Apa Saja Fungsi Dinding Sel? Kenali Lebih Jauh Disini

(0)
11 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi dinding sel tumbuhan ada banyak, salah satunya melindungi sel bagian dalamFungsi dinding sel salah satunya sebagai pemberi struktur tumbuhan
Dinding sel adalah salah satu bagian organel sel yang hanya terdapat pada tumbuhan, jamur, bakteri, dan alga. Binatang maupun manusia, tidak memiliki struktur sel yang satu ini.Dinding sel berada di bagian paling luar sel dan terdiri dari beberapa bagian yang masing-masingnya memilik ciri khas. Meski terlihat sederhana, fungsi dinding sel untuk kehidupan tumbuhan sangatlah krusial.

Fungsi dinding sel tumbuhan

Meski merupakan bagian terkecil pada makhluk hidup, sel juga memiliki organ-organ dalam yang akan membantunya bekerja. Organ dalam itu dinamakan sebagai organel sel.Jika diibaratkan seperti tubuh manusia, organel sel adalah bagian-bagian yang memiliki fungsi sama dengan ginjal, jantung, hati, otak, dan organ dalam lainnya.Organel sel pada tumbuhan, hewan, dan manusia secara umum memang mirip. Namun pada tumbuhan, ada jenis organel yang khas, yaitu dinding sel.Fungsi dinding sel yang utama adalah untuk melindungi bagian dalam sel. Namun selain itu, masih ada beberapa fungsi lain yang juga dilakukan oleh lapisan ini. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Melindungi bagian sel yang lain

Karena dinding sel terletak di bagian paling luar dari sel, maka fungsi utamanya adalah sebagai pelindung. Bagian ini akan melindungi sel dari tekanan secara mekanis, sekaligus menyesuaikan dirinya dengan kondisi kimiawi di sekitarnya.

2. Memfasilitasi sirkulasi dan distribusi sel

Dinding sel tidaklah padat. Pada lapisannya, organel yang satu ini memiliki lubang-lubang yang disebut plasmodesmata. Lubang ini dapat menjadi jalur lewat air, mineral, maupun nutrisi lain yang dibutuhkan oleh sel. Sehingga, proses distribusi dan sirkulasi dalam sel bisa lancar.

3. Menjadi penopang sel

Di saat yang bersamaan, struktur dindingnya yang kaku membuat sel-sel bisa jadi lebih stabil. Hal ini berguna untuk menopang bagian-bagian tumbuhan lain seperti daun dan batang, agar bisa tetap pada tempatnya.

4. Sebagai tempat penyimpanan

Fungsi dinding sel yang terakhir adalah sebagai tempat penyimpanan molekul yang berperan untuk merasakan mikroba-mikroba penyebab penyakit. Bagian ini juga akan membantu pembentukan jaringan baru pada tumbuhan.

5. Mencegah kerusakan tanaman

Ada kalanya tanaman menerima terlalu banyak air, seperti saat terlalu sering disiram atau ketika musim hujan. Pada kondisi ini, jika air tidak dibuang atau hilang, maka lama-kelamaan akan rusak, atau yang dalam istilah biologisnya disebut overekspansi.Dengan adanya dinding sel, kelebihan air dalam sel bisa dikeluarkan, sehingga tanaman bisa tetap tumbuh dengan baik.
Struktur organel sel tumbuhan salah satunya dinding sel
Dinding sel merupakan bagian terluar yang melindungi organel sel lainnya

Bagian-bagian dinding sel

Dinding sel terdiri dari tiga lapisan, yaitu dinding sel primer, lamela tengah, dan dinding sel sekunder.

1. Lamela tengah

Lamela tengah adalah bagian terluar dari dinding sel. Bagian ini berfungsi sebagai penghubung sel atau perekat antara satu sel dengan sel lain. Karena itulah lapisan ini diberi nama lamela tengah, karena berada di antara dua sel, meski pada dinding sel, bagian ini ada di paling luar.Lamela tengah bisa merekatkan sel satu sama lain karena mengandung pektin. Saat pembentukan sel, lamela tengah adalah lapisan yang terbentuk paling pertama.

2. Dinding sel primer

Dinding sel primer baru terbentuk saat sel sudah mulai tumbuh. Sehingga, strukturnya cenderung lebih tipis dan fleksibel. Dinding sel primer terletak di antara lamela tengah dan membran plasma. Bagian ini mengandung selulosa mikrofibril, serta hemiselulosa dan pectin.

3. Dinding sel sekunder

Dinding sel sekunder adalah bagian yang lebih kaku dan kokoh. Lapisan inilah yang mendukung fungsi dinding sel sebagai penopang bagian tumbuhan lainnya. Lapisan sekunder ini terletak di antara dinding sel primer dan membran plasma. Tidak jarang, lapisan primer juga membantu pembentukan lapisan sekunder saat sel tumbuhan sudah selesai bertumbuh.Dinding sel sekunder mengandung selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Lignin adalah sejenis polimer yang dapat memberikan sokongan tambahan untuk struktur tumbuhan.Lignin jugalah yang akan membantu sel terlindungi dari bakteri, serangga, maupun penyebab kerusakan lainnya. Proses pemindahan air antar sel pun difasilitasi oleh lignin.

Catatan dari SehatQ

Fungsi dinding sel begitu penting untuk pertumbuhan dan kehidupan tumbuhan. Selain sebagai pelindung, lapisan ini juga memfasilitasi sirkulasi dan distribusi zat penting hingga menopang struktur tumbuhan.Fungsi dinding sel bisa berjalan dengan baik karena didukung oleh ketiga lapisannya, yaitu lamela tengah, dinding sel primer, dan dinding sel sekunder. Ketiganya memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup tumbuhan.
Penggunaan face shield
herbaltanaman obatfungsi organ
Biology for Kids. http://www.biology4kids.com/files/cell_wall.html
Diakses pada 28 Agustus 2020
Sciencing. https://sciencing.com/cell-wall-definition-structure-function-with-diagram-13717284.html
Diakses pada 28 Agustus 2020
Britannica. https://www.britannica.com/science/cell-wall-plant-anatomy
Diakses pada 28 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait