Apa yang Terjadi pada Janin dan Ibu pada Usia Hamil 17 Minggu?

(0)
Usia hamil 17 minggu perkembangan janin sudah membentuk otot dan tulangUsia hamil 17 minggu perkembangan janin sudah mampu mengisap dan menelan
Usia hamil 17 minggu membuat perut ibu semakin membesar dari minggu-minggu sebelumnya. Tak ayal jika ibu merasakan berbagai perubahan dalam dirinya. Pada usia kehamilan ini, janin dalam kandungan juga terus mengalami perkembangan.Simak apa saja yang terjadi pada usia hamil 17 minggu selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Perkembangan janin pada usia hamil 17 minggu

Di usia hamil 17 minggu, perkembangan janin dalam kandungan sudah sebesar sayur lobak. Bayi Anda kira-kira sudah sepanjang 13,5 sentimeter dari ujung kepala sampai tumit dan berat mencapai 179 gram.Beberapa perkembangan yang terjadi pada janin usia hamil 17 minggu atau usia hamil 4 bulan, di antaranya:

1. Bayi mulai mampu mengisap dan menelan

Salah satu perkembangan janin dalam kandungan pada usia hamil 17 minggu adalah kemampuannya dalam mengisap dan menelan.Si Kecil mulai berlatih untuk mengisap dan menelan, termasuk meminum cairan ketuban. Pada usia kehamilan ini pula bayi Anda mulai memunculkan refleks-refleks dasar yang diperlukan saat ia sudah dilahirkan nanti.

2. Pembentukan jaringan lemak

Perkembangan janin dalam kandungan pada usia hamil 17 minggu berikutnya adalah pembentukan jaringan lemak atau adiposa.Jaringan lemak pertama kali akan terbentuk pada wajah, leher, payudara, dan dinding perut. Selanjutnya, pembentukan lemak akan terjadi pada punggung, bahu, lengan, dada, dan kaki.Jaringan lemak memiliki berbagai fungsi yang penting untuk tubuh, antara lain menyimpan energi hingga melindungi organ tubuh.

3. Pembentukan otot dan tulang

Selain pembentukan jaringan lemak pada tubuh, janin dalam kandungan pada usia hamil 17 minggu juga mulai membentuk otot dan tulang.Maka, tak heran apabila bayi Anda semakin kuat dan besar pada usia kehamilan 17 minggu seiring dengan pembentukan dan perkembangan otot dan tulangnya.

4. Berkembangnya tali pusat dan plasenta bayi

Tali pusat dan plasenta bayi juga berkembang seiring bertambahnya usia kehamilan yang memasuki usia hamil 17 minggu.Tali pusat semakin tebal dan panjang untuk memberikan nutrisi pada bayi dalam kandungan.Sedangkan, fungsi plasenta semakin berkembang untuk meningkatkan aliran darah serta mengirimkan nutrisi dan oksigen pada bayi.

5. Sidik jari mulai terbentuk

Perkembangan janin dalam kandungan usia hamil 17 minggu yang tak kalah penting adalah terbentuknya sidik jari.Ya, dalam satu minggu ke depan, ujung jari tangan dan kaki janin 17 minggu mulai membentuk sidik jari yang benar-benar bersifat individual atau khas.

Perubahan yang dialami ibu pada usia kehamilan 17 minggu

Seiring dengan usia kehamilan trimester kedua, Anda mungkin merasa lebih berenergi dan tidak mengalami gejala hamil yang berarti.Akan tetapi, beberapa dari Anda mungkin masih ada yang mengalami gejala tidak nyaman, seperti nyeri di ulu hati (heartburn), gusi berdarah, mimisan, atau sakit kepala.Adapun beberapa perubahan yang dialami ibu pada usia kehamilan 17 minggu lainnya adalah sebagai berikut:

1. Nyeri punggung dan nyeri panggul

Salah satu perubahan yang dialami ibu sebagai gejala hamil pada usia kehamilan 17 minggu adalah nyeri punggung dan nyeri panggul.Nyeri punggung dan nyeri panggul dapat disebabkan oleh ukuran rahim yang semakin membesar, otot-otot di area panggul yang meregang, serta perubahan hormon sehingga memengaruhi persendian dan ligamen Anda.Sebuah studi menunjukkan bahwa ? dari ibu hamil mengalami nyeri punggung bawah, dan ? dari ibu hamil mengalami nyeri panggul.

2. Hidung tersumbat

Perubahan yang dialami ibu sebagai salah satu gejala hamil pada usia kehamilan 17 minggu berikutnya adalah rhinitis kehamilan atau hidung tersumbat yang berkaitan dengan kehamilan.Kondisi ini memengaruhi sekitar 39% ibu hamil pada usia kehamilan ke-13 dan ke-21.Penyebab hidung tersumbat saat hamil memang belum dapat diketahui secara pasti. Namun, peningkatan volume darah dan hormon bisa meningkatkan produksi kelenjar mukus sehingga menyebabkan hidung tersumbat dan bersin.

3. Payudara semakin membesar

Pada usia kehamilan 17 minggu, ibu hamil mungkin mulai menyadari adanya perubahan pada payudara yang semakin membesar.Pada dasarnya, payudara Anda sudah mengalami banyak perubahan sejak awal kehamilan. Ini karena pengaruh hormon kehamilan untuk mempersiapkan tubuh memproduksi ASI.Perubahan pada tubuh ibu di usia hamil 17 minggu ini mungkin tidak dialami oleh semua wanita hamil.Sebab, beberapa wanita hamil mungkin tidak menyadari adanya perubahan pada ukuran payudara yang semakin membesar.

5. Nafsu makan semakin meningkat

Memasuki usia kehamilan 17 minggu, sebagian besar ibu hamil ada yang merasakan nafsu makan semakin meningkat.Hal ini seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan yang semakin tumbuh sehingga memerlukan asupan dan nutrisi yang lebih.

6. Perubahan dan gejala lainnya pada usia hamil 17 minggu

Pada usia hamil 17 minggu, tanda-tanda stretch mark akan mulai bermunculan.Tak hanya itu, aliran darah dalam tubuh ibu juga akan meningkat seiring dengan peningkatan cairan tubuh, seperti cairan vagina, keringat, dan lendir.

Cara menjaga kesehatan ibu dan janin pada usia hamil 17 minggu

Memasuki usia hamil 17 minggu, ada beberapa cara menjaga kesehatan ibu dan janin yang bisa dilakukan, yakni:

1. Lakukan olahraga

Selain minum banyak air dan konsumsi makanan bergizi, cara menjaga kesehatan ibu dan janin pada usia hamil 17 minggu yang tak kalah penting adalah melakukan aktivitas fisik saat hamil.Manfaat olahraga saat hamil adalah untuk menjaga berat badan, meringankan nyeri punggung, mengurangi risiko diabetes gestasional dan persalinan caesar, serta membantu memulihkan tubuh pascapersalinan.Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai pilihan olahraga saat hamil yang aman sesuai kondisi kehamilan Anda.Beberapa di antaranya adalah peregangan, olahraga aerobik, menari, yoga, menggunakan sepeda statis, atau jalan kaki.

2. Pakai sepatu dengan sol yang datar

Memasuki usia hamil 17 minggu, pusat gravitasi Anda tampak semakin berubah. Akibatnya, Anda mungkin merasa kerap kehilangan keseimbangan atau sedikit goyah.Sebagai solusinya, cobalah untuk menghindari penggunaan sepatu hak tinggi sementara waktu. Gunakan sepatu dengan sol yang datar guna mengurangi risiko terjatuh saat beraktivitas.Tak lupa, ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan kehamilan minggu ke-17 ke dokter kandungan. Segera temui dokter kandungan apabila Anda mengalami gejala tidak biasa pada usia hamil 17 minggu.
menjaga kehamilanperkembangan janinhamilkehamilantrimester
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/17-weeks-pregnant
Diakses pada 15 September 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/17-weeks-pregnant-4159005
Diakses pada 15 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-17.aspx
Diakses pada 15 September 2020
The Bump. https://www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/17-weeks-pregnant
Diakses pada 15 September 2020
Cochrane Library. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD001139.pub3/full
Diakses pada 15 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait