Apa Saja Manfaat Bawang Putih untuk Pria?

(0)
09 Jun 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa manfaat bawang putih untuk priaBawang putih dianggap punya manfaat khusus bagi pria
Bawang putih memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Namun, apakah ada manfaat bawang putih untuk pria saja?Rumor menyebut bahwa bawang putih dapat meningkatkan kesuburan pria. Banyak juga yang percaya bahwa makan bawang putih sebelum melakukan hubungan seksual dapat meningkatkan keperkasaan.Lalu, bagaimana pandangan medis mengenai manfaat bawang putih khusus untuk pria seperti yang diyakini oleh masyarakat banyak tersebut?

Adakah manfaat bawang putih untuk pria?

Sejauh ini, manfaat bawang putih untuk pria masih sebatas penelitian tingkat awal ataupun kepercayaan yang beredar di masyarakat. Manfaat yang dimaksud adalah:
  • Mengatasi masalah ereksi

Bawang putih sudah sejak lama dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengencerkan darah. Dengan sifat antikoagulan ini, mengonsumsi bawang putih dipercaya dapat membuat aliran darah ke penis lebih lancar sehingga menstimulasi ereksi yang lebih mudah pada pria.Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi bawang putih beberapa jam sebelum melakukan hubungan seksual. Hanya saja, makan bawang putih akan membuat bau napas menjadi tidak sedap yang mungkin akan menjadi penurun gairah seksual pada pasangan Anda.
  • Meningkatkan kesuburan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Herbmed Pharmacology menyebut bahwa kandungan antioksidan dalam bawang putih dapat meningkatkan kesuburan pria. Dengan mengonsumsi bawang putih, level testosteron dan struktur testikular pria akan lebih baik sehingga membantu produksi sperma yang lebih banyak dan berkualitas.Meskipun demikian, hasil ini didapat baru lewat uji in vitro saja. Masih butuh penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan bahwa bawang putih memang terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kesuburan pria.
  • Mengatasi infeksi jamur

Manfaat bawang putih untuk pria lainnya ialah mengatasi infeksi jamur Candida albicans yang dapat menyerang area kemaluan. Hal ini disebabkan adanya kandungan antifungal dan antibakteri pada bawang putih sehingga dipercaya memiliki efek yang sama dengan obat antijamur, misalnya clotrimazole.Infeksi jamur Candida albicans bisa menimbulkan gejala pada penis, seperti rasa terbakar saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan seksual, hingga munculnya rasa gatal dan kulit kemerahan pada penis. Jika dibiarkan, infeksi ini bisa mengakibatkan balanitis yang bisa berujung pada penis harus disunat.

Manfaat bawang putih untuk semuanya

Secara keseluruhan, bawang putih mengandung berbagai zat yang berguna bagi kesehatan manusia pada umumnya. Manfaat bawang putih untuk semua kalangan ini biasanya didapat dari zat yang mengandung sulfur, seperti alliin, g-glutamylcysteine, dan turunannya.Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda pun dapat mengolah bawang putih dengan cara yang sederhanya, seperti mengiris, menggeprek, atau menguleknya. Manfaat bawang putih yang bisa dinikmati semua kalangan, di antaranya:
  • Meningkatkan sistem imun

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi bawang putih lebih jarang terkena flu dibanding mereka yang jarang makan bahan alami yang satu ini. Ketika Anda sakit flu lalu mengonsumsi bawang putih, peluang untuk sembuh lebih cepat juga terbuka lebar.
  • Menurunkan tekanan darah

Salah satu studi menyatakan konsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan pada penderita hipertensi. Syaratnya, pasien darah tinggi tersebut rutin mengonsumsi empat siung bawang putih setiap hari hingga tekanan darahnya normal kembali.
  • Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat bawang putih untuk pria dan wanita lainnya ialah dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah sekitar 10-15 persen. Meski demikian, bawang putih terbukti tidak dapat menurunkan kadang trigliserida yang juga menjadi faktor penentu tingginya kadar kolesterol total di dalam tubuh.Tidak ada salahnya mencoba terapi bawang putih untuk meredakan masalah kesehatan Anda. Namun, penggunaan bawang putih sebagai obat sebaiknya tetap dikomunikasikan dengan dokter agar tidak kontradiktif dengan pengobatan atau terapi yang tengah Anda jalani.
meningkatkan kesuburanbawang putih
Healthline. https://www.healthline.com/health/7-foods-enhance-your-sex-life
Diakses pada 21 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/male-yeast-infection-home-remedy
Diakses pada 21 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-garlic
Diakses pada 21 Mei 2020
Journal of Herbmed Pharmacology. https://www.researchgate.net/publication/330360910_Effect_of_garlic_Allium_sativum_on_male_fertility_a_systematic_review
Diakses pada 21 Mei 2020
Bio Medicine. https://biomedicine.cmu.edu.tw/doc/2-3.pdf
Diakses pada 21 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait