Manfaat kentang untuk wajah masih diperdebatkan
Kertang dipercayai bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit wajah

Merawat kulit wajah sangatlah penting untuk penampilan yang menarik, mulai dari krim, masker, sampai bahan-bahan DIY alami digunakan untuk dapat menunjukkan pesona kulit wajah secara maksimal.

Salah satu bahan alami yang dipercaya mampu merawat kesehatan kulit wajah adalah kentang. Makanan satu ini diyakini dapat mencerahkan kulit dan membasmi jerawat.

Manfaat kentang untuk wajah

Di balik fungsinya sebagai makanan, kentang berpotensi mengurangi peradangan pada kulit wajah. Suatu  menemukan bahwa ekstrak kulit kentang mengandung senyawa antiradang. Namun, penelitian ini belum diuji coba pada manusia dalam mengatasi jerawat.

Salah satu manfaat kentang untuk wajah yang lainnya adalah untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam di wajah. Beberapa orang bahkan membuat masker pencerah wajah dari kentang dengan bahan campuran jus lemon dan yogurt.

Beberapa orang juga meyakini bahwa manfaat kentang untuk wajah adalah untuk mencegah penuaan dini, mengurangi pigmentasi kulit wajah, dan membuat wajah lebih glowing.

Sayangnya, manfaat kentang untuk kesehatan kulit wajah masih memerlukan penelitian yang lebih mendalam. Masih sedikit sekali penelitian mengenai fungsi kentang untuk perawatan wajah.

Efek samping menaruh kentang di wajah

Untuk Anda yang memiliki alergi terhadap kentang, hindari penggunaannya di wajah karena akan memicu reaksi alergi di wajah Anda.

Alergi kentang dapat muncul karena adanya protein patatin dalam kentang. Selain penderita alergi kentang, Anda yang memiliki alergi lateks juga berkemungkinan memiliki kulit yang sensitif terhadap kentang. Beberapa gejala alergi yang bisa timbul berupa:

  • Bengkak di kulit
  • Sulit bernapas
  • Kulit gatal dan kemerahan
  • Hidung yang gatal dan berair
  • Reaksi alergi berat hingga menyebabkan koma

Tes alergi kentang diperlukan untuk mengetahui adakah alergi atau tidak. Caranya, cukup potong kentang berukuran kecil, lalu oleskan sedikit pada tangan Anda, diamkan selama 24 jam, jika tidak ada efek apapun Anda dapat menggunakan kentang untuk wajah Anda.

Manfaat mengonsumsi kentang

Daripada menggunakan kentang sebagai bahan dasar untuk perawatan kecantikan, mengonsumsi kentang jauh lebih bermanfaat. Kentang mengandung nutrisi dan zat yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kentang.

  • Tinggi antioksidan. Kentang mengandung zat asam fenolik, flavonoid, dan karotenoid. Ketiganya adalah zat antioksidan yang bisa menetralisir sejumlah zat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, diabetes, atau gangguan jantung.
  • Melindungi pencernaan. Serat-serat kentang juga berguna menjadi makanan bagi bakteri baik yang ada di perut. Dari kentang tersebut bakteri akan menghasilkan senyawa butyrate yang baik untuk melindungi sistem pencernaan.
  • Membantu mengurangi berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan lewat cara diet, kentang bisa menjadi pilihan sebagai makanan sumber karbohidrat Anda. Dari sebuah riset yang dilakukan mengenai seberapa mengenyangkankah sebuah makanan, kentang menempati posisi teratas. Mengonsumsi kentang sedikit saja sudah dapat membuat Anda kenyang. Jadi kentang sangat cocok untuk diet Anda.

Catatan dari SehatQ

Manfaat kentang untuk wajah masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan alami lain yang terbukti dapat mencerahkan wajah dan membasmi jerawat, seperti jus lemon, teh hijau, dan yogurt,

Bila Anda ingin menjaga kesehatan kulit wajah, Anda dapat menggunakan perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit, menerapkan pola makan sehat dengan gizi imbang, menjaga kadar stres, menghindari merokok, dan menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/potato-for-face
Diakses pada 11 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait