Apa Kepribadian MBTI Paling Langka? Ini 9 Faktanya


INFJ adalah kepribadian MBTI paling langka. Hanya 1-3% orang di dunia yang memilikinya, termasuk Oprah Winfrey, Taylor Swift, dan Martin Luther King Jr.

0,0
16 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kepribadian MBTI paling langka hanya dimiliki 1% - 3% orang di seluruh duniaKepribadian MBTI paling langka adalah INFJ yang terkenal kreatif
Anda mungkin sudah tidak asing dengan tes MBTI yang merupakan salah satu tes kepribadian paling populer di Internet. Pada MBTI, kepribadian manusia dibagi menjadi 16 jenis dan semua jenis yang ada, INFJ lah yang menjadi kepribadian MBTI paling langka.Disebutkan, hanya sekitar 1-3% populasi yang memiliki kepribadian INFJ. Karena jarang dimiliki, lantas adakah fakta tersembunyi dan ciri khusus dari kepribadian tersebut? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Lebih lanjut tentang INFJ, kepribadian MBTI paling langka

Kepribadian MBTI paling langka adalah INFJ. INFJ merupakan singkatan dari Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), Judging (J). Introversion artinya orang dengan kepribadian ini cenderung memiliki sifat introvert, sehingga membutuhkan waktu sendiri untuk kembali mengisi energinya.Sementara itu intuition artinya orang tersebut lebih suka memerhatikan pola dan garis besar dari suatu hal dibanding detail teknisnya. Sifat intuitionnya juga membuat para INFJ senang memikirkan tentang kemungkinan, berimajinasi soal masa depan, dan berdiskusi soal teori-teori abstrak.Karakter feeling pada INFJ menandakan bahwa saat mengambil suatu keputusan, mereka akan lebih mempertimbangkan soal perasaan dan emosi dirinya dan orang-orang di sekitarnya dibandingkan dengan hal-hal yang logis dan tidak personal.Terakhir, karakter judging pada INFJ menandakan cara orang tersebut berhadapan dengan dunia atau orang-orang di sekitarnya. Orang dengan kepribadian ini lebih suka dengan hal-hal yang terstruktur dan bulat saat mengambil keputusan.

Fakta unik tentang kepribadian INFJ

Penasaran tentang kepribadian MBTI paling langka? Berikut ini fakta-fakta seputar kepribadian INFJ.
Orang INFJ suka berpikir dalam
Orang dengan kepribadian INFJ menikmati berpikir dalam

1. Kepribadian INFJ suka berpikir lebih dalam

Orang dengan kepribadian INFJ senang mencari makna dan koneksi yang dalam dari suatu hubungan, ide, bahkan barang-barang yang dimiliki.Mereka tertarik untuk mengetahui alasan lebih dalam saat seseorang mengambil keputusan atau melakukan sesuatu dan tidak puas jika hanya melihat permukaannya saja.

2. Introvert tak berarti penyendiri

INFJ memang punya sifat introvert, tapi bukan berarti mereka selalu menyendiri. Mereka bisa membangun hubungan yang kuat dan dekat dengan orang lain, maupun melakukan hal-hal untuk membantu orang lain.Hanya saja, saat hampir kehabisan energi, mereka lebih suka mengisinya kembali dengan menikmati me time.

3. Kelebihan INFJ

Anda adalah seorang INFJ? Berikut ini kelebihan-kelebihan yang biasanya dimiliki orang dengan kepribadian ini.
  • Peka terhadap kebutuhan orang lain
  • Pendiam dan taat aturan
  • Sangat kreatif dan artistik
  • Fokus ke masa depan
  • Menjunjung tinggi hubungan yang dekat dan bermakna
  • Senang berpikir tentang makna hidup
  • Idealis

4. Kekurangan INFJ

Setiap orang pasti punya kekurangan, begitupun para INFJ, seperti berikut ini.
  • Terkadang bisa terlalu sensitif
  • Pikirannya sulit dipahami
  • Sering punya ekspektasi berlebihan akan sesuatu
  • Keras kepala
  • Tidak suka konfrontasi

5. Publik figur yang punya kepribadian INFJ

Sebagai kepribadian MBTI paling langka, rupanya jenis kepribadian ini masih dimiliki juga oleh beberapa publik figur yang selama ini kita kenal, seperti:
  • Oprah Winfrey
  • Taylor Swift
  • Martin Luther King Jr
  • Carl Jung
Baca Juga: Jenis Karakter Manusia: Sanguinis, Melankolis, Plegmatis, dan Koleris
Kepribadian INFJ cocok bekerja menjadi guru
Kepribadian INFJ cocok bekerja menjadi guru

6. Pekerjaan yang cocok untuk INFJ

Orang dengan kepribadian INFJ dipercaya bisa berkembang dengan baik di pekerjaan atau karir yang menuntut banyak kreativitas.Mereka biasanya akan bisa memuaskan hasratnya di pekerjaan yang menggabungkan antara kreativitas dan kemampuan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.Contoh karier yang dinilai cocok untuk orang dengan kepribadian ini antara lain:
  • Seniman
  • Aktor
  • Pengusaha
  • Musisi
  • Pemuka agama
  • Penulis
  • Guru
  • Psikolog
  • Fotografer
Namun perlu diingat, bukan berarti INFJ yang berkarier di luar jenis-jenis pekerjaan tersebut tidak bisa sukes. Pekerjaan-pekerjaan di atas hanya dianggap sebagai jenis yang bisa menjadi tempat para INFJ menyalurkan kreativitasnya.

7. Sifat INFJ di sekolah dan tempat kerja

Orang dengan kepribadian ini seringkali menonjol di secara akademis di sekolah dan memiliki pencapaian tinggi di tempat kerja.Mereka memiliki sikap perfeksionis yang akan mengerahkan seluruh kemampuannya pada sesuatu yang sedang dikerjakan.

8. INFJ sebagai orang tua

Orang tua dengan kepribadian INFJ biasanya memiliki hubungan dekat dan mendalam dengan anaknya. Hal ini dikarenakan sifat mereka yang bisa dengan mudah mengerti perasaan orang lain.Mereka akan fokus untuk membesarkan anak agar menjadi orang yang baik hati, peduli dengan lingkungan sekitar, dan penyayang.Orang tua INFJ juga akan mendorong anak untuk mengejar mimpinya agar bisa mendapatkan potensi maksimal dari bakat yang dimilikinya.

9. INFJ sebagai pasangan

INFJ menikmati berada di hubungan yang intim dan dekat, karena mereka menghargai proses untuk bisa mengerti satu sama lain secara dalam.Orang dengan kepribadian ini mendambakan hubungan dengan orang-orang yang punya prinsip hidup yang sama dengan mereka.Apabila memiliki pasangan seorang INFJ, hal yang bisa Anda berikan adalah dukungan emosional dan intimasi yang memang disukainya. Ketulusan, kejujuran, dan sifat apa adanya adalah hal-hal yang sangat dihargai oleh para INFJ.

Catatan dari SehatQ

Hingga saat ini, konsep pembagian kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Sebagian menganggap bahwa pembagian ini kurang tepat secara keilmuan.Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak menggunakan pengetahuan soal kepribadian MBTI, termasuk INFJ, sebagai patokan pasti terhadap sifat dan perilaku seseorang.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar tipe-tipe kepribadian maupun hal lain yang berkaitan dengan psikologi, tanyakan langsung pada psikolog di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalgangguan kepribadian
The Myers and Briggs Foundation. https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm
Diakses pada 30 November 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/infj-introverted-intuitive-feeling-judging-2795978
Diakses pada 30 November 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-myers-briggs-type-indicator-2795583#the-mbti-types
Diakses pada 30 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait