Usia yang bertambah adalah salah satu penyebab rambut memutih
Seiring bertambahnya usia, rambut Anda juga mulai memutih

Sama seperti kematian, Anda tidak dapat menghindari uban di kulit kepala. Seiring bertambahnya usia, rambut putih akan semakin terlihat. Ini merupakan hal yang normal terjadi selama masa perkembangan manusia.

Usia memang menjadi salah satu faktor mengapa rambut putih muncul di rambut Anda. Namun, tahukah Anda mengapa rambut menjadi putih ketika Anda menua?

Penyebab rambut putih saat usia tua

Rambut putih merupakan hal yang lumrah ditemui oleh kaum lansia. Namun, apa yang menyebabkan pertumbuhan uban di kepala saat sudah usia senja?

Kulit kepala memiliki folikel rambut atau kantong kecil tempat sel kulit berada. Di dalamnya, terdapat pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit dan rambut. Semakin gelap rambut seseorang, maka semakin banyak pigmen melanin yang dimiliki.

Seiring bertambahnya usia, pigmen melanin yang berada dalam folikel rambut semakin berkurang dan perlahan-lahan mati. Berkurangnya pigmen melanin inilah yang menjadi penyebab rambut putih.

Saat terdapat sedikit pigmen dalam folikel rambut, maka rambut secara perlahan akan kehilangan warnanya dan menjadi transparan atau putih. Pada akhirnya, Anda akan memiliki rambut yang sepenuhnya berwarna putih atau abu-abu.

Kapan seseorang mengalami rambut putih?

Rambut putih dapat muncul pada usia mana saja, tergantung dari genetiknya. Ada yang baru muncul pada usia 30 sampai 40 tahun, dan ada pula yang lebih cepat, yaitu saat masih remaja.

Kemunculan uban Anda biasanya akan sama dengan usia saat kakek atau nenek Anda mulai menemukan rambut putih di kepalanya. Umumnya, dibutuhkan waktu 10 tahun untuk semua rambut di kulit kepala menjadi putih atau abu-abu.

Apakah rambut putih dapat dicegah dan diobati?

Sayangnya, penyebab rambut putih akibat faktor usia atau genetik tidak dapat dicegah ataupun dihambat, kecuali jika pelaku rambut putih Anda adalah karena kondisi medis tertentu.

Anda hanya bisa mencat atau memberi warna pada rambut agar menutupi uban-uban yang mulai bermunculan di kepala.

Apa penyebab rambut putih di usia muda?

Meskipun tiap orang memiliki waktu kemunculan uban yang berbeda-beda, tetapi penyebab rambut putih pada usia muda bisa dikarenakan suatu gangguan atau kondisi medis tertentu, seperti:

  • Stres

Stres tidak hanya berdampak pada suasana hati, tetapi juga dapat menjadi penyebab rambut putih Anda! Stres dapat mengurangi sel induk dapat rambut serta memicu gangguan tidur, perubahan pada nafsu makan, tekanan darah tinggi, dan kecemasan.

  • Sering cat rambut

Cat rambut mengandung senyawa hidrogen peroksida berbahaya bagi rambut yang dapat mengurangi produksi melanin dan menyebabkan kemunculan rambut putih.

  • Kekurangan vitamin B-12

Vitamin B-12 berkontribusi dalam memberikan Anda energi, menjaga kesehatan rambut, dan mempertahankan warna rambut Anda.

Kekurangan vitamin B-12 atau anemia pernisiosa dapat melemahkan sel rambut dan berdampak pada produksi melanin yang pada akhirnya berujung ke kemunculan rambut putih.

  • Merokok

Saat Anda merokok, racun dalam rokok dapat merusak folikel rambut dan menjadi penyebab rambut putih. Selain itu, senyawa dalam rokok dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengganggu aliran darah ke folikel rambut yang mengakibatkan kerontokan.

  • Kurang antioksidan

Kurangnya antioksidan dalam tubuh membuat tubuh tidak mampu mengatasi kerusakan akibat radikal bebas yang dapat memicu penyakit dan penuaan dini. Salah satunya berkurangnya atau matinya sel di dalam rambut.

  • Gangguan tiroid

Perubahan hormon karena masalah pada tiroid dapat memicu penurunan produksi melanin yang dapat memunculkan rambut putih di kepala.

  • Penyakit autoimun

Gangguan autoimun yang menyerang folikel rambut dan mengurangi pigmen di dalamnya. Penyakit autoimun, seperti alopecia areata (kerontokan rambut di area tertentu) dan vitiligo (warna kulit yang lebih muda pada daerah tertentu) dapat menjadi penyebab uban di usia muda.

Penanganan dari penyebab rambut putih di usia muda tergantung dari pemicunya. Terkadang setelah penyebabnya diatasi, warna rambut perlahan akan kembali seperti semula.

Catatan dari SehatQ

Secara garis besar, Anda dapat mempertahankan warna rambut dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan tinggi antioksidan, mengurangi stres, dan berhenti merokok.

Apabila Anda memiliki rambut putih yang banyak di usia yang muda, coba konsultasikan dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/white-hair
Diakses pada 5 Maret 2020

Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/gray-hair.html
Diakses pada 5 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320288
Diakses pada 5 Maret 2020

Artikel Terkait