Apakah Anda Sedang Jatuh Cinta? Kenali Tanda-tandanya

(0)
18 Jun 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cinta adalah perasaan yang kadang sulit dijelaskanIlustrasi orang yang sedang jatuh cinta
Banyak orang sepakat bahwa cinta adalah hal yang kompleks. Membicarakan persoalan satu ini seperti tidak pernah habis karena setiap orang mungkin memiliki definisi hingga cara mengungkapkan cintanya masing-masing.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cinta adalah kata sifat yang menyatakan suka sekali, saya benar atau terpikat (bila terjadi antara pria dan wanita). KBBI juga mengenal istilah cinta bebas (hubungan pria dan wanita yang tanpa ikatan adat atau hukum yang berlaku) maupun cinta monyet (kasih antara pria dan wanita yang masih kanak-kanak sehingga mudah berubah).Sementara menurut kamus Cambridge, cinta adalah kata kerja yang mencerminkan bahwa seseorang sangat menyukai orang lain secara romantis maupun seksual. Cinta juga digambarkan sebagai perasaan kuat atas kesukaan terhadap teman atau orang di dalam keluarga.Anda mungkin tidak peduli dengan definisi cinta di atas ketika sedang merasa terkena ‘virus cinta’ ini. Mengapa orang bisa jatuh cinta dan apa saja tanda bahwa Anda sedang mengalaminya?

Alasan orang jatuh cinta

Adanya zat-zat kimia di dalam otak disebut-sebut berpengaruh pada munculnya perasaan cinta di dalam diri Anda. Namun dilihat dari segi psikologis, ada empat alasan utama seseorang bisa jatuh cinta, yaitu:
  • Persamaan

Ketika Anda dan si dia memiliki persamaan, baik dalam agama, bahkan kepribadian dan cara berpikir, maka kemungkinan Anda jatuh cinta akan semakin besar.
  • Kebiasaan

Cinta adalah rasa yang bisa lahir karena kebiasaan, misalnya terbiasa bekerja bersama, sering berdiskusi, maupun berinteraksi satu sama lain.
  • Karakter idaman

Jika Anda memiliki bayangan tentang pasangan ideal, kemudian bertemu dengan orang yang dimaksud, bisa jadi Anda akan jatuh cinta padanya.
  • Saling menyukai

Berawal dari perasaan seseorang yang tertarik atau suka terhadap Anda , faktor ini juga bisa menimbulkan atau bahkan meningkatkan rasa yang sama pada diri Anda.Selain faktor-faktor umum di atas, ada juga beberapa faktor lainnya yang dapat membuat Anda jatuh cinta dengan seseorang.
  • Pengaruh sosial

Kadang kala, Anda bisa saja jatuh cinta pada orang yang ‘dijodohkan’ oleh rekan-rekan di lingkungan Anda, contohnya di sekolah atau bahkan di kantor.
  • Rasa terpenuhi

Ketika seseorang bisa memenuhi kebutuhan Anda akan keinginan untuk ditemani atau cinta, bisa jadi Anda akan jatuh cinta dengan orang itu.
  • Rasa yang tidak biasa

Ketika Anda merasa ada yang aneh dengan diri Anda saat melihat seseorang, bisa jadi lama-lama perasaan itu berubah menjadi cinta.
  • Hal unik

Cinta bisa lahir dari hal unik yang di dalam diri seseorang yang menarik perhatian Anda, misalnya tahi lalat di atas bibir.
  • Ingin dicintai

Semakin Anda merasa ingin mencintai orang lain, semakin mudah Anda untuk jatuh cinta dengan seseorang.
  • Isolasi

Sering menghabiskan waktu hanya berdua dengan orang lain juga berkontribusi dalam menumbuhkan benih-benih cinta.
  • Misteri

Anda juga bisa jatuh cinta pada seseorang ketika ia bersikap misterius pada Anda. Misteri yang menyelimuti seseorang dan ketidaktahuan Anda terhadap apa yang orang tersebut rasakan, juga bisa menimbulkan rasa cinta.

Tanda-tanda Anda sedang jatuh cinta

Apakah Anda sering memikirkan Si Dia ketika tengah makan siang? Apakah Anda tiba-tiba tidak bisa tidur setelah menerima pesan darinya? Jika ya, bisa jadi Anda memang sedang jatuh cinta.Dari segi ilmu pengetahuan, orang yang sedang jatuh cinta biasanya menunjukkan tanda-tanda seperti:
  • Selalu berpikir tentang orang yang dicintai

Studi menunjukkan orang yang sedang jatuh cinta akan menghabiskan 85 persen waktu terjaganya dengan memikirkan sang pujaan hati.
  • Posesif

Cinta adalah perasaan ingin memiliki sehingga Anda akan merasa mudah cemburu jika orang yang Anda cintai terlihat bersana dengan orang lain. Perasaan inilah yang disebut dengan posesif.
  • Merencanakan masa depan

Anda merasa senang saat membicarakan masa depan berdua, misalnya untuk menikah, memiliki keturunan, ataupun membangun rumah bersama.
  • Empati

Seseorang yang jatuh cinta memiliki empati yang kuat terhadap orang yang dicintainya. Ia juga akan merasakan penderitaan yang dialami pujaan hatinya sehingga terkadang seseorang rela melakukan apa saja demi orang yang dicintainya.
  • Melakukan hobi baru

Anda tidak segan melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, sekalipun itu adalah hal yang tidak Anda sukai, demi orang yang Anda cintai.
  • Melihat hanya sisi positif

Cinta itu buta sehingga orang yang sedang jatuh cinta sering kali akan mengabaikan sifat negatif atau keburukan dari orang yang mereka kasihi.
  • Emosi tidak stabil

Jatuh cinta adalah perasaan yang membuat kinerja tubuh tidak beraturan. Anda mungkin akan merasa senang dan sedih dalam jeda hanya beberapa detik.Itulah penjelasan komprehensif mengenai cinta dan tanda-tandanya. Semoga dengan mengenali alasan dan tanda-tanda seseorang jatuh cinta, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih rasional ketika merasakan hal yang sama dan tidak dibutakan oleh cinta.
percintaan
KBBI online. https://kbbi.web.id/cinta
Diakses pada 4 Juni 2020
Cambridge Dicrionary. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/love
Diakses pada 4 Juni 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-mysteries-love/201701/the-11-reasons-we-fall-in-love
Diakses pada 4 Juni 2020
Livescience. https://www.livescience.com/33720-13-scientifically-proven-signs-love/2.html
Diakses pada 4 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait