Ciri-ciri orang ngidam adalah meminta makanan tertentu
Salah satu ciri-ciri orang ngidam adalah meminta jenis makanan tertentu

Kejadian ngidam biasanya diwarnai dengan kisah-kisah para bumil yang meminta suaminya membelikan makanan tertentu yang terkadang sulit dicari atau diinginkan saat sudah larut malam.

Para suami yang sedang mendampingi istrinya yang sebentar lagi menjadi seorang ibu mungkin bertanya-tanya mengenai kapan kira-kira periode ngidam ini muncul. Apakah ada ciri-ciri orang ngidam?

Apa saja ciri-ciri orang ngidam?

Umumnya, ciri-ciri orang ngidam adalah saat calon ibu memiliki preferensi terhadap makanan tertentu dan meminta suaminya untuk membelikannya. Terkadang jenis makanan yang diinginkan seringkali tidak kenal waktu dan membuat para suami kewalahan.

Namun, jangan khawatir, biasanya para bumil tidak menginginkan makanan-makanan aneh. Ciri-ciri orang ngidam yang dapat terlihat adalah adanya peningkatan konsumsi makanan seperti:

Terkadang meskipun permintaan makanannya merupakan makanan yang normal ditemukan, tetapi calon ibu biasanya mencampurkan dua jenis makanan yang menciptakan kombinasi yang tidak biasa, seperti es krim campur acar, dan sebagainya.

Ciri-ciri orang ngidam kebanyakan dimulai saat trimester pertama dan memuncak saat trimester kedua, dan menurun saat trimester ketiga.

Para bumil dapat memiliki satu atau dua jenis makanan yang diinginkan dalam satu hari dan beberapa hari setelahnya mungkin akan minta dibelikan atau dibuatkan jenis makanan yang baru.

Mengapa calon ibu bisa ngidam?

Misteri paling besar pastinya darimana semua ciri-ciri orang ngidam tersebut muncul, apakah hasrat tersebut timbul begitu saja? Faktanya, sampai sekarang peneliti belum dapat memastikan apa pemicu dari periode ngidam ini.

Namun, para peneliti berspekulasi bahwa bumil bisa ngidam karena tubuhnya mungkin memerlukan asupan nutrisi tertentu yang kurang dalam tubuhnya. Nutrisi tersebut didapatkan dari makanan yang diinginkan oleh calon ibu.

Kemungkinan lainnya adalah perubahan hormon yang dialami saat proses kehamilan. Perubahan hormon tersebut mampu mengubah indera penciuman dan perasa calon ibu dan membuatnya memiliki preferensi terhadap makanan tertentu.

Tubuh calon ibu juga memproduksi banyak darah saat proses kehamilan dan karenanya membuat tubuh bekerja lebih ekstra. Ciri-ciri orang ngidam diperkirakan bisa timbul karena tubuh membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk menyokong kinerja tubuh bumil.

Selain ngidam, wanita yang sedang mengandung juga dapat menjauhi makanan tertentu yang sehari-harinya dikonsumsi, seperti daging dan sebagainya.

Peneliti berspekulasi bahwa bumil menjauhi makanan tersebut sebagai bentuk mekanisme terhadap makanan yang berpotensi membahayakan janin atau dikarenakan perubahan hormon yang mempengaruhi indera penciuman dan perasa bumil.

Apa yang harus dilakukan saat ciri-ciri orang ngidam muncul?

Saat calon ibu sedang ngidam, pasangan harus ingat bahwa bumil memiliki kecenderungan untuk tidak memperhatikan apa yang dikonsumsi dan dapat meningkatkan risiko berat badan naik secara berlebih dan komplikasi saat kehamilan.

Ada baiknya jika ngidam melanda, calon ibu berusaha untuk menganilisis apa yang sebenarnya diinginkan. Misalnya, saat Anda sedang ngidam makan es krim rasa mangga, Anda bisa mencari tahu apakah Anda sedang ingin menikmati rasa mangga atau sensasi dingin dari es.

Kalau bumil hanya ingin sensasi dinginnya saja, maka Anda sebaiknya mengonsumsi air dingin dan ketika calon ibu ingin merasakan manisnya mangga, maka Anda dapat memakan buah mangga aslinya saja.

Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan utuh daripada yang diproses atau cepat saji. Selalu cari alternatif yang lebih sehat. Bila ngidam malah mengganggu aktivitas sehari-hari atau kesehatan fisik, konsultasikan pada dokter

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/when-do-cravings-start#timing-of-cravings
Diakses pada 4 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-food-cravings#1
Diakses pada 4 Februari 2020

Artikel Terkait