Apakah Alergi Bisa Sembuh? Ini Cara Mengatasi Alergi yang Bisa Dilakukan


Alergi tidak bisa hilang atau disembuhkan. Anda hanya bisa mengurangi keparahan gejala dengan menghindari pemicu alergi serta melakukan terapi.

0,0
08 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Alergi tidak bisa hilang atau disembuhkanMenghindari pemicu alergi bisa membantu mencegah keparahan gejala
Setiap orang bisa mengalami alergi yang disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi ini bisa didapat saat kecil dan akan berangsur menghilang saat dewasa. Sayangnya, ada sebagian orang yang tetap bertahan dengan alergi dari masa kecilnya hingga sekarang. Lalu, sebenarnya apa alergi bisa sembuh total dengan penanganan medis?Alergi muncul secara natural dari dalam tubuh. Saat tubuh merasa ada zat asing yang dianggap “berbahaya”, tubuh akan melepaskan antibodi yang akan membuat Anda merasa gatal, bersin, pilek, dan hidung tersumbat. Sayangnya, kondisi inilah yang sering mengganggu aktivitas Anda.

Cara menghilangkan alergi

Sampai sekarang, belum ada langkah yang bisa menghilangkan alergi sepenuhnya. Beberapa langkah pengobatan hanya bisa mengontrol alergi dengan cara menurunkan gejala dan intensitasnya saja. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah alergi:

1. Imunoterapi

Langkah medis yang satu ini sebenarnya bukanlah sebuah pengobatan. Imunoterapi akan membiasakan tubuh untuk menerima alergen dan tidak meresponsnya secara berlebihan. Dengan begitu, diharapkan tubuh tidak akan langsung bereaksi saat kontak dengan hal-hal yang menyebabkan alergi.Dengan terapi ini, dokter akan menyuntikkan sumber alergi dalam dosis yang kecil ke dalam tubuh. Karena itu juga, terapi ini disebut dengan allergy shots. Penyuntikan akan dilakukan secara rutin dan berkala hingga tiga sampai lima tahun.Imunoterapi akan disarankan untuk mereka yang tidak bisa minum obat atau yang sudah tidak mampu lagi mengendalikan alerginya. Mereka yang hidup berdampingan dengan alergen pun disarankan melakukan terapi ini.

2. Menggunakan HEPA filter

Bagi yang memiliki alergi terhadap debu dan bulu binatang, cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan filter high efficiency particulate air (HEPA) di dalam tempat tinggal. Anda bisa memasangnya di bagian ventilasi, AC, atau saluran udara lainnya. Filter ini akan menahan partikel kecil penyebab alergi agar tidak masuk ke dalam ruangan.Ruangan Anda bisa terhindar dari tungau, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan jamur. Mungkin Anda butuh modal yang cukup besar dalam pemasangannya. Namun, Anda bisa mendapatkan udara yang lebih bersih untuk menghindari alergi.

3. Menggunakan tempat tidur bahan hipoalergenik

Bahan hipoalergenik bebas dari bulu yang membuat Anda bersin atau gatal. Selain itu, bahan hipoalergenik tidak akan mengikat debu atau jamur dan pastinya mudah dibersihkan. Seprai dan sarung bantal berbahan hipoalergenik  juga terbilang lebih memberikan kenyamanan saat dipakai.

Cara mencegah alergi

Karena alergi tidak bisa sembuh sendiri, Anda yang perlu menjaga hidup sehat dan bersih. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah alergi muncul:
  • Mengurangi bulu hewan peliharaan

Jika alergi, sebaiknya Anda tidak memelihara hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Namun, Anda yang sudah telanjur memeliharanya sebaiknya menjaga rambut-rambut hewan untuk tetap sehat. Anda perlu memandikan hewan peliharaan secara rutin untuk mencegah kerontokan bulunya. Bisa juga mencukur rambut mereka saat sudah terlalu panjang.
  • Bersihkan rumah

Rumah yang rapi dan bersih biasanya tidak akan membuat alergi datang. Karena itu, ada baiknya Anda menyapu, mengepel, dan membersihkan debu di rumah. Jangan lupa untuk menutup furnitur yang tidak dipakai dengan kain pelindung.
  • Menyedot debu

Pastikan Anda menjadwalkan penyedotan debu di rumah minimal satu atau dua minggu sekali. Gunakan penyedot debu yang mengandung HEPA filter untuk mengurangi penyebab alergi.
  • Bersihkan udara

Jamur bisa tumbuh pada udara yang terlalu lembap. Untuk itu, Anda bisa membuka pintu dan jendela setiap hari untuk membersihkan udaranya. Jika udara terlalu kering, pasang humidifier untuk mulai melembapkannya.
  • Hindari tanaman hias di dalam rumah

Jika ingin memelihara tanaman hias, pastikan Anda menaruhnya di luar. Tanaman di dalam rumah akan jadi sarang debu dan spora jamur. Selain itu, serbuk bunga juga bisa menyebabkan Anda bersih jika sedang mekar.
  • Hindari serangga

Serangga bisa muncul saat rumah kotor atau ada sisa makanan. Jadi, pastikan Anda membuang makanan sisa ke tempat sampah di luar rumah untuk menghindari kecoa datang.

Catatan dari SehatQ

Tubuh Anda mungkin selamanya akan tetap merespons alergi dengan berbagai gejalanya. Namun, Anda bisa melakukan terapi supaya tubuh bisa mengenali penyebab alergi mana yang harus direspons serius dan tidak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan untuk mengurangi alergi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar alergi dan obat yang bisa dikonsumsi saat alergi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
alergialergi lingkungan
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-rid-of-allergies
Diakses pada 30 Juni 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/allergies/how-to-get-rid-of-allergies
Diakses pada 30 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait