Ini Manfaat Buah Pinang untuk Tubuh dan Risiko Penggunaannya

(0)
15 Dec 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat buah pinang salah satunya adalah menguatkan gigiManfaat buah pinang dalam pengobatan tradisional sudah sangat dikenal
Mengunyah pinang, bagi masyarakat zaman dahulu seringkali dianggap menyehatkan untuk kondisi gigi. Benarkah manfaat buah pinang untuk kesehatan ini dapat dibuktikan secara ilmiah?Manfaat buah pinang sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan kesehatan gigi. Buah ini bahkan juga didapuk dapat membantu meningkatkan libido. Hanya saja, pinang memang sudah jarang digunakan, karena risiko efek samping yang akan muncul, cukup besar.

Mengulik potensi manfaat buah pinang

Di balik rasanya yang pahit, buah pinang ternyata dianggap menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan.Salah satu manfaatnya adalah buah pinang mampu mempertahankan kadar asam askorbat saliva pada manusia. Selain itu, kegunaan asam askorbat saliva juga dapat membantu mencegah karsinogenesis di rongga mulut pada hewan percobaan.Tidak hanya itu, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat buah pinang untuk Anda.

1. Mencegah gigi berlubang

Alasan banyak orang zaman dahulu mengunyah pinang, salah satunya adalah karena buah ini dipercaya bisa menguatkan gigi.Memang, buah pinang dapat membantu mengurangi kadar bakteri penyebab gigi berlubang di mulut. Meski begitu, mengunyah pinang bisa membuat warna gigi berubah menjadi kuning, merah, bahkan cokelat kehitaman. Risikonya pun tidak sepadan dengan manfaat buah pinang yang satu ini.

2. Mengatasi mulut kering

Mengunyah buah pinang juga dapat memicu keluarnya air liur. Sehingga, kebiasaan ini bisa memberikan manfaat untuk orang yang memiliki mulut kering. Namun, karena efek yang bisa muncul akibat mengunyah pinang cukup berbahaya, maka cara lain yang lebih aman sebaiknya jadi pilihan.

3. Mengurangi gejala skizofrenia

Buah pinang juga dinilai dapat membantu mengurangi gejala yang muncul pada penderita Skizofrenia. Hanya saja, buah ini dapat memberikan efek samping lain berupa tremor dan kaku tubuh pada penderita skizofrenia.

4. Membantu penyembuhan stroke

Manfaat buah pinang lain yang mungkin belum diketahui banyak orang adalah membantu proses penyembuhan stroke. Buah ini dipercaya dapat membantu memperbaiki kemampuan bicara, fungsi kandung kemih dan kekuatan tubuh pasien stroke.

5. Meningkatkan energi di tubuh

Buah pinang dapat memberikan energi dan stamina sekaligus euforia. Sehingga, buah ini seringkali dipercaya sebagai buah penambah energi. Bahkan, ada beberapa orang yang menggunakan buah pinang sebagai stimulan untuk menambah libido.

6. Meredakan gangguan kecemasan

Satu lagi manfaat buah pinang untuk kesehatan mental adalah untuk membantu meredakan gejala depresi. Sebab, buah pinang dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon penyebab stres.

7. Bantu keluarkan racun dari tubuh

Pada praktik pengobatan tradisional, buah pinang sering digunakan untuk mengeluarkan racun di tubuh. Buah ini juga kerap digunakan untuk menyingkirkan parasit dan cacing yang diduga menjadi penyebab penyakit. Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang bisa mengonfirmasi manfaat pinang yang satu ini.

8. Baik untuk kesehatan darah

Manfaat buah pinang dalam pengobatan tradisional rupanya belum juga habis. Seringkali, tanaman ini digunakan untuk bantu seimbangkan kadar zat besi di tubuh dan mencegah anemia. Kandungan tannis yang ada pada buah ini juga dinilai dapat menurunkan tekanan darah.

9. Redakan gejala depresi

Buah pinang juga dipercaya dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang bisa memicu rasa stres di tubuh. Dengan menurunkan kadar hormon ini, maka gejala-gejala depresi yang terjadi, dipercaya juga dapat berkurang.Selain yang telah disebutkan di atas, buah ini secara tradisi juga dipercaya dapat bantu meningkatkan gairah dan nafsu makan. Tapi penelitian dan penjelasan ilmiah mengenai manfaat ini sama sekali belum ada. Beberapa potensi manfaat buah pinang di atas pun masih perlu dibuktikan dengan penelitian lanjutan. Oleh karena itu, saringlah informasi mengenai manfaat buah pinang dengan lebih bijak. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan buah pinang sebagai pilihan pengobatan.

Hati-hati, kebiasaan mengunyah pinang bisa picu kanker mulut

Saat ini, para pakar kesehatan telah mengeluarkan imbauan keras, agar masyarakat menjauhi kebiasaan mengunyah pinang. Sebab, apabila dilakukan dalam jangka waktu lama, kebiasaan ini bisa memicu timbulnya kanker mulut.Itulah sebabnya badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah menetapkan buah pinang sebagai buah yang bersifat karsinogen. Karsinogen adalah zat yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.Selain kanker mulut, mengunyah pinang juga berisiko menimbulkan beberapa penyakit dan kondisi lain, seperti:
  • Oral submucous fibrous, yaitu suatu kondisi yang membuat mulut menjadi kaku, sehingga rahang sama sekali tidak bisa digerakkan
  • Iritasi gusi
  • Perubahan warna gigi
  • Peningkatan risiko penyakit jantung, sindrom metabolik, dan obesitas
  • Interaksi dengan suplemen atau obat yang sedang dikonsumsi, sehingga obat yang dikonsumsi menjadi kurang efektif
Buah pinang juga bisa menyebabkan kecanduan dan gejala putus obat atau sakaw. Para wanita, terutama wanita hamil, harus waspada terhadap penggunaan buah pinang, karena bisa menyebabkan masalah reproduksi dan memicu bayi lahir dengan berat badan rendah.

Catatan dari SehatQ

Pengobatan tradisional sering merekomendasikan buah pinang untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Meski begitu, di sisi lain, para ahli menganggap buah ini dapat memicu kanker, bahkan penyakit jantung.Sehingga, jika ingin merasakan manfaat buah ini, sebaiknya lebih berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Jangan sembarangan mengonsumsi buah pinang muda, biji buah pinang, maupun air rebusan pinang. Anda juga diharapkan lebih berhati-hati saat membeli suplemen maupun obat yang mengandung buah pinang. Sebaiknya hal ini baru dilakukan apabila memang diresepkan oleh dokter.
makanan sehatkanker mulutbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/betel-nut-dangers
Diakses pada 13 Desember 2019
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/124474-betel-nut-benefits/
Diakses pada 13 Desember 2019
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/betel-nuts.html
Diakses pada 13 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait