9 Buah Penurun Kolesterol, Apa Saja yang Harus Dikonsumsi?


Buah penurun kolesterol mengandung antioksidan sekaligus serat yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Anda juga bisa menemukannya dengan mudah, seperti alpukat, jeruk, tomat, hingga apel.

(0)
22 Jan 2020|Azelia Trifiana
Buah penurun kolesterol mengandung beragam nutrisi yang bermanfaatMengonsumsi buah penurun kolesterol harus diimbangi dengan gaya hidup sehat
Sebetulnya, tubuh membutuhkan kolesterol normal untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Namun, kolesterol tinggi justru bisa mendatangkan masalah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Usia yang terus bertambah berpadu dengan pola makan sembarangan, biasanya membuat kolesterol menjadi tamu yang tak diundang. Untungnya, ada beberapa buah penurun kolesterol yang tentu akan bekerja efektif bila diiringi dengan gaya hidup sehatMengonsumsi buah dan sayuran pun tak dibatasi per harinya. Idealnya, menambahkan buah dan sayur di setiap waktu makan justru baik bagi tubuh.

Buah penurun kolesterol

Tidak berlebihan jika menyebut pola makan sangat berhubungan dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa buah penurun kolesterol yang bisa dicoba adalah:
alpukat merupakan buah penurun kolesterol
Lemak sehat dalam alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat
  • Alpukat

Tidak terbantahkan lagi bahwa alpukat adalah salah satu buah yang paling kaya nutrisi. Kandungan lemak tunggal tak jenuh dan serat dalam alpukat bisa membantu menurukan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengalami obesitas dan mengonsumsi satu buah alpukat setiap harinya memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi alpukat. Buah ini juga baik untuk kesehatan jantung.
  • Berries

Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry adalah sumber antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, tingginya kandungan serat dalam buah-buahan berries membantu menghentikan produksi kolesterol. 
  • Tomat

Tomat mengandung antioksidan likopen yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, tomat juga kaya akan kalium, vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus tanpa pemanis tambahan.
  • Pisang

Apakah Anda gemar makan pisang? Pisang membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari sistem pencernaan, sehingga mencegahnya berpindah ke aliran darah dan menyumbat dinding arteri Anda. Agar lebih sehat, konsumsilah pisang bersama dengan oat.
  • Pepaya

Pepaya kaya akan serat yang dapat mengontrol tekanan darah, dan mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah. Buah ini juga dapat melancarkan pencernaan, menambah massa pada feses, dan mendorong BAB secara teratur.
buah penurun kolesterol seperti jeruk mengandung fitosterol
Jeruk mengandung fitosterol yang ampuh turunkan kolesterol
  • Jeruk

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah citrus fruit seperti jeruk dan grapefruit. Tak hanya menjadi sumber vitamin C yang melimpah, namun jeruk juga mengandung substansi yang disebut fitosterol. Kandungan lemak ini sama seperti yang ada di kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran dan ampuh menurunkan kolesterol. Selain itu, serat larut dalam buah ini juga dapat mengikat kolesterol.
  • Ceri

Buah ceri memiliki warna yang sangat cantik. Warna tersebut berasal dari senyawa antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Dengan begitu, mengonsumsi ceri dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Ceri dapat dikonsumsi secara langsung atau menambahkannya ke dalam smoothie.
  • Anggur

Anggur mengandung substansi bernama pterostilbene dan trigliserida yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Bahkan, kinerjanya bisa sama efektifnya dengan obat penurun kolesterol. Dalam uji laboratorium, kandungan dalam anggur terhadap enzim sama seperti kinerja obat ciprofibrate yang digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Apel

Senada dengan pepatah an apple a day keeps the doctor away, apel juga bisa menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Ada banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan dalam buah apel yaitu polifenol dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL.

Cara menurunkan kolesterol

Kesibukan kerap kali membuat orang mengonsumsi makanan diproses yang belum tentu sehat. Akibatnya, kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkat. Makanan-makanan yang tinggi lemak, garam, gula, namun rendah nutrisi ini bukan sahabat baik untuk tubuh.Untuk itu, beberapa langkah untuk menurunkan kolesterol di antaranya:
  • Membeli buah dan sayur yang berwarna warni seperti berries, jeruk, apel, brokoli, bayam, paprika
  • Mengonsumsi gandum utuh seperti oats, quinoa, barley yang mengandung karbohidrat kompleks
  • Mengonsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Mengonsumsi produk olahan susu yang rendah lemak 
  • Mengonsumsi makanan kaya omega 3 seperti salmon dan tuna
  • Menggunakan minyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah seperti canola, sunflower, dan olive oil
  • Berolahraga secara teratur
  • Minum air putih dengan cukup.
Selain itu, penting juga untuk tahu apa saja makanan yang sebaiknya dihindari demi menjaga kadar kolesterol jahat dalam tubuh tidak tinggi. Beberapa di antaranya adalah:
  • Hindari konsumsi terlalu banyak sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah
  • Hindari konsumsi terlalu banyak gula yang meningkatkan risiko kelebihan berat badan, penyakit jantung, diabetes, dan tentu saja kolesterol
  • Selalu baca label komposisi makanan dan minuman yang Anda konsumsi.
Tentu teori tak semudah melakukannya. Namun demi menjaga kadar kolesterol jahat tetap rendah dan mengurangi risiko komplikasi penyakit lainnya, disiplin menjaga pola makan serta menjalani gaya hidup sehat perlu dilakukan.
makanan sehatkolesterolbuah dan sayuran
WebMD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/heart-health-foods-to-buy-foods-to-avoid#1
Diakses 7 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels#section14
Diakses 7 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/cholesterol/art-20045192
Diakses 7 Januari 2020
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2004/05/040512041238.htm
Diakses 7 Januari 2020
Good House Keeping. https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/g4840/how-to-lower-cholesterol/?slide=40
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait