Mengungkap Apa Itu Shuttle Run dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Apa itu shuttle run? Shuttle run adalah salah satu jenis latihan yang berfungsi melatih kelincahan dan kecepatan dengan cara lari bolak-balik antara dua titik

0,0
14 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Shuttle run adalah lari bolak balik antara dua titik dengan kecepatan tertentuShuttle run baik untuk melatih kelincahan
Ada banyak jenis latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan fisik dan kelincahan, salah satunya adalah shuttle run. Kelincahan merupakan kemampuan seseorang untuk merubah posisi dan arah tubuh secepat mungkin secara tepat waktu tanpa kehilangan keseimbangan.
Saat berolahraga serta menjalankan aktivitas sehari-hari, kelincahan merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting. Dengan melatih kelincahan, maka risiko Anda mengalami cedera saat beraktivitas akan berkurang.

Pengertian shuttle run

Shuttle run adalah latihan lari bolak-balik dengan jarak tertentu
Shuttle run adalah lari bolak-balik 
Shuttle run adalah salah satu jenis latihan yang berfungsi melatih kelincahan dan kecepatan dengan cara lari bolak-balik terus menerus antara dua titik penanda pada kecepatan tertentu. Latihan ini dapat bervariasi dalam tingkat intensitas, durasi, dan jarak.Ketika melakukan shuttle run, Anda perlu melakukan gerakan yang cepat dan tepat dalam mengubah arah tanpa kehilangan keseimbangan.Pada dasarnya latihan ini tidak jauh berbeda dengan lari zig zag. Hanya saja pada shuttle run, Anda berlari bolak balik di jalur lurus dan tidak perlu berbelok-belok menghindari rintangan seperti pada lari zig zag.Shuttle run termasuk pada jenis latihan SARQ, yakni sekelompok pelatihan yang dapat meningkatkan speed (kecepatan), agility (kelincahan), reactivity (reaktivitas) dan quickness (ketangkasan).Menjalankan latihan ini dapat memberikan banyak manfaat dalam berolahraga juga aktivitas sehari-hari.Baca Juga: Serba-Serbi Lari Jarak Pendek dalam Atletik

Manfaat shuttle run

Shuttle run baik untuk melatih otot kaki
Shuttle run baik untuk melatih otot kaki
Sama seperti jenis lari lainnya, shuttle run juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperit di bawah ini: 

1. Melatih lebih banyak otot

Jika dibandingkan dengan lari lurus tanpa bolak-balik, latihan shuttle run dapat melatih lebih banyak otot kaki.Dengan latihan teratur dapat membuat otot kaki terbentuk dengan baik karena sering melakukan gerakan lari yang disertai perubahan arah secara cepat.

2. Memperbaiki keseimbangan dan refleks

Gerakan yang melatih kelincahan seperti shuttle run dapat meningkatkan keseimbangan, yang merupakan kemampuan untuk mempertahankan kontrol tubuh.Latihan reaktivitas dan kecepatan dapat meningkatkan refleks alami, sehingga dapat membantu bergerak lebih cepat di hampir semua hal yang Anda lakukan sehari-hari.

3. Membakar lebih banyak kalori

Olahraga shuttle run menggunakan lebih banyak otot, ini berarti akan ada lebih banyak kalori yang dibakar selama latihan. Selain itu, shuttle run juga termasuk dalam latihan interval intensitas tinggi, yang efektif membakar lebih banyak kalori dalam waktu terbatas.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jenis latihan ini juga memungkinkan pembakaran kalori tetap berlangsung setelah latihan selesai. Kemampuan untuk membakar kalori setelah latihan selesai secara teknis dikenal sebagai excess post- exercise oxygen consumption (EPOC).Karena kalori yang dibakar lebih banyak, maka jika dilakukan secara teratur, maka akan berujung pada penurunan berat badan yang sehat.

5. Menurunkan risiko cedera

Shuttle run tidak hanya melatih otot, tapi juga meningkatkan kekuatan serta ketahanan jaringan tubuh, membuatnya menjadi lebih lentur. Ini akan menurunkan risiko cedera, terutama yang disebabkan oleh perubahan kecepatan atau perubahan arah yang terjadi dengan cepat saat bergerak.Baca Juga: Olahraga Lari: Pengertian, Sejarah, dan Nomor Pertandingan

Teknik dasar shuttle run

Teknik dasar melakukan shuttle run
Shuttle run dilakukan dengan berlari mencapai dua titik bolak-balik
Ada beberapa tipe latihan shuttle run. Untuk bisa melakukannya dengan baik, Anda memerlukan alat penanda, biasanya berupa kerucut sebanyak 2 atau 3 buah sebagai titik awal dan akhir shuttle run.Cara melakukan shuttle run dasar dengan 2 kerucut, adalah:
  1. Tempatkan dua buah kerucut dengan jarak sekitar 23 meter.
  2. Larilah dari kerucut satu ke kerucut dua, lalu segera berbalik lari kembali ke kerucut satu. Ini dihitung satu putaran.
  3. Lakukan latihan sebanyak 6 putaran untuk satu sesi.
  4. Istirahat selama 5 menit sebelum mengulangi sesi sekali lagi.
  5. Catat waktunya setiap kali latihan shuttle run untuk melihat perkembangan latihan.
Cara melakukan shuttle run tingkat lanjut dengan menggunakan 3 kerucut adalah:
  1. Atur tiga kerucut dalam satu garis lurus, terpisah dengan jarak kurang lebih 5 meter.
  2. Untuk memulai, berdirilah di titik kerucut tengah dan mulai berlari menuju kerucut kanan (jarak 5 meter)
  3. Sentuh kerucut kanan dengan bagian tangan luar.
  4. Dari kerucut kanan berbalik dengan cepat dan berlari ke kerucut kiri (jarak 10 meter)
  5. Sentuh kerucut kiri dengan bagian tangan luar.
  6. Putar kembali dan berlari menuju kerucut yang di tengah (jarak 5 meter).
Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 3 putaran. Sebaiknya kecepatan putaran berikutnya dilakukan lebih cepat dibandingkan putaran sebelumnya.Demikianlah pengertian shuttle run serta manfaatnya bagi kesehatan. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menjalani latihan apa pun. Segera hentikan latihan jika Anda merasakan ketidaknyamanan atau sakit saat melakukannya.
tips olahragaolahraga anaklari
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/build-sports-endurance-with-shuttle-runs-3120584
Diakses 2 November 2021
Ace Fitness. https://www.acefitness.org/education-and-resources/professional/expert-articles/5184/4-drills-that-will-improve-your-agility/
https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/5041/benefits-of-agility-training-for-non-athletes/
Diakses 2 November 2021
Kementrian Pendidikan dan Kebudsayaan Indonesia. http://repositori.kemdikbud.go.id/19534/1/Kelas%20XII_PJOK_KD%203.5.pdf
Diakses 2 November 2021
Pusat Pengelolaan Jurnal (PPJ) Universitas Negeri Padang. http://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/download/16/7
Diakses 2 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait