Apakah Aman Ibu Hamil Naik Motor? Ini Jawabannya


Ibu hamil naik motor cenderung aman dilakukan. Namun, pastikan Anda dan janin dalam kondisi sehat. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengikuti tips aman naik motor saat hamil yang aman dan nyaman agar kondisi kesehatan ibu dan janin jadi tidak terganggu.

(0)
Ibu hamil naik motor aman dilakukan asalkan Anda dan janin dalam kondisi sehatIbu hamil naik motor memang aman tetapi Anda perlu waspada terhadap bahaya yang mungkin terjadi
Bepergian menggunakan sepeda motor memang cenderung lebih efisien untuk sampai ke tempat tujuan dibandingkan dengan mobil. Tak ayal bila ibu hamil kerap mengendarainya untuk mengurus kepentingan pribadi maupun menyelesaikan pekerjaan. Namun, pertanyaannya, apakah ibu hamil naik motor aman dilakukan?

Bolehkah ibu hamil naik motor?

Pada dasarnya, boleh-boleh saja ibu hamil naik motor, asalkan Anda dan janin dalam kondisi sehat dan tidak memiliki masalah apa pun. Ini berlaku bagi Anda yang mengendarai motor sendiri, atau menjadi penumpang sepeda motor.Belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa naik motor saat hamil bisa mengancam keselamatan bayi dalam kandungan.Akan tetapi, para dokter ahli menyarankan agar Anda melakukannya setelah memasuki trimester kedua kehamilan.Jalan-jalan saat hamil menggunakan berbagai jenis kendaraan, termasuk sepeda motor, pada usia trimester kedua kehamilan (14-28 minggu) diyakini cukup aman.Pada usia kehamilan tersebut, morning sickness sudah mulai mereda sehingga Anda merasa lebih nyaman dan berenergi dalam beraktivitas.

Kapan naik motor saat hamil yang tidak dianjurkan?

Meski ibu hamil naik motor tergolong aman dilakukan, Anda tetap perlu hati-hati dalam berkendara.Anda tidak dianjurkan bepergian naik motor saat hamil apabila mengalami kondisi seperti di bawah ini.
  • Muntah atau diare parah
  • Pernah mengalami perdarahan saat masa kehamilan
  • Tanda dan gejala preeklampsia (sakit kepala tak kunjung hilang, perubahan penglihatan, pembengkakan di wajah atau tangan)
  • Nyeri perut atau kontraksi panggul
  • Penggumpalan pembuluh darah vena
Naik motor saat hamil mungkin juga tidak dianjurkan apabila usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga kehamilan. Ini berlaku bila Anda mengendarai sepeda motor sendiri atau menjadi penumpangnya.Pasalnya, naik motor saat hamil tua membuat Anda jadi merasa kesulitan, baik saat menjadi penumpang atau mengendarai sepeda motor sendiri, dalam mengendalikan setir motor (stang) dan menyeimbangkan tubuh.Kondisi tersebut bisa terjadi akibat pengaruh pusat gravitasi dan persendian sehingga membuat Anda tidak seimbang, serta ukuran perut yang semakin membesar.Solusinya, Anda disarankan untuk menggunakan moda transportasi lain yang lebih aman dan nyaman, seperti mobil pribadi, taksi, kereta, atau bus.Jika terpaksa harus bepergian menggunakan sepeda motor, perhatikan posisi duduk ibu hamil saat naik motor agar tetap nyaman dan aman.

Adakah risiko bahaya ibu hamil naik motor?

Ibu hamil naik motor memang aman, tetapi Anda perlu waspada terhadap bahaya yang mungkin terjadi.Salah satu risiko bahaya naik motor yang mengintai adalah kecelakaan lalu lintas.Walaupun kecelakaan lalu lintas juga bisa terjadi pada moda transportasi lain, risiko pengendara atau penumpang sepeda motor untuk mengalaminya cenderung lebih tinggi.Pengendara atau penumpang sepeda motor lebih rentan terhadap tabrakan, terjatuh, atau tergelincir. Terlebih, kendaraan beroda dua ini tidak dilengkapi dengan pengaman.Selain dapat mengancam nyawa, pada beberapa kasus, kecelakaan kendaraan roda dua dapat menimbulkan komplikasi kehamilan berbahaya, seperti solusio plasenta dan luka pada rahim.Beberapa dari Anda mungkin merasa khawatir atau takut naik motor saat hamil tua bila melewati jalanan rusak atau berbatu, karena menimbulkan guncangan yang berdampak buruk bagi kehamilan.Faktanya, efek naik motor saat hamil tua tersebut belum terbukti benar secara medis.Sebaliknya, janin dalam kandungan terlindungi dengan baik berkat otot rahim, perut, dan panggul, serta keberadaan cairan ketuban yang menyelimuti dirinya.

Bagaimana tips aman naik motor saat hamil?

Jika Anda harus berkendara menggunakan sepeda motor, ada beberapa tips aman naik motor saat hamil yang bisa dilakukan, seperti:
  • Gunakan helm dengan benar dan memiliki standar SNI (Standar Nasional Indonesia).
  • Kenakan jaket untuk melindungi tubuh dari paparan angin. Pakai pula pakaian yang nyaman. Anda juga disarankan memakai masker, sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu.
  • Posisi duduk ibu hamil saat naik motor harus nyaman dan aman. Bila jadi penumpang, hindari posisi duduk menyamping.
  • Jika memungkinkan, hindari jalanan rusak atau berbatu.
  • Hindari berkendara terlalu lama. Bila memungkinkan, hindari mengendarai motor selama jam-jam sibuk dan pada malam hari.
  • Apabila memungkinkan, hindari berkendara saat panas sedang terik-teriknya. Sebab, Anda jadi mudah dehidrasi.
  • Hindari berkendara saat hujan atau saat jalanan licin untuk mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh.
  • Jangan berkendara ketika tubuh terasa tidak nyaman atau merasa tidak sehat.
  • Minta bantuan orang lain ketika ingin menyalakan motor atau kick-starter.

Ibu hamil naik motor memang tidak dilarang. Namun, pastikan Anda dan janin dalam kondisi sehat.Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengikuti tips aman naik motor saat hamil yang aman dan nyaman. Dengan demikian, kesehatan ibu dan janin jadi tidak terganggu.Jika Anda sering naik motor saat hamil, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memantau kondisi janin. Terlebih, jika Anda kerap naik motor saat hamil tua.Anda juga perlu menemui dokter apabila mengalami keluhan perut sakit saat hamil tua setelah naik motor.Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk bertanya lebih lanjut seputar masalah kehamilan lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
hamilkehamilanmasalah kehamilanibu hamil
Baby Center India. https://www.babycenter.in/x1028429/is-it-safe-to-travel-by-a-two-or-three-wheeler-during-pregnancy
Diakses pada 16 April 2021
Baby Center India. https://www.babycentre.co.uk/x1049072/is-it-true-that-a-bumpy-car-ride-can-help-bring-on-labour
Diakses pada 16 April 2021
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/complications/is-it-okay-to-ride-a-bike-while-pregnant/
Diakses pada 16 April 2021
American College of Obstetricians and Gynecologist. https://www.acog.org/womens-health/faqs/travel-during-pregnancy
Diakses pada 16 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait