Manfaat Sperma Buat Kulit Wajah, Apakah Fakta Atau Hanya Mitos Belaka?


Manfaat sperma buat kulit wajah diklaim mampu mengobati jerawat hingga mencegah munculnya tanda penuaan dini. Tapi, benarkah ada manfaat sperma untuk kecantikan? Atau ini hanya mitos belaka?

(0)
06 Feb 2020|Anita Djie
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat sperma buat kulit wajah tidaklah benarManfaat sperma buat kulit wajah untuk memperlambat penuaan dini hanyalah mitos belaka
Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar rumor mengenai manfaat sperma buat kulit wajah. Manfaat sperma untuk kecantikan ini diklaim dapat menyehatkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, hingga dijadikan sebagai masker wajah. Sekilas, hal tersebut memang terdengar aneh, tetapi apakah benar ada manfaat sperma untuk kulit wajah?Nah, daripada hanya menebak-nebak, sebaiknya ketahui fakta mengenai manfaat sperma untuk wajah sebelum memutuskan menggunakan sperma sebagai bagian dari perawatan kulit Anda.

Kandungan yang terdapat pada sperma pria

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fakta manfaat sperma buat kulit wajah, mari kenali lebih dulu kandungan yang terdapat pada sperma pria. Pasalnya, mungkin tidak banyak yang tahu kalau sperma mengandung sejumlah nutrisi. 
Manfaat sperma buat kulit wajah diklaim berasal dari kandungan nutrisinya
Sperma adalah cairan kental yang keluar dari penis
Dalam 100 mililiter (ml) sperma mengandung protein dari 200 jenis berbeda serta 45 ml urea. Selain itu, sperma mengandung zinc yang dapat membantu memenuhi 3% kebutuhan harian tubuh Anda. Adapun kandungan sperma pria lainnya adalah sebagai berikut:
  • gula, baik fruktosa dan glukosa
  • natrium
  • sitrat
  • klorida
  • kalsium
  • asam laktat
  • magnesium
  • kalium 
  • sulfur
  • asam amino
Berbagai kandungan tersebut diklaim dapat memberikan manfaat sperma bagi wajah, termasuk menyehatkan kulit wajah.Informasi ini yang kemudian mulai menyebar dari mulut ke mulut dan beberapa orang memercayai sebagai manfaat air mani untuk wajah wanita sehingga mungkin tertarik menggunakannya.

Klaim manfaat sperma buat kulit wajah

Beragam kandungan sperma pria membuat sejumlah orang percaya akan manfaat sperma buat kulit wajah. Adapun beberapa manfaat sperma untuk kecantikan yang mereka percaya sebagai masker wajah adalah sebagai berikut:

1. Mengobati jerawat

Manfaat sperma buat kulit wajah adalah mengobati jerawat
Kandungan spermine pada sperma diyakini bisa mengobati jerawat
Salah satu klaim manfaat sperma buat kulit wajah adalah mengobati jerawat. Manfaat sperma untuk kecantikan ini diyakini berasal dari zat spermine. Spermine adalah turunan dari zat spermidine dalam air mani pria yang diyakini bertindak sebagai agen antioksidan dan antiradang.Selain dari sperma pria, spermine juga dapat ditemukan pada sel tubuh manusia. Spermine diyakini dapat mengobati jerawat dan melawan noda bekas jerawat.Sayangnya, belum ada hasil penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat sperma untuk kulit wajah berjerawat ini. 

2. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini

Klaim manfaat sperma untuk kecantikan adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau garis-garis halus. Lagi-lagi, klaim manfaat sperma untuk wajah wanita ini muncul karena sperma mengandung spermine. Spermine dipercaya sebagai antioksidan yang mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus, sehingga membuat kulit tampak lebih muda. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Nature Cell Biology menyebutkan bahwa spermine mampu memperlambat proses penuaan ketika digunakan dengan cara disuntikkan langsung ke dalam sel kulit manusia. Akan tetapi, manfaat air mani untuk wajah yang digunakan dengan cara dioleskan langsung ke permukaan kulit masih belum dapat dibuktikan. Itu artinya, manfaat air mani untuk wajah wanita dalam mencegah penuaan dini hanya sebuah mitos belaka. 

3. Mengandung protein yang baik untuk kulit

Klaim manfaat sperma bagi wajah adalah mengandung protein yang baik untuk kulit. Sayangnya, klaim manfaat sperma untuk kulit wajah ini belum dapat dibuktikan oleh penelitian medis yang mendukung. 
Klaim manfaat sperma buat kulit wajah mengandung protein yang baik
Protein yang baik untuk kulit biasanya hadir pada produk skincare
Memang benar air mani mengandung lebih dari 200 jenis protein. Meski demikian, jumlahnya sekitar 5,04 miligram tiap 100 mililiter. Jumlah tersebut masih jauh dari kebutuhan protein orang dewasa dengan berat badan 50 kilogram, yaitu sekitar 46-56 gram per hari.Jika dilihat, jumlahnya sangat sedikit untuk memberikan manfaat sperma bagi kulit wajah secara signifikan. Dengan ini, maka kandungan protein dalam sperma pria tidak dapat memunculkan manfaat apa pun pada kulit Anda. Protein yang baik untuk kulit biasanya hadir pada produk perawatan kulit dalam bentuk asam amino peptida. Jenis asam amino itu pun harus diekstrak dalam produk skincare dengan formulasi tertentu sehingga bisa memberikan manfaat yang tepat.Akan tetapi, hingga saat ini, manfaat protein untuk kulit hanya terbukti muncul apabila Anda mengonsumsi sumber protein dari makanan

4. Meningkatkan produksi kolagen

Meningkatkan produksi kolagen juga menjadi klaim manfaat sperma untuk wajah wanita. Hal ini diyakini berkat kandungan zinc pada sperma pria. Ada klaim yang menyebut air mani pria mengandung 3% kebutuhan zinc harian orang dewasa sehingga bisa melawan tanda-tanda penuaan di kulit wajah.Zinc memang memiliki beragam manfaat untuk perawatan kulit. Efek antiradangnya dapat mengobati jerawat, serta mampu memperbaiki sel-sel kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Namun, perlu diingat bahwa kandungan zinc tersebut akan jauh lebih efektif didapat apabila dikonsumsi lewat makanan yang mengandung zinc, bukan dioleskan pada kulit melalui sperma pria. 

5. Mengandung urea untuk melembapkan kulit

Klaim manfaat sperma untuk kulit wajah adalah berkat kandungan urea di dalamnya.Fungsi urea memang untuk melembapkan kulit, mengelupas kulit dengan lembut, hingga membantu penyerapan produk perawatan kulit lain yang akan digunakan. Pada produk perawatan kulit, kandungan urea yang digunakan biasanya bersifat sintetis, bukan asli.
Manfaat sperma buat kulit wajah adalah melembapkan kulit
Melembapkan kulit adalah mitos seputar manfaat sperma 
Untuk mendapatkan fungsi tersebut, jumlah kandungan urea pada sperma pria tidak cukup banyak menawarkan manfaat sperma untuk kecantikan secara signifikan. Menurut satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Andrology, dalam 100 ml sperma pria, mengandung urea sebanyak 45 ml. Faktanya, klaim manfaat sperma buat kulit wajah di atas tidaklah benar. Hingga saat ini, belum ada hasil riset ilmiah yang dapat membuktikan manfaat sperma untuk wajah wanita. Memang, pernah ada sebuah salon kecantikan yang menawarkan manfaat air mani untuk wajah melalui prosedur facial. Kala itu, facial wajah dengan sperma menggunakan spermine buatan yang dicampur dengan kandungan bahan lain, seperti rosehip oil, jojoba oil, vitamin E, dan vitamin B5.

Bukan manfaat sperma untuk kecantikan yang didapat, ini efek samping mengoleskan sperma ke kulit wajah 

Manfaat sperma untuk kecantikan belum terbukti secara ilmiah. Sebaliknya, penggunaan sperma untuk kulit justru dapat menimbulkan efek samping tertentu yang tidak nyaman. Beberapa risiko efek samping mengoleskan sperma ke kulit wajah, di antaranya:

1. Penyakit menular secara seksual

Bukan manfaat sperma buat kulit wajah yang didapat, mengoleskan sperma ke wajah justru bisa menjadi mediator untuk penularan infeksi penyakit menular seksualBeberapa jenis infeksi penyakit menular seksual yang dimaksud adalah gonore, klamidia, dan herpesKetiga penyakit menular seksual tersebut dapat masuk melalui hidung, mulut, dan terutama mata.Beberapa infeksi penyakit menular seksual yang dapat terjadi melalui mata adalah herpes okular yang memicu peradangan di mata dan kehilangan penglihatan. Selain itu, klamidia konjungtivitis yang memicu keluarnya kotoran mata, sensasi rasa panas, dan kemerahan pada mata.

2. Dermatitis atopik

Pada beberapa orang, kandungan protein dalam sperma dapat memicu reaksi alergi yang ringan sampai parah. Alergi ringan yang dapat dialami bisa berupa dermatitis atopik berupa gejala rasa gatal, pembengkakan, dan kemerahan pada kulit wajah.

Bukan dengan manfaat sperma untuk wajah, simak cara menjaga kesehatan kulit yang tepat

Bukan manfaat sperma buat kulit wajah, lakukan cara menjaga kesehatan kulit yang tepat
Rutin pakai pelembap adalah salah satu cara menjaga kesehatan wajah yang tepat
Alih-alih membuktikan manfaat sperma buat kulit wajah, lebih baik Anda menerapkan cara menjaga kesehatan wajah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang serta menurunkan tingkat stres.Penting pula memilih perawatan wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan rutin menggunakan pelembab sebagai cara merawat kulit tetap lembap dan mulus.Di samping itu, gunakan tabir surya minimal SPF 30 serta hindari melakukan aktivitas di luar ruangan agar tidak terpapar sinar matahari terlalu lama. Kemudian, hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol sebagai langkah pencegahan penuaan dini.Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai alternatif lain yang dapat diambil untuk memiliki kulit yang indah dan sehat, tetapi tidak dengan mendapatkan manfaat sperma bagi wajah.

Catatan dari SehatQ

Manfaat sperma buat kulit wajah sejatinya belum dapat dibuktikan secara medis. Sebaiknya, lakukan langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jika Anda merasa kesulitan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya seputar mitos manfaat sperma untuk kecantikan lainnya atau cara menjaga kesehatan kulit dengan tepatCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajahbedah mitosmitos
Healthline. https://www.healthline.com/health/is-sperm-good-for-skin#protein
Diakses pada 5 Februari 2020
Mayo Clinic. mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Diakses pada 5 Februari 2020
Nature. https://www.nature.com/articles/ncb1975
Diakses pada 5 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/swallowing-semen#other-nutrients
Diakses pada 20 Oktober 2020
Journal of Andrology. https://doi.org/10.2164/jandrol.04104
Diakses pada 20 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait