Buah bisa diberikan sebagai MPASI untuk anak 11 bulan
Buah-buahan dapat diberikan sebagai MPASI bagi anak usia 11 bulan

Tidak terasa, waktu berlalu dengan sangat cepat dan si Kecil sekarang sudah berusia 11 bulan. Saat sudah berusia 11 bulan, sang buah hati sudah bisa mengonsumsi makanan padat yang bisa menjadi pendamping ASI atau MPASI.

Orangtua tidak perlu pusing memikirkan MPASI saat bayi berusia 11 bulan, karena pada dasarnya pada usia demikian, si Kecil sudah bisa mengonsumsi banyak hal. Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan jenis makanan yang bisa diberikan kepada buah hati.

Apa saja MPASI 11 bulan?

Saat sudah berusia 11 bulan, si Kecil sudah bisa mengonsumsi berbagai macam makanan padat dengan rasa yang berbeda. Pada masa-masa ini, orangtua perlu memperkenalkan anak dengan beragam makanan sehat yang bisa dikonsumsi.

MPASI saat bayi berusia 11 bulan yang bisa dikonsumsi oleh bayi adalah:

  • Segala jenis biji-bijian.
  • Sereal.
  • Daging.
  • Semua jenis sayur.
  • Semua jenis buah (untuk buah sitrus seperti jeruk, porsinya jangan lebih dari 2 sendok teh per hari).
  • Yogurt.
  • Keju pasteurisasi (cheddar).
  • Madu.
  • Gula.
  • Tambahan garam.
  • Olahan makanan laut.

Bagaimana cara memperkenalkan MPASI pada bayi yang berusia 11 bulan?

Saat sudah berusia 11 bulan, bayi sudah bisa makan dengan sendirinya menggunakan tangan dan sedang dalam proses belajar menggunakan sendok.

Anda bisa memberikan MPASI berupa cemilan pada bayi yang berusia 11 bulan di pagi dan sore hari, cemilan yang diberikan dapat berupa biskuit yang tidak mengandung garam, buah-buahan, ataupun sereal.

MPASI untuk bayi 11 bulan jangan terlalu padat, sebaiknya berikan hidangan MPASI untuk bayi dengan tekstur yang lembek dengan konsistensi yang serupa buah pisang yang matang.

Di masa-masa ini, bayi sedang mengeksplorasi jenis-jenis makanan yang disukai dan tidak disukai. Hal yang lumrah bila Si Kecil menolak makanan yang disediakan, terkadang orangtua perlu memberikan makanan yang sama sebanyak delapan sampai 12 kali sebelum akhirnya dimakan oleh bayi.

Saat ingin memperkenalkan jenis makanan yang baru, tunggulah sekitar tiga sampai lima hari sebelum memberikan jenis makanan lainnya. Apabila Anda ragu, Anda bisa langsung membeli makanan bayi dalam toples yang bisa diperoleh dari supermarket. Namun, akan lebih baik jika Anda memasak MPASI untuk anak.

Berapa banyak MPASI untuk bayi 11 bulan?

Si kecil bisa diberikan setengah cangkir MPASI sebanyak tiga sampai empat kali sehari, di luar cemilan. Anda bisa menyisipkan cemilan sebelum sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Pastikan MPASI memiliki kandungan gizi imbang yang sesuai untuk buah hati. Orangtua perlu memberikan setidaknya empat sendok makan protein, setengah cangkir sayuran, setengah cangkir buah, setengah cangkir sereal, dan tiga sendok makan produk susu per harinya.

Saat memberikan MPASI untuk si Kecil, jangan lupa untuk tetap memberikan ASI pada anak. Sang ibu harus tetap memberikan ASI setidaknya 650 mililiter per harinya.

Bila anak terpantau lambat kenaikan berat badannya dan orangtua mengalami kesulitan untuk memberikan MPASI kepada bayinya yang sudah berusia 11 bulan, orangtua bisa mengunjungi dokter anak untuk diberikan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Flo. https://flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-care-and-feeding/baby-food-for-11-month-olds
Diakses pada 06 Desember 2019

Mom Junction. momjunction.com/articles/top-10-food-ideasdiet-11-months-baby_007327/#gref
Diakses pada 06 Desember 2019

Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/feeding-9-12-month-old-baby/
Diakses pada 06 Desember 2019

WebMD. webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old#1
Diakses pada 06 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed