Manfaat Kentang untuk Wajah, Sebenarnya Mitos Atau Fakta?


Manfaat kentang untuk wajah dipercaya bisa mencerahkan kulit, membasmi jerawat, hingga mengurangi munculnya tanda penuaan. Anda bisa memperoleh manfaat masker kentang ini secara maksimal bila mencampurkannya dengan bahan alami lain.

(0)
14 Mar 2021|Anita Djie
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat kentang untuk wajah diyakini bisa mencerahkan kulitIrisan kentang mentah dipercaya bisa mengatasi masalah mata panda
Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar rumor mengenai manfaat kentang untuk wajah yang digunakan sebagai masker alami. Manfaat kentang untuk wajah diklaim dapat mencerahkan kulit, membasmi jerawat, hingga mengurangi munculnya tanda penuaan. Namun, sebelum memutuskan menggunakannya, alangkah baiknya untuk mencari tahu keefektifan manfaat masker kentang untuk wajah terlebih dahulu.

Apa manfaat kentang untuk wajah? 

Selain sebagai makanan mengandung karbohidrat, khasiat kentang untuk wajah memang tampak menjanjikan. Bila digunakan sebagai masker, manfaat kentang untuk wajah diyakini dapat menawarkan berbagai hal berikut ini. 

1. Mencerahkan kulit

Manfaat kentang untuk wajah bisa mencerahkan kulit
Manfaat kentang untuk wajah diyakini bisa mencerahkan kulit
Manfaat kentang untuk wajah dalam mencerahkan kulit mungkin sudah akrab di telinga Anda. Kandungan zat pencerah yang berasal dari enzim katekolase pada kentang diyakini dapat mencerahkan bintik hitam di wajah akibat freckles, paparan sinar matahari berlebih, hingga melasma. Sayangnya, belum ada hasil penelitian yang mampu membuktikan enzim katekolase pada kentang untuk mencerahkan kulit. Namun, Anda mungkin bisa memperoleh manfaat masker kentang untuk wajah ini secara maksimal apabila mencampurkan kentang dengan bahan alami lain yang mengandung asam, seperti yogurt dan air perasan lemon. Baca Juga: Pilihan Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

2. Mengobati jerawat

Manfaat kentang untuk wajah berikutnya adalah mengobati jerawat. Jerawat sendiri merupakan suatu masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan. Menggosokkan kulit kentang pada area kulit yang terdapat jerawat dipercaya dapat meredakannya. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Life Sciences menemukan bahwa kandungan antiradang pada ekstrak kulit kentang dapat meringankan peradangan kulit akibat jerawat. Akan tetapi, studi tersebut baru dilakukan pada hewan uji tikus sehingga masih dibutuhkan studi lebih lanjut pada manusia untuk mengetahui efektivitasnya dalam mengobati jerawat. 

3. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat kentang untuk wajah bisa menyamarkan bekas jerawat
Adanya bekas jerawat tentu dapat mengganggu penampilan
Menyamarkan bekas jerawat juga dipercaya sebagai manfaat kentang untuk wajah. Bekas jerawat yang muncul memang sering kali menjadi noda kehitaman. Kondisi ini yang kerap mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Meski disebut-sebut dapat menyamarkan bekas jerawat, belum ada hasil studi yang membuktikan manfaat masker kentang satu ini. 

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat kentang untuk wajah diyakini dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus. Kandungan antioksidan pada kentang, seperti vitamin C, mampu melawan radikal bebas yang menjadi pemicu kerusakan kulit dan penyebab munculnya tanda-tanda penuaan.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat kentang untuk wajah lainnya adalah meningkatkan produksi kolagen. Kentang tinggi akan vitamin C di dalamnya. Fungsi vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 

6. Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

Anda bisa memperoleh manfaat kentang untuk wajah sebagai cara mengatasi lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Cara menggunakannya, iris kentang dalam beberapa ukuran besar. Bungkus irisan kentang dalam kain bersih, lalu tempatkan pada area bawah mata selama 20 menit. Jika sudah selesai, bilas area mata menggunakan air hangat.

Bagaimana cara membuat masker kentang?

Manfaat kentang untuk wajah bisa didapat maksimal bila mencampurkannya dengan bahan alami lain
Manfaat masker kentang bisa terasa maksimal bila ditambahkan bahan alami lain
Hingga saat ini, masih sangat sedikit studi yang membuktikan manfaat kentang untuk wajah yang diolah sebagai masker. Mengonsumsi kentang secara langsung tetaplah menjadi cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kentang untuk wajah.Kendati demikian, apabila Anda tertarik untuk memperoleh manfaat masker kentang untuk wajah dengan cara mengoleskannya ke kulit, tak ada salahnya dilakukan. Asalkan, kulit wajah Anda tidak terlalu bermasalah. Anda bisa menambahkan bahan alami lainnya agar manfaat masker kentang bisa didapat secara maksimal. Berikut adalah beberapa cara membuat masker kentang yang bisa diterapkan. 

1. Masker kentang dan madu

Masker kentang dan madu bisa Anda coba bila Anda ingin menginginkan kulit tampak cerah dan bersinar. Kentang mengandung asam dan zat pencerah alami. Sedangkan, madu berperan untuk melembapkan kulit dan menjaganya agar tetap lembut dan kenyal. Berikut adalah cara membuat masker kentang dan madu selengkapnya.
  • Siapkan 3 sendok makan jus kentang dan 2 sendok makan madu. 
  • Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.
  • Oleskan masker kentang dan madu pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10-15 menit, atau sampai masker mengering, lalu bilas wajah dengan air. 

2. Masker kentang dan lemon

Manfaat masker kentang untuk mencerahkan kulit bisa terasa maksimal bila Anda mencampurkannya dengan air perasan lemon. Kentang dan lemon juga dapat berfungsi sebagai astringent yang membantu mengurangi minyak berlebih, membuka pori tersumbat, hingga meratakan warna kulit. Simak cara membuat masker dari kentang dan air perasan lemon di bawah ini. 
  • Siapkan 2 sendok teh jus kentang, 2 sendok teh air perasan lemon, dan ½ sendok teh madu (opsional). 
  • Campurkan jus kentang dan air perasan lemon dalam sebuah mangkuk terlebih dahulu. Aduk merata. Kemudian, tambahkan madu ke dalamnya.
  • Oleskan masker kentang pada permukaan wajah dan leher yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 15 menit, bilas wajah dengan air. 
Jika Anda mengalami iritasi akibat penggunaan air perasan lemon, tambahkan beberapa tetes air. 

3. Masker kentang dan tomat

Tomat dan kentang kaya akan antioksidan yang diyakini dapat melawan radikal bebas sekaligus membasmi bakteri pada kulit, termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain itu, keduanya juga memiliki kandungan asam yang dapat membantu membuka pori tersumbat. Simak cara membuat masker dari kentang dan tomat di bawah ini. 
  • Siapkan 1 sendok makan jus kentang, 1 sendok makan jus tomat, dan 1 sendok makan madu. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan jus kentang dan jus tomat terlebih dahulu. Aduk merata. 
  • Tambahkan madu, aduk merata sampai teksturnya mengental. 
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Anda juga bisa mengoleskan pada area wajah yang terdapat jerawat. 
  • Diamkan selama 15-20 menit, atau sampai masker mengering, lalu cuci bersih wajah Anda. 

4. Masker kentang dan yogurt

Jika Anda ingin memperoleh manfaat masker kentang untuk memperlambat tanda penuaan, coba campurkan dengan penggunaan yogurt tanpa rasa. Yogurt mengandung zat anti penuaan. Di samping itu, manfaat yogurt untuk wajah dapat mengeksfoliasi sel kulit mati dan mengencangkan pori kulit. Ini cara membuatnya. 
  • Siapkan ½ buah kentang yang sudah diparut dan 2 sendok makan plain yogurt atau yogurt tanpa rasa. 
  • Campurkan kedua bahan tersebut dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk sampai tercampur merata. 
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Namun, hindari area mata dan bibir, ya. 
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. 

5. Masker kentang dan stroberi

Manfaat masker kentang untuk meminimalisir tanda penuaan bisa dilakukan pula menggunakan stroberi. Buah stroberi yang tinggi vitamin C dan asam folat ini mampu mengeksfoliasi kulit. Manfaat masker kentang dan stroberi dapat meningkatkan produksi kolagen dan meminimalisir garis halus di wajah. Simal cara membuat masker kentang dan stroberi di bawah ini. 
  • Siapkan 1 buah kentang sudah dipotong kecil-kecil, 2 buah stroberi, dan ½ sendok teh madu. 
  • Haluskan kentang dan stroberi yang sudah disiapkan. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. 
  • Tambahkan madu, aduk merata kembali. 
  • Lalu, oleskan pada wajah dan leher yang sudah bersih. 
  • Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas wajah sampai bersih. 

Adakah efek samping masker kentang untuk wajah?

Efek samping masker kentang untuk wajah mungkin saja terjadi pada sebagian orang, terutama yang memiliki riwayat alergi. Efek samping masker kentang untuk wajah kemungkinan besar berasal dari protein utama pada kentang bernama patatin. Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap kentang, sebaiknya hindari penggunaannya pada wajah karena berisiko memicu reaksi alergi. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki alergi terhadap wortel, tomat, apel, dan pisang. Beberapa gejala reaksi alergi yang mungkin timbul, di antaranya kulit gatal, kulit kemerahan, hidung gatal dan berair, pembengkakan di kulit, sulit bernapas, hingga syok anafilaksis. Untuk meminimalisir efek samping masker kentang untuk wajah, penting bagi Anda untuk selalu melakukan tes pada kulit sebelum menggunakannya. Caranya, cukup oleskan potongan kentang mentah berukuran kecil atau jus kentang pada area kulit dalam siku. Diamkan selama 24 jam. Bila tidak ada reaksi negatif yang timbul, Anda bisa memperoleh manfaat masker kentang untuk wajah. 

Catatan dari SehatQ

Manfaat kentang untuk wajah masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitasnya. Jika Anda ingin memperoleh manfaat masker kentang untuk wajah secara maksimal, tak ada salahnya untuk mencampurkan kentang dengan bahan alami lainnya, seperti air perasan lemon, air mentimun, atau yogurt. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan memperoleh manfaat masker kentang. Dengan demikian, manfaat kentang untuk wajah bisa didapat secara maksimal.Penting pula untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah dengan menggunakan produk perawatan sesuai jenis kulit wajah, menerapkan pola makan sehat dengan gizi imbang, menjaga kadar stres, menghindari merokok, dan menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.Masih punya pertanyaan seputar manfaat masker kentang untuk wajah? Coba tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/potato-for-face
Diakses pada 11 Februari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Diakses pada 11 Februari 2020
Life Sciences. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0024320513000982?via%3Dihub
Diakses pada 14 Maret 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-potato-for-skin-hair-and-health/
Diakses pada 14 Maret 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/5-potato-face-pack-tutorials-with-pictures-and-detailed-steps/
Diakses pada 14 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait