Membawa ke terapis adalah cara mengatasi cadel pada anak
Jika anak cadel hingga usia 5 tahun Anda wajib membawanya ke terapis untuk belajar bicara normal

Anda mungkin punya teman atau kerabat yang sulit mengucapkan huruf-huruf tertentu, seperti huruf ‘r’. Kesulitan mengucapkan huruf-huruf ini dikenal dengan istilah cadel dan dipercaya sebagai kondisi yang disebabkan oleh lidah yang pendek.

Fenomena cadel di Indonesia cukup umum terjadi, orang-orang sekitar atau bahkan keluarga Anda juga mungkin mengalami permasalahan ini. Sebenarnya, apa penyebab seseorang menjadi cadel?

Apa yang menyebabkan cadel?

Cadel adalah salah satu gangguan dalam pelafalan atau berbicara yang melibatkan seseorang kesulitan dalam mengucapkan satu huruf tertentu. Kondisi cadel dapat berkembang dengan sendirinya di masa kanak-kanak saat sedang belajar mengucapkan kata.

Biasanya, penderita cadel mengalami kesulitan dalam mengucapkan huruf ‘r’, ‘s’, ‘z’, dan ‘th’. Cadel masih normal dilakukan jika anak masih berusaha untuk belajar pelafalan, tetapi saat ia sudah berusia lima tahun, cadel sudah menjadi gangguan bicara.

Berikut beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab cadel.

  • Struktur mulut

Sampai saat ini penyebab cadel belum diketahui secara pasti. Namun para ahli percaya struktur gigi, lidah, atau langit-langit mulut yang berbeda dari biasanya dapat membuat seseorang kesulitan membunyikan huruf tertentu.

  • Disartria

Kondisi lain yang dikatakan dapat menjadi penyebab cadel adalah disartria. Disartria adalah gangguan saraf yang menyebabkan melemahnya otot untuk berbicara.

  • Apraksia

Selain disartria, seseorang juga dapat mengalami cadel akibat kondisi apraksia di bagian bahasa. Apraksia adalah gangguan saraf yang membuat seseorang susah bicara.

  • Kebiasaan buruk saat masih kecil

Penyebab lain yang masih menjadi spekulasi adanya kebiasaan memajukan lidah ke depan secara merata. Perilaku tersebut terjadi saat masih kanak-kanak, misalnya terlalu sering menghisap jempol atau dot, atau terbiasa diajak berkomunikasi oleh orangtuanya dengan gaya cadel misalnya ‘adek lapel ya?’

Kebiasaan tersebut menghambat perkembangan lidah dan terikut sampai dewasa, serta memicu cadel saat berbicara.

Jenis-jenis cadel

Secara garis besar, cadel meliputi kesulitan dalam mengucapkan huruf tertentu, tetapi ada beberapa macam tipe cadel yang dapat dialami oleh seseorang.

  • Lateral lisp

cadel jenis ini dicirikan ketika seseorang menyebut huruf s atau z akan terdengar suara udara sebagai suara tambahan, misalnya akan mengatakan ‘bis’ makan akan terdengar ‘bisst’ atau ‘bighh’

  • Palatal lisp

jenis cadel yang disebabkan oleh bagian tengah lidah yang menyentuh langit-langit mulut ketika akan melafalkan huruf ‘s’, misalnya ketika akan mengatakan ‘mouse’ akan terdengar ‘moush’

  • Dentalized lisp

cadel yang diakibatkan karena lidah mendorong atau menyentuh bagian belakang gigi depan. Jadi, ketika akan menyebut huruf ‘d’, ‘s’, lidahnya akan tampak tergigit oleh gigi depan. Cobalah Anda, mengucapkan huruf ‘d’, lidah Anda akan naik ke langit-langit bukan tergigit.

  • Interdental lisp 

jenis cadel yang muncul karena lidah keluar di antara gigi depan yang membuat penderitanya kesulitan mengucapkan huruf ‘s’ atau ‘z’, contohnya, ketika ia mengatakan ‘yes’ akan terdengar ‘yeth’

Apa yang dapat dilakukan?

Kondisi cadel perlu diperiksa ke dokter, terapis bicara, atau psikolog saat sudah di atas lima tahun atau sudah melewati masa-masa belajar melafalkan kata. Pemeriksaan kondisi cadel dilakukan dengan mengecek mulut penderita dan mengamati kemampuan berbicaranya.

Setelahnya, penderita akan diberikan terapi berbicara dalam durasi yang singkat dan meliputi aktivitas atau pelatihan berbicara. Anda akan dilatih untuk bisa menyebut suara tertentu yang sulit diucapkan dan perlahan-lahan naik ke suku kata, kata, fasa, dan akhirnya kalimat.

Satu sesi terapi dapat berlangsung sekitar setengah sampai satu jam dan dapat dilakukan di tempat terapi atau rumah, serta bisa diikuti secara privat atau kelompok. Anda tidak perlu khawatir karena terapi bicara akan disesuaikan dengan jenis dan penyebab cadel yang dialami.

Catatan dari SehatQ

Cadel adalah suatu gangguan pada berbicara yang membutuhkan bantuan dari dokter, terapis, atau psikolog. Penanganan cadel akan semakin mudah jika dideteksi secara dini, karenanya selalu perhatikan apakah ada yang salah dengan cara berbicara anak.

Periksakan anak jika cadel masih muncul meskipun anak sudah berusia di atas lima tahun atau sudah melewati masa belajar melafalkan kalimat.

Encyclopedia of Children’s Health. http://www.healthofchildren.com/L/Lisping.html
Diakses pada 11 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dysarthria/symptoms-causes/syc-20371994
Diakses pada 11 Februari 2020

NIH. nidcd.nih.gov/health/apraxia-speech
Diakses pada 11 Februari 2020

Speechdisorder. http://www.speechdisorder.co.uk/lisps.html
Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait