Apa Itu Wasir? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

(0)
24 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Wasir bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan gatal pada bagian anusWasir terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus cenderung membengkak akibat tekanan
Apa itu wasir? Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau dubur bawah akibat peningkatan tekanan. Kondisi ini dapat terjadi di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit sekitar anus (wasir eksternal).Wasir bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan gatal pada bagian anus. Bahkan pada kasus yang parah dapat terjadi pendarahan. Terdapat berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab wasir. Apa saja?

Penyebab wasir

Pembuluh darah di sekitar anus cenderung meregang dan membengkak ketika berada di bawah tekanan. Hal tersebut dapat dipicu oleh beberapa penyebab wasir berikut:
  • Kehamilan

Wasir lebih sering terjadi pada ibu hamil karena ketika rahim membesar, itu dapat memberi tekanan pada pembuluh darah di usus besar sehingga menyebabkannya membesar.
  • Diare atau sembelit

Wasir dapat terjadi setelah Anda mengalami diare kronis karena terlalu sering buang air besar. Di sisi lain, sembelit juga bisa menyebabkan wasir karena kesulitan buang air besar dapat membuat Anda terus mengejan sehingga memberi banyak tekanan.
  • Terlalu lama duduk

Seringkali berada dalam posisi duduk untuk waktu yang lama juga bisa memicu terjadinya wasir, terutama duduk di toilet.
  • Mengangkat beban berat

Mengangkat beban berat secara berulang bisa memberi tekanan yang hebat sehingga menyebabkan wasir.
  • Hubungan seks anal

Seks melalui anal bisa menyebabkan Anda mengalami wasir atau semakin memperburuk kondisinya.
  • Obesitas

Obesitas menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus sehingga terjadilah wasir.Meski lebih umum terjadi pada orang tua, namun bukan berarti bahwa anak muda dan anak-anak tak bisa mengalaminya. Di sisi lain, jika orangtua Anda menderita wasir maka Anda juga lebih mungkin mendapatkannya.

Gejala wasir

Wasir tak selalu menimbulkan keluhan, namun sekitar 50% orang dewasa mengalami gejala wasir pada umur 50 tahun. Adapun gejala wasir yang mungkin bisa Anda rasakan, di antaranya:
  • Terasa sangat gatal di sekitar anus
  • Buang air besar terasa menyakitkan
  • Iritasi dan nyeri di sekitar anus
  • Adanya benjolan yang nyeri atau pembengkakan di dekat anus
  • Kebocoran tinja
  • Ketidaknyamanan di sekitar anus
  • Keluarnya darah setelah buang air besar
Jika Anda sering mengalaminya, Anda juga mungkin mengalami gejala anemia seperti kelemahan dan kulit pucat karena kehilangan darah. Selain itu, terkadang gumpalan darah juga bisa terbentuk di dalam wasir. Meski mungkin tak berbahaya, namun bisa menimbulkan rasa sakit yang hebat.Selain itu, wasir memiliki derajat keparahan yang memengaruhi seberapa parah gejala dan rasa sakit yang muncul. Derajat keparahan tersebut adalah:
  • Derajat 1: pembengkakan di dalam anus dan tidak terlihat
  • Derajat 2: Pembengkakan dapat diraba dan juga dapat masuk dengan sendirinya tanpa perlu didorong oleh tangan
  • Derajat 3: Pembengkakan makin membesar dan harus dimasukkan dengan bantuan tangan
  • Derajat 4: Benjolan sudah tidak dapat dimasukan sama sekali

Cara mengobati wasir

Meski wasir terasa menyakitkan dan tidak nyaman, namun kondisi ini dapat dengan mudah diobati. Agar tidak semakin memburuk dari waktu ke waktu, berikut cara mengobati wasir di rumah maupun dengan medis:
  • Meredakan rasa sakit

Guna meminimalkan rasa sakit, berendamlah dalam air hangat setidaknya 10 menit setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menduduki botol air hangat untuk mengurangi rasa sakit wasir eksternal. Jika rasa sakitnya tak tertahankan, cobalah menggunakan salep atau krim yang dijual bebas untuk meredakan rasa terbakar dan gatal.
  • Mengonsumsi serat

Jika wasir terjadi akibat sembelit, cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi serat atau suplemen serat agar feses menjadi lebih lunak. Ini dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.
  • Perawatan rumahan

Perawatan topikal yang dijual bebas untuk wasir dapat meredakan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Selain itu, melakukan mandi sitz selama 10-15 menit per hari juga bisa membantu. Pastikan pula Anda menjaga kebersihan anus dengan baik. Bersihkanlah dengan air hangat selama mandi, namun hindari menggunakan sabun atau tisu toilet yang kering dan kasar karena bisa memperburuknya. Menggunakan kompres dingin pada anus juga dapat membantu mengurangi pembengkakan wasir. Sementara, penghilang rasa nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen, atau aspirin juga mungkin diperlukan.
  • Prosedur medis

Jika perawatan di rumah tak juga membuat wasir sembuh, dokter akan menyarankan prosedur ligasi gelang karet. Pada prosedur ini, dokter akan memotong sirkulasi wasir dengan menempatkan karet gelang di sekitarnya. Hal ini menyebabkan hilangnya sirkulasi ke wasir, dan memaksanya untuk menyusut. Selain ligasi gelang karet, dokter juga dapat melakukan terapi injeksi atau skleroterapi. Dalam prosedur ini, dokter akan menyuntikkan bahan kimia ke dalam pembuluh darah secara langsung sehingga menyebabkan ukuran wasir berkurang.Pada sebagian besar kasus, wasir dapat sembuh dengan perawatan di rumah dan perubahan gaya hidup. Akan tetapi, jika kondisi tersebut tak kunjung membaik jangan ragu untuk memeriksakan diri pada dokter.
pembuluh darahnyeri anuswasirperdarahan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268
Diakses pada 09 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hemorrhoids#treatment
Diakses pada 09 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/73938
Diakses pada 09 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait