Apa itu Sulforaphane? Ketahui Ragam Potensi Manfaatnya untuk Tubuh Sehat


Sulforafana atau sulforaphane adalah senyawa kaya sulfur yang terkandung dalam sayur-sayuran cruciferous seperti brokoli, pakcoy, dan kubis. Sulforaphane menawarkan beragam manfaat kesehatan.

(0)
26 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sulforaphane adalah senyawa yang terkandung dalam sayuran cruciferous seperti kubis BrusselKubis Brussel atau kol mini mengandung senyawa sulforaphane
Selain lezat disantap, sayuran cruciferous seperti brokoli dan pakcoy juga amat bernutrisi. Kandungan vitamin, mineral, dan serat dalam sayur-sayuran cruciferous membuat banyak orang menyisipkannya dalam budaya hidup sehat. Salah satu nutrisi kunci dalam sayur cruciferous adalah sulforaphane. Apa itu sulforaphane?

Mengenal apa itu sulforaphane

Sulforafana atau sulforaphane adalah senyawa kaya sulfur yang terkandung dalam sayur-sayuran cruciferous seperti brokoli, pakcoy, dan kubis. Senyawa ini cukup populer karena menawarkan beragam khasiat dan manfaat kesehatan. Sulforaphane dalam sayur-sayuran tersebut sebenarnya masih berupa kandungan yang tak aktif. Sulforafana teraktivasi apabila bereaksi dengan enzim tumbuhan yang disebut mirosinase. Mirosinase terlepas dan bereaksi dengan sulforaphane apabila Anda “menghancurkan” sayuran sumbernya, termasuk memotong, mencincang, atau mengunyah. Dengan demikian, untuk mendapatkan manfaat dari sulforaphane, Anda harus mengolah sayur-sayuran di atas. Kadar sulphoraphane paling tinggi sebenarnya terkandung dalam sayur-sayuran yang masih mentah. Brokoli yang masih mentah dilaporkan mengandung sulforaphane sepuluh kali lipat dibandingkan brokoli yang sudah dimasak. Apabila Anda ingin mengonsumi sayur brokoli dan berhasrat mengonsumsi sulforaphane dengan kadar yang optimal, Anda bisa mengukusnya dalam api kecil atau memakannya mentah setelah dicuci bersih. Hindari memanggang sayuran cruciferous di microwave atau merebusnya untuk  meminimalkan kadar sulforaphane yang hilang

Ragam potensi manfaat sulforaphane

Sulforaphane cukup populer karena menawarkan beragam manfaat kesehatan. Manfaat tersebut, termasuk:

1. Menurunkan risiko kanker

Sulforaphane disebut memiliki efek antikanker
Sulforaphane disebut dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker
Sulforaphane dilaporkan memiliki efek antikanker. Beberapa studi pada hewan dan uji tabung mengindikasikan bahwa kandungan ini dapat mengurangi ukuran dan jumlah berbagai sel kanker. Tak sampai di situ, sulforaphane juga disebutkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan melepaskan enzim antioksidan dan detoksifikasi untuk melawan senyawa pemicu kanker atau karsinogen. Namun, walau potensial, riset lanjutan masih diperlukan untuk mengkaji potensi manfaat sulforaphane ini.

2. Memelihara kesehatan jantung

Studi juga mengindikasikan potensi sulforaphane untuk menyehatkan jantung. Sebuah riset dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity melaporkan bahwa sulforaphane memiliki efek antioksidan dan anti-peradangan untuk mengaktifkan faktor tertentu yang dapat melindungi jantung.Sulforaphane juga disebutkan dapat menjaga tekanan darah – variabel yang juga penting dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Namun, karena masih dilakukan pada hewan dan uji tabung, studi pada manusia diperlukan untuk mengkaji manfaat sulforaphane ini.

3. Memiliki efek antidiabetes

Sulforaphane juga berpotensi untuk berpengaruh terhadap gula darah dan diabetes, jenis penyakit yang masih mengintai jutaan manusia. Sebuah studi tahun 2017 melaporkan bahwa konsumsi ekstrak kecambah brokoli (150 mikromol sulforaphane) dapat mengurangi kadar gula darah puasa hingga 6,5%. Ekstrak kecambah brokoli juga membantu mengendalikan hemoglobin A1c (HbA1c)  sebagai indikator dalam kontrol gula darah jangka panjang. Studi yang dilakukan pada hewan juga mendapatkan temuan serupa terkait manfaat sulforaphane untuk kontrol gula darah.

Potensi manfaat sulforaphane lainnya untuk kesehatan

Selain 3 manfaat utama di atas, sulforaphane juga berpotensi menawarkan manfaat berikut ini:
  • Menangani gejala autisme
  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet 
  • Mengurangi penurunan kondisi mental setelah cedera otak dan mempercepat pemulihannya
  • Mengendalikan konstipasi atau sembelit
Studi lanjutan terkait manfaat sulforaphane di atas memerlukan kajian lebih lanjut.

Sumber sulforaphane yang bisa dikonsumsi

Daun arugula mengandung senyawa sulforaphane
Senyawa sulforaphane terkandung dalam arugula atau daun rocket
Sulforaphane terkandung dalam beragam sayuran cruciferous, misalnya:
  • Kecambah brokoli
  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Sayur kale
  • Kubis Brussel atau kol mini
  • Kubis, baik varietas merah maupun putih
  • Pakcoy
  • Selada air
  • Arugula atau roket
Agar sulforaphane bisa teraktivasi, Anda bisa memotong dan mencincang sayur-sayuran di atas sebelum dimakan mentah atau dikukus dalam api kecil. Anda juga bisa mengonsumsi sayuran sumber sulforaphane di atas dengan menambahkan biji atau bubuk mustard. Mustard mengandung tinggi mirosinase yang dapat meningkatkan kadar sulforaphane.Poin plus lainnya, sayuran yang mengandung sulforaphane juga menawarkan nutrisi dan manfaat lain, termasuk vitamin, mineral, serat, dan zat-zat-zat antioksidan. 

Suplemen sulforaphane dan efek sampingnya

Sulforaphane juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Suplemen tersebut biasanya dibuat dari ekstrak brokoli atau kecambah brokoli dengan kadar sulforaphane yang lebih tinggi. Diskusikan dengan dokter sebelum membeli dan mengonsumsi suplemen sulforaphane. Pasalnya, suplemen ini berisiko memicu efek samping berupa perut bergas, sembelit, dan diare. Aturan terkait dosis penggunaan dan keamanan suplemen sulforaphane juga masih perlu dikaji lebih lanjut. Dengan demikian, diskusi dengan dokter perlu dilakukan agar penggunaan suplemen sulforaphane bisa aman dan tidak menjadi bumerang bagi tubuh.

Catatan dari SehatQ

Sulforaphane adalah senyawa yang terkandung dalam sayuran cruciferous seperti brokoli dan kubis. Sulforaphane menawarkan beragam manfaat kesehatan sehingga juga tersedia dalam bentuk suplemen. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait sulforaphane, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi hidup sehat terpercaya.
makanan sehatnutrisibuah dan sayuransuplemenperadanganantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sulforaphane
Diakses pada 15 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28615356
Diakses pada 15 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26583056
Diakses pada 15 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait