7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri yang Perlu Anda Waspadai

Sakit punggung sebelah kiri yang terjadi berulang dan sangat parah pertanda gangguan di organ dalam
Sakit punggung sebelah kiri yang terjadi berulang dan sangat parah bisa menjadi tanda ada masalah di organ dalam

Tidak ada yang ingin merasakan nyeri punggung karena bisa mengganggu aktivitas, termasuk apabila nyeri hanya dirasakan di satu sisi. Pernah merasakan sakit punggung sebelah kiri? Sebenarnya, apa yang terjadi saat Anda merasakan hal ini?

Hal termudah untuk mengidentifikasi sakit punggung sebelah kiri adalah memeriksa kondisi organ dalam yang ada di sisi kiri. Contohnya, ginjal atau usus besar. Bisa jadi ada kaitannya dengan gangguan di sana.

Penyebab sakit punggung sebelah kiri

Sakit punggung tentu berbeda pada setiap orang. Ada yang merasa sakit seperti ditusuk-tusuk, ngilu, atau terasa tegang. Saat beraktivitas pun kondisi tubuh seseorang akan berbeda pula. Biasanya sakit punggung yang membaik dengan istirahat atau posisi tertentu berasal dari kelainan otot.

Ada yang merasa nyeri jadi berkurang saat stretching, namun ada yang justru merasa lebih sakit.

Coba kenali penyebab sakit punggung sebelah kiri dari beberapa faktor berikut ini:

1. Kerusakan jaringan lunak

Ketika otot atau ligamen di punggung terlalu tegang akibat aktivitas terus menerus, radang bisa saja terjadi. Hal yang sama berlaku apabila otot seseorang robek karena aktivitas ekstrem. Radang ini menimbulkan rasa sakit pada punggung.

2. Gangguan rongga tulang belakang

Dalam istilah medis, rongga tulang belakang disebut juga dengan spinal column. Biasanya, gangguan ini terjadi karena hernia, radang sendi, atau disfungsi pada sendi sacroiliac. Akibatnya, rasa sakit di punggung tak terhindarkan.

3. Gangguan pada ginjal

Sakit punggung sebelah kiri atas bisa menjadi tanda adanya batu ginjal. Rasa nyeri akan muncul saat batu di ginjal sebelah kiri bergerak mendekati uretra. Biasanya, selain nyeri punggung, gejala lain adalah hasrat ingin buang air kecil terus-menerus.

Tak hanya batu ginjal, infeksi ginjal juga bisa menjadi penyebab sakit punggung sebelah kiri. Ketika ada infeksi, artinya ada peradangan dan rasa sakit di ginjal. Hal ini memburuk saat bergerak atau ada tekanan.

4. Masalah pada saluran reproduksi wanita

Ketika tubuh merasa sakit punggung sebelah kiri, bisa jadi itu adalah tanda ada gangguan pada saluran reproduksi wanita. Gangguan ini di antaranya bisa berupa endometriosis dan fibroid.

Ciri-ciri rasa sakitnya adalah seperti ditusuk dan menyebar. Nyeri ini akan semakin parah saat periode menstruasi.

5. Kehamilan

Ibu hamil juga bisa mengalami sakit punggung sebelah kiri. Saat hamil, bayi dalam kandungan mengalami pertumbuhan dan tubuh ibu harus menyesuaikan.

Rasa nyerinya bervariasi mulai dari nyeri konstan hingga bagai ditusuk-tusuk. Dokter kandungan biasanya akan menyarankan ibu hamil untuk berolahraga ringan dan beristirahat cukup untuk mengatasi rasa sakit ini.

6. Radang usus besar

Penyakit radang usus besar disebut juga dengan ulcerative colitis. Ketika seseorang mengalami hal ini, dia akan merasa kram di abdomen hingga ke area punggung.

Selain itu, radang usus besar biasanya diiringi dengan gejala lain seperti diare, sakit perut, hingga berat badan turun drastis.

7. Gangguan pankreas

Peradangan akibat gangguan pankreas juga bisa menyebabkan sakit punggung sebelah kiri yang menjalar dari arah depan. Umumnya, penderita akan merasakan pegal yang semakin menjadi-jadi usai mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Dengarkan tubuh Anda

Nyeri punggung adalah hal biasa dan bisa terjadi kapan saja. Entah itu saat tubuh terlalu lelah, kurang cairan, hingga masalah lainnya. Jika nyeri punggung hanya karena kelelahan, bisa hilang dengan sendirinya setelah beristirahat.

Namun lain halnya apabila nyeri punggung terjadi karena ada masalah dalam organ tubuh. Nyeri ini menjadi ‘sinyal’ bahwa ada yang tidak beres.

Untuk itu, dengarkan tubuh Anda dan cari tahu penyebabnya.

Periksakan diri ke dokter untuk tahu penyebab sakit punggung sebelah kiri. Tindakan yang bisa dilakukan di antaranya medikasi, suntik, penggunaan penyangga tulang (brace), hingga operasi. Tentu, semua bergantung pada kondisi setiap orang.

Health Line. https://www.healthline.com/health/lower-left-back-pain#treatment
Diakses 16 Mei 2019

Spine Health. https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/lower-left-back-pain-internal-organs
Diakses 16 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/back-pain/why-does-my-middle-and-upper-back-hurt
Diakses 16 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed