Apakah Berkeringat Bisa Menurunkan Berat Badan?


Apakah berkeringat bisa menurunkan berat badan? Jawabannya, ya. Namun sayangnya, efek penurunan berat badannya tidak permanen.

0,0
20 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Apakah berkeringat bisa menurunkan berat badanApakah berkeringat bisa menurunkan berat badan? Jawabannya, bisa. Namun sifatnya sementara.
Banyak berkeringat saat berolahraga dianggapdapat membakar lemak lebih dan mampu menurunkan berat badan. Namun, apakah klaim ini hanya sekadar mitos atau memang sudah terbukti kebenarannya?
Perlu dipahami, berkeringat adalah cara tubuh untuk mengontrol suhunya. Saat tubuh berkeringat, air dan garam dapat keluar lewat kulit dan menguap untuk membantu mendinginkan suhu tubuh.

Apakah berkeringat bisa menurunkan berat badan?

Secara singkat, berkeringat memang bisa membakar sedikit kalori dan membantu Anda menurunkan berat badan. Akan tetapi, penurunan berat badan tersebut dapat terjadi karena tubuh mengeluarkan banyak cairan berupa keringat.Terlebih lagi, penurunan berat badan saat berkeringat ini bersifat sementara. Sesaat Anda minum air dan mengonsumsi makanan, berat badan dapat kembali seperti sedia kala.Keringat yang diproduksi tubuh saat berolahraga juga tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur dari penurunan berat badan. Sebab, berat badan tetap bisa turun saat Anda berolahraga tanpa mengeluarkan keringat.Contohnya, saat Anda berolahraga renang, mengangkat beban ringan, hingga beraktivitas fisik saat cuaca sedang dingin. Berbagai jenis olahraga ini tidak membuat tubuh berkeringat, tapi kalori tetap terbakar dan berat badan bisa turun jika dilakukan secara rutin.Meski begitu, keringat tetap bisa menjadi patokan dari seberapa tinggi intensitas dari olahraga yang dilakukan.

Apakah ada manfaat berkeringat saat berolahraga

Meskipun tidak bisa dijadikan sebagai parameter dalam penurunan berat badan, bukan berarti berkeringat saat berolahraga tidak bermanfaat.Nyatanya, terdapat beberapa manfaat berkeringat saat berolahraga yang berdampak baik, seperti:
  • Mendinginkan tubuh

Manfaat utama dari berkeringat saat berolahraga adalah mendinginkan tubuh. Sebab, suhu tubuh meningkat selama dan sesaat setelah berolahraga.
  • Menyehatkan kulit

Olahraga berintensitas tinggi yang membuat tubuh mengucurkan keringat dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Alhasil, oksigen dan nutrisi bisa didistribusikan ke sel-sel kulit.
  • Menantang Anda untuk berolahraga lebih keras

Banyak berkeringat saat berolahraga dapat menjadi pertanda bahwa Anda sedang meningkatkan intensitas olahraga. Hal ini dinilai bisa memacu diri Anda untuk lebih semangat dalam meningkatkan kekuatan tubuh dalam berolahraga.Tapi ingat, jika Anda merasa pusing, lelah yang ekstrem, dan nyeri, itu berarti Anda terlalu memaksakan diri.Pastikan Anda berolahraga sesuai dengan kapasitas tubuh. Mulailah dari gerakan yang sederhana terlebih dahulu. Jika sudah mahir, baru Anda boleh meningkatkan intensitasnya.

Bahaya berkeringat berlebihan

Setelah menjawab pertanyaan apakah berkeringat dapat menurunkan berat badan, Anda juga perlu tahu kalau berkeringat berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.Terdapat beberapa kondisi medis yang terjadi jika Anda berkeringat berlebihan, seperti:

1. Dehidrasi

Jika keringat yang dikeluarkan tubuh terlalu banyak, Anda bisa mengalami dehidrasi. Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan cairan.Ditambah lagi jika Anda berolahraga saat cuaca sedang panas. Hal ini dapat meningkatkan jumlah keringat yang keluar dari kulit. Inilah sebabnya Anda disarankan untuk selalu minum air putih setelah berkeringat agar terhindar dari dehidrasi.Jika perlu, bawalah botol minum saat Anda berolahraga. Dengan begitu, Anda bisa rutin minum air di tengah sesi olahraga.Beberapa gejala dehidrasi yang penting untuk diketahui, di antaranya:
  • Rasa haus yang ekstrem
  • Kebingungan
  • Pusing yang tak kunjung hilang saat Anda berdiri
  • Tidak buang air kecil selama 8 jam
  • Hilang kesadaran
  • Kejang
  • Denyut nadi lemah
  • Denyut nadi cepat.

2. Hiperhidrosis

Berkeringat berlebihan dapat menjadi tanda dari hiperhidrosis. Kondisi medis ini terjadi saat tubuh mengeluarkan keringat berlebihan.Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter jika keringat berlebih disertai dengan gejala-gejala di bawah ini.
  • Demam 40 derajat Celcius
  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat.
Perlu dipahami, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah menjalani gaya hidup yang aktif dan menerapkan pola makan sehat.Anda juga perlu melakukan olahraga secara teratur. Durasi olahraga yang dianjurkan adalah 30 menit per sesi selama 5 hari dalam seminggu.Kalau Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragatips olahragamenurunkan berat badan
Web MD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/does-more-sweat-equal-a-better-workout#1
Diakses pada 5 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/does-sweating-burn-calories#caloriesburned
Diakses pada 5 Oktober 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/361702-why-does-body-temperature-increase-during-exercise/
Diakses pada 5 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait