.Beberapa gejala bronkitis kronis yang biasanya nampak pada penderitanya adalah batuk berdahak, bunyi napas “ngik”, serta napas pendek-pendek.
  • Bronkitis akut

Apakah bronkitis bisa menular? Jawabannya ada pada jenis bronkitis yang satu ini. Sama seperti bronkitis kronis, bronkitis akut juga menyebabkan peradangan pada saluran udara bronkial, tapi dalam jangka waktu yang lebih pendek. Biasanya, bronkitis akut disebabkan oleh virus. Itulah sebabnya bronkitis akut dapat menular.Umumnya, infeksi pada bronkitis akut berlangsung selama 10 hari. Namun setelah gejala-gejalanya hilang, penderita penyakit ini bisa mengalami batuk-batuk selama beberapa minggu.Terdapat ratusan virus penyebab bronkitis akut, termasuk virus yang biasanya mengakibatkan flu dan pilek. Dalam kasus yang langka, bronkitis akut juga dapat disebabkan oleh bakteri.Berbeda dari bronkitis kronis, penderita bronkitis akut biasanya akan menunjukkan gejala seperti nyeri badan, demam, sesak, batuk dengan lendir berwarna bening, hijau, hingga kuning.Pertanyaan, “Apakah bronkitis menular," akhirnya terjawab. Kini Anda sudah memahami bahwa bronkitis akut lah yang dapat ditularkan dari penderitanya kepada orang lain.

Bagaimana proses penularan bronkitis akut?

Bronkitis
Apakah bronkitis menular?
Bronkitis akut dapat menyebar lewat udara (airborne), saat penderitanya sedang berbicara, batuk, ataupun bersin. Tidak hanya itu, bronkitis akut juga dapat menular saat penderitanya bersentuhan dengan orang lain.Virus dan bakteri yang menyebabkan bronkitis akut pun bisa bertahan selama beberapa menit, jam, dan bahkan berhari-hari lamanya. Itulah sebabnya Anda berisiko tertular bronkitis akut saat memegang objek apapun yang telah terpapar oleh virus atau bakteri penyebab bronkitis akut.Beberapa bakteri yang biasanya menyebabkan bronkitis meliputi:
  • Bordetella pertussis
  • Streptococcus species
  • Mycoplasma pneumonia
  • Chlamydia pneumonia
Berhati-hatilah saat sedang bertemu dengan seseorang yang berpotensi membawa virus dan bakteri penyebab bronkitis akut. Sebab, penularannya bisa dengan mudah terjadi.

Masa inkubasi dan gejala bronkitis akut

Bronkitis akut juga memiliki masa inkubasi, yakni sekitar 4-6 hari hingga gejalanya datang. Beberapa jam sebelum gejala bronkitis akut menyerang, tubuh akan merasa kelelahan, sakit kepala datang, hidung mampet, dan nyeri tenggorokan.Kenali juga gejala bronkitis akut secara lengkap ini:
  • Batuk
  • Sulit bernapas
  • Nyeri dada
  • Rasa tidak nyaman di dada
  • Lendir berwarna bening, kuning, dan hijau
  • Merasa lelah
  • Demam
  • Panas dingin
Umumnya, gejala-gejala bronkitis akut di atas akan hilang setelah 1-2 minggu. Namun, penderitanya akan tetap batuk-batuk selama beberapa minggu.

Cara mencegah penularan bronkitis akut

Bronkitis
Apakah bronkitis menular?
Tenang saja, Anda bisa mencegah penularan bronkitis akut dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.
  • Menghindari kontak fisik dengan orang yang sedang sakit
  • Tidak sharing atau berbagi alat makan dan minum dengan penderita bronkitis akut, flu, atau pilek
  • Tidak menyentuh tisu bekas, karena lendir yang diproduksi penderita bronkitis akut dapat menularkan virus atau bakterinya
  • Sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  • Tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.
Beberapa cara mencegah penularan bronkitis akut di atas dapat menyelamatkan Anda dari berbagai penyakit. Maka dari itu, mulailah jalani gaya hidu sehat dan selalu rajin mencuci tangan, ya.

Catatan dari SehatQ:

Apakah bronkitis menular? Jawabannya, ya, pada bronkitis jenis akut yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Maka dari itu, jangan remehkan kebiasaan mencuci tangan, karena dari hal-hal kecil inilah berbagai penyakit dapat dicegah.
penyakit paru-parupenyakitbronkitis
Healthline. https://www.healthline.com/health/is-bronchitis-contagious
Diakses pada 18 Mei 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/chronicbronchitis.html
Diakses pada 18 Mei 2020
Family Doctor. https://familydoctor.org/condition/acute-bronchitis/
Diakses pada 18 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait