Apa Manfaat Kentos Kelapa? Ini 8 Kebaikannya

(0)
12 Jun 2020|Azelia Trifiana
Kentos kelapa adalah cikal bakal terbentuknya tunas kelapaKentos kelapa berbentuk bulat dan terdapat di bagian dalam daging buah kelapa.
Jika ada buah yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan, itu adalah buah kelapa. Termasuk kentos kelapa atau tombong kelapa. Kentos kelapa adalah embrio tunas kelapa dan biasa ditemukan pada buah kelapa yang sudah tua. Menariknya, dalam uji coba pada binatang diketahui kentos kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh.Kentos kelapa berbentuk bulat dan terdapat di bagian dalam daging buah kelapa. Teksturnya seperti spons dengan rasa hambar. Kentos kelapa ini juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, potasium, mangan, dan fosfor.

Manfaat konsumsi kentos kelapa

Umumnya orang ketika menemukan kentos kelapa akan membuangnya. Padahal, ada banyak manfaat dan nutrisi dari kentos kelapa. Apa saja?

1. Baik untuk sistem imun

Kentos kelapa tinggi serat, antioksidan, dan juga beragam mineral yang diperlukan tubuh. Artinya, mengonsumsi makanan ini bisa menjaga tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Tak hanya itu, mengonsumsi kentos kelapa juga bisa menjadi sumber energi dan membuat tubuh lebih bugar.

2. Mengatasi stres oksidatif

Stres oksidatif bisa terjadi akibat paparan zat radikal bebas. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan pola makan sehat, termasuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Kentos kelapa termasuk jenis yang bisa membantu menurunkan stres oksidatif.

3. Tinggi antioksidan

Dalam penelitian, komponen antioksidan di dalam kentos kelapa adalah flavonoid dan sponins. Sebagai bagian dari buah yang kaya antioksidan, konsumsi secara berkala bisa menjaga dari penyakit jantung dan kanker.

4. Kaya zat besi

Kentos kelapa juga kaya zat besi yang diperlukan tubuh. Ketika zat besi tercukupi, artinya sirkulasi oksigen dan pembentukan sel darah merah bisa maksimal. Tak hanya itu, zat besi juga bisa mencegah anemia dan meningkatkan energi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kentos kelapa mengandung omega 3, dan asam lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan lemak jahat dan kolesterol. Seperti diketahui, kadar kolesterol terlalu tinggi bisa berbahaya dan memicu penyakit jantung.

6. Baik untuk sistem pencernaan

Kentos kelapa mengandung serat tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, serat juga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga cocok bagi yang sedang menjaga berat badan. Bonusnya, buang air besar menjadi lebih lancar dan penyerapan nutrisi oleh usus bisa semakin optimal. Selain itu, kentos kelapa juga dapat membantu mencegah penyakit liver.

7. Aman bagi penderita diabetes

Mengonsumsi kentos kelapa juga bisa membantu proses sekresi insulin dalam tubuh. Artinya, bagian dari kelapa yang satu ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Utamanya, bagi penderita diabetes tipe 2.

8. Menyehatkan kulit dan rambut

Kelebihan lain dari konsumsi kentos kelapa adalah membuat rambut dan kulit tampak sehat dan membantu proses peremajaannya. Tak hanya itu, kentos kelapa juga mencegah munculnya keriput dan menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan dini.Selain itu, kandungan fosfor dan vitamin D pada kentos kelapa juga dapat menutrisi tiap jaringan tulang dan gigi. Jadi, apabila sedang mengolah kelapa dan menemukan kentos kelapa di dalamnya, jangan langsung dibuang. Bagian buah yang satu ini sangat aman dikonsumsi bahkan kaya nutrisi yang sayang dilewatkan. 
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
IJPS Online. https://www.ijpsonline.com/articles/coconut-haustorium-maintains-cardiac-integrity-and-alleviates-oxidative-stress-in-rats-subjected-to-isoproterenolinduced-myocardia.html
diakses 29 Mei 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3660865/
diakses 29 Mei 2020
The Healthy Archive. https://www.thehealthyarchive.com/2018/12/surprising-benefits-of-coconut-embryo.html
diakses 29 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait