Apa Penyebab Menguap Mengeluarkan Air Mata?


Penyebab menguap mengeluarkan air mata ialah karena pergerakan otot yang menekan kelenjar air mata. Hal ini normal dialami hampir semua orang dan tidak ada cara untuk menghentikan air mata yang keluar.

0,0
28 Jul 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab menguap mengeluarkan air mata ialah karena pergerakan otot yang menekan kelenjar air mataMenguap adalah tindakan yang sponta dan tidak bisa ditahan
Menguap dilakukan saat kita lelah atau mengantuk. Tujuannya tidak jelas, namun rasanya sangat memuaskan. Di waktu-waktu tertentu, menguap bisa ditahan atau disembunyikan. Sayangnya air mata yang keluar sulit ditutupi atau ditahan. Penyebab menguap mengeluarkan air mata adalah otot-otot wajah Anda menegang dan mata mengkerut, menyebabkan air mata yang berlebih tumpah. Jika mata Anda banyak mengeluarkan air saat menguap, bisa jadi karena mata kering, alergi, atau kondisi lain yang memengaruhi produksi air mata.

Penyebab menguap mengeluarkan air mata

Kelenjar lakrimal adalah kelenjar yang mengeluarkan air mata yang berfungsi menjaga kelembapan mata. Posisinya tepat di atas mata, di bawah alis.Ketika seseorang menguap, bergantung pada seberapa kuat Anda menguap atau bagaimana meregangkan otot-otot wajah yang lain, aktivitas otot ini dapat memberi tekanan pada kelenjar lakrimal sehingga menghasilkan air mata.Orang juga cenderung menguap saat merasa lelah, misalnya setelah menatap layar laptop atau handphone seharian. Kelelahan ini juga dapat menyebabkan kelelahan mata. Mata yang lelah akan terasa kering sehingga merangsang kelenjar lakrimal untuk mengeluarkan air mata, terutama saat menguap.

Mengapa kita sering menguap?

Bayi dalam kandungan dan hewan bahkan juga menguap. Meskipun hampir semua orang sering menguap, para peneliti belum mendapatkan satu jawaban konklusif untuk pertanyaan kenapa orang menguap. Namun, ada beberapa alasan masuk akal yang menjadi alasan orang menguap, yaitu:

1. Mendinginkan otak

Peneliti mengeksplorasi berbagai hipotesis yang dituangkan dalam penelitian di tahun 2013, salah satunya menguap mendinginkan suhu otak. Peneliti mengatakan bahwa air mata berperan menghilangkan panas dari tengkorak. 

2. Merangsang produksi air mata

Tekanan wajah akan berkontraksi saat Anda menguap, termasuk di sekitar mata sehingga memberi tekanan pada kelenjar penghasil air mata. Akhirnya mata dipenuhi dengan air seperti menangis.

3. Mengatasi sindrom mata kering

Sindrom mata kering adalah ketika mata Anda tidak menghasilkan cairan yang cukup untuk melembapkan mata. Hal inilah yang mendorong produksi air mata secara berlebihan. Jika Anda memiliki sindrom ini, mata Anda dengan mudah terpicu untuk berair hanya dengan menguap. Namun, air mata juga kerap keluar saat berada di kondisi, seperti:
  • Cuaca dingin atau kering
  • Angin sepoi-sepoi dari kipas atau AC
  • Iritasi seperti debu, wewangian, dan semprotan
  • Konjungtivitis karena alergi
  • Kornea tergores

4. Meningkatkan kewaspadaan

Orang cenderung lebih banyak menguap ketika mereka lelah. Jadi menguap merupakan refleks untuk membantu seseorang menjadi lebih waspada.

5. Sebagai penenang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang lebih sering menguap sebelum peristiwa yang membuat stres, seperti kompetisi atau perlombaan. Menguap dapat membawa perasaan tenang sebelum menghadapi stres tersebut.

6. Sebagai ikatan sosial

Menguap cenderung menular. Jika Anda melihat seseorang menguap, khususnya yang memiliki hubungan dekat dengan Anda, Anda akan ikut menguap juga. Oleh karena itu, menguap menandakan hubungan sosial.7. Membersihkan saluran eustachiusOrang cenderung lebih sering menguap ketika berada di ketinggian dan terdapat penyumbatan di saluran eustachius. Salah satu fungsi menguap adalah membersihkannya.

8. Meningkatkan kadar oksigen

Menguap dilakukan dengan mengambil napas dalam-dalam sehingga peneliti mengatakan bahwa menguap dapat membantu seseorang meningkatkan kadar oksigen dalam tubuhnya.

Bagaimana cara menghentikan air mata saat menguap?

Tidak ada cara untuk menghentikan air mata saat menguap. Anda juga tidak bisa menahan diri untuk tidak menguap, tapi Anda bisa mengurangi frekuensi menguap dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Selain itu, cobalah untuk bergerak saat merasa bosan atau lesu.

Kondisi sehari-hari yang dapat menyebabkan mata berair

Terkadang mata berair terjadi karena mata terlalu kering dan tubuh berusaha untuk melembapkannya. Beberapa potensi penyebab mata kering yaitu:
  • Operasi mata
  • Obat-obatan tertentu, termasuk antihistamin, pereda nyeri, terapi hormon, dan antidepresan
  • Kondisi kulit, seperti eksim dan blefaritis (radang pada kelopak mata akibat infeksi bakteri atau alergi)
  • Masalah dengan kelenjar yang melumasi 
  • Kelelahan pada mata
  • Paparan angin, udara kering, atau iritasi kimia seperti asap rokok
  • Alergi
  • Menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar komputer atau handphone
Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang penyebab menguap mengeluarkan air mata, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
air matamengantuk
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/why-do-my-eyes-water-when-i-yawn#other-watery-eye-causes
Diakses pada 13 Juli 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-my-eyes-water-when-i-yawn#is-yawning-contagious
Diakses pada 13 Juli 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait