Apa yang Terjadi pada Janin dan Bumil pada Usia Hamil 26 Minggu?

(0)
Pada usia hamil 26 minggu perkembangan janin dalam kandungan sudah sepanjang daun bawangPerkembangan janin usia 26 minggu bayi sudah bisa mendengar dan merespons suara dengan jelas
Memasuki usia hamil 26 minggu, seperti apa perkembangan yang terjadi pada janin dalam kandungan? Pertanyaan ini mungkin terbersit di benak para ibu hamil, tak terkecuali pada diri Anda.Untuk mengetahui perkembangan janin 26 minggu dalam kandungan serta perubahan yang terjadi pada tubuh ibu, simak pembahasan selengkapnya dalam artikel berikut.

Perkembangan janin 26 minggu kehamilan

Usia hamil 26 minggu ukuran bayi sudah sepanjang daun bawang
Janin 26 minggu sudah dapat membuka mata
Pada usia hamil 26 minggu atau usia hamil 6 bulan, perkembangan janin dalam kandungan sudah sepanjang daun bawang.Bayi Anda kira-kira sudah memiliki panjang 35,5 sentimeter dari ujung kepala sampai tumit serta berat mencapai 902 gram. Jika Anda mengandung anak laki-laki, testisnya akan terus turun dari panggulnya menuju skrotum.Adapun beberapa perkembangan yang terjadi pada janin 26 minggu kehamilan, antara lain:

1. Mata janin mulai terbuka

Salah satu perkembangan janin 26 minggu kehamilan adalah mata janin yang mulai terbuka.Ya, kedua mata yang selama beberapa bulan terakhir tertutup kini terbuka untuk pertama kalinya pada usia hamil 26 minggu. Dengan ini, fungsi retina mata bayi dapat berkembang untuk memfokuskan gambar.Akan tetapi, Anda baru dapat mengetahui warna mata bayi ketika ia sudah dilahirkan.Tak hanya itu, area mata bayi lainnya pun sudah mulai terbentuk, seperti alis dan bulu mata.

2. Bayi dalam kandungan bisa mendengar dan merespons suara 

Tak hanya indera penglihatan, saraf-saraf indera pendengaran janin dalam kandungan pada usia hamil 26 minggu juga sudah berkembang.Ini artinya, bayi Anda sudah dapat mendengar suara dengan lebih jelas serta meresponsnya. Termasuk perubahan detak jantung, pernapasan, dan gerakan.Bahkan, bukan tidak mungkin jika Si Kecil sudah dapat mendengar suara Anda atau pasangan Anda.

3. Perkembangan sistem cerna bayi

Perkembangan janin 26 minggu dalam kandungan berikutnya menyentuh sistem pencernaan. Sistem pencernaan semakin tumbuh dan berkembang dengan menyerap lebih banyak nutrisi dari cairan ketuban.Selain itu, fungsi sistem pencernaan janin juga menghasilkan enzim guna memecah nutrisi yang diserap, seperti gula, protein, dan lemak.Pada masa ini, bayi Anda juga masih menelan cairan ketuban.

4. Gerakan janin dalam kandungan semakin sering

Perkembangan janin 26 minggu lainnya adalah bayi Anda semakin sering bergerak.Hal ini disebabkan oleh sistem saraf janin yang mulai berkembang sehingga gerakan janin menjadi lebih terkoordinasi.Semakin besar usia kehamilan, semakin kuat dan sering pergerakan janin di dalam kandungan.

Perubahan yang dialami ibu di usia hamil 26 minggu

Pada usia hamil 26 minggu terjadi pembengkakan pada beberapa area tubuh bumil
Perkembangan janin yang semakin besar membuat kaki bumil bengkak
Seiring dengan perkembangan janin, ada berbagai perubahan yang dialami ibu di usia hamil 26 minggu, yaitu:

1. Pusar mencuat ke luar

Salah satu perubahan yang mungkin saja dialami di usia hamil 26 minggu adalah pusar mencuat ke luar. Kondisi perut yang semakin membesar akan mendorong pusar makin mencuat ke luar.Namun, Anda tak perlu khawatir karena pusar yang mencuat ke luar dapat kembali normal beberapa bulan pascamelahirkan.

2. Stretch marks

Munculnya stretch marks pada kulit tubuh ibu berupa guratan atau garis-garis halus juga terjadi pada usia hamil 26 minggu.Stretch marks saat hamil dapat muncul akibat peregangan kulit terlalu cepat seiring dengan ukuran rahim yang membesar dan peningkatan berat badan.Stretch marks bisa muncul di payudara, perut, paha, pinggul, dan bokong. Walaupun dapat mengganggu penampilan, kemunculan stretch marks ini tidak membahayakan janin dalam kandungan.Untuk meminimalisir kemunculan stretch marks saat hamil, Anda dapat melakukan pola makan yang bergizi serta menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik.

3. Nyeri tulang rusuk

Semakin besar usia kehamilan, semakin kuat dan sering pergerakan janin 26 minggu dalam rahim. Kondisi ini yang kerap membuat Anda merasa sakit atau sesak napas.Tergantung pada posisi bayi dalam rahim, bumil mungkin akan merasakan tekanan, tendangan, dan pukulan di berbagai area, termasuk di tulang rusuk Anda sehingga menimbulkan rasa nyeri.Selain itu, peningkatan hormon, berat badan, serta pembengkakan payudara dan tubuh juga menjadi penyebab nyeri tulang rusuk saat hamil.Ada beberapa cara mengatasi nyeri tulang rusuk saat hamil. Misalnya, menggerakkan posisi tubuh Anda ke posisi yang lebih nyaman, menekan area perut Anda dengan lembut agar bayi bisa berpindah posisi, serta menggunakan beberapa bantal saat duduk atau berbaring agar merasa nyaman.

4. Pembengkakan

Tidak hanya perut yang semakin membesar selama kehamilan. Sebab, perkembangan janin di dalam rahim nyatanya membuat jari-jari tangan dan kaki, serta betis Anda ikut membengkak.Pembengkakan pada beberapa area tubuh sejak usia kehamilan 26 minggu merupakan hal yang normal.Kondisi ini dapat terjadi karena ada hubungannya dengan cairan dalam tubuh yang kian meningkat selama kehamilan. Bahkan, sebanyak 75 persen dari ibu hamil mengalami pembengkakan pada usia kehamilan trimester kedua.Meski tidak membahayakan perkembangan janin, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh tentu membuat Anda tidak nyaman hingga merasa kurang percaya diri.Misalnya, beberapa alas kaki yang Anda kenakan tidak lagi terasa nyaman atau cincin di jari terasa lebih sempit sehingga sulit dikeluarkan dari tangan.Namun, bila pembengkakan beberapa bagian tubuh ini terjadi secara ekstrem dalam waktu yang relatif cepat, konsultasikan segera dengan dokter karena bisa menjadi tanda bahaya.

Apa yang dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan janin dan ibu di usia kehamilan 26 minggu?

Beberapa cara menjaga kesehatan janin dan ibu di usia kehamilan 26 minggu adalah sebagai berikut:

1. Rutin mengonsumsi ikan

Salah satu cara menjaga kesehatan janin dan ibu di usia kehamilan 26 minggu adalah dengan rutin mengonsumsi ikan laut.Manfaat makan ikan saat hamil dapat membantu mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan berkat kandungan nutrisi yang baik di dalamnya.Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi 226-340 gram ikan atau setara dengan 2-3 porsi ikan setiap minggunya. Beberapa jenis ikan yang bisa dikonsumsi bumil adalah ikan salmon, lele, nila, dan ikan tuna.

2. Ajak Si Kecil bicara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, janin 26 minggu dalam kandungan sudah dapat mendengar suara dan meresponsnya dengan jelas.Jadi, tak ada salahnya Anda dan pasangan sesekali mengajak Si Kecil bicara selama ia berada dalam kandungan.Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Developmental Psychobiology, langkah ini dapat membantu bayi lebih terikat dengan sang ibu dan ayah saat ia lahir.Sebab, selama berada dalam kandungan, bayi sudah terbiasa dengan suara ibu dan ayahnya.

3. Waspadai gejala preeklampsia

Preeklampsia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah saat hamil. Umumnya, kondisi ini terjadi pada usia kehamilan memasuki minggu ke-37.Akan tetapi, gejala preeklampsia bisa saja muncul lebih awal. Maka dari itu, sangat penting bagi para ibu hamil mewaspadai tanda-tandanya selama kehamilan.Segera temui dokter kandungan apabila Anda mengalami pembengkakan di wajah, tangan, betis, atau kaki secara berlebihan atau tiba-tiba serta peningkatan berat badan lebih dari 1-2 kilogram setiap minggunya.Pada usia hamil 26 minggu, perkembangan janin terus terjadi disertai perubahan yang dialami oleh ibu. Maka, sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin pada masa ini.Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi kehamilan Anda secara rutin ke dokter kandungan.
menjaga kehamilanperkembangan janinhamilkehamilantrimester
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/26-weeks-pregnant#things-to-do
Diakses pada 15 September 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/26-weeks-pregnant
Diakses pada 15 September 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/26-weeks-pregnant-4159097
Diakses pada 15 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-26.aspx
Diakses pada 15 September 2020
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/week-by-week/26-weeks-pregnant-1337
Diakses pada 15 September 2020
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/week-by-week/26/
Diakses pada 15 September 2020
Developmental Psychobiology. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23817883
Diakses pada 15 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait