Apa Itu Self Hypnosis? Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya Terhadap Kesehatan Mental


Self hypnosis bisa meringankan stres dan gangguan lain dalam diri. Anda pun bisa melakukannya untuk membantu mengubah diri sendiri menjadi lebih baik.

(0)
17 Mar 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Self hypnosis adalah memberikan sugesti positif ke dalam alam bawah sadarPilih tempat yang tenang dalam melakukan self hypnosis
Hipnosis adalah keadaaan orang tertidur karena di bawah pengaruh orang lain yang memberikan sugesti. Anda pun bisa memberikan sugesti pada diri Anda sendiri dengan melakukan self hypnosis. Cara ini bisa menghilangkan berbagai keluhan pada diri, membuang rasa takut pada sesuatu, hingga meringankan stres.Jangan langsung berpikir ini seperti hipnotis yang membuat Anda bisa melakukan sesuatu tanpa sadar seperti yang ada di acara televisi. Melakukan hipnosis tetap harus membuka diri Anda untuk menerima berbagai sugesti. Biarpun ini dilakukan oleh diri sendiri, Anda harus mempersiapkan hati dan pikiran untuk diberikan sugesti.

Manfaat self hypnosis

Hipnosis terbilang sebuah terapi serbaguna yang mudah dilakukan dan hasilnya yang didapatkan bisa jangka panjang. Malahan, menghipnosis diri sendiri hampir tidak membutuhkan biaya. Efek sampingnya pun sangat minim karena jarang ada pikiran negatif yang hadir saat Anda sedang melakukan terapi ini.Saat melakukannya, Anda harus dalam keadaan sangat santai, tidak tegang, dan mampu menerima segala sugesti dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa memberikan sugesti untuk meringankan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh stres. Lalu, buat diri Anda untuk melakukan sesuatu yang positif.Untuk mengurangi kecemasan akan kesehatan, Anda bisa melakukan self hypnosis dengan memberikan sugesti kepada otak untuk bisa teratur berolahraga. Begitu juga untuk mengurangi situasi atau ketakutan yang membuat Anda terintimidasi setiap harinya. Masukkan pikiran-pikiran positif agar Anda lebih percaya diri dalam menghadapi masalah.Cara yang sama pun bisa digunakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Bagi para perokok yang ingin berhenti, coba saja sugesti diri untuk mulai berangsur-angsur mengurangi jumlah batang per harinya sampai akhirnya hilang sama sekali.Hipnosis membantu otak untuk mengubah ekspektasi yang dapat mengontrol tubuh. Saat melakukan hipnosis, Anda bisa memikirkan memikirkan hal-hal positif, seperti rasa sakit berkurang atau Anda tidak lagi butuh rokok. Pikiran bawah sadar akan bekerja untuk menangkap pesan tersebut dan mengulanginya berkali-kali sehingga Anda benar-benar merasakan apa yang disugestikan.

Cara melakukan self hypnosis

Anda bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun. Temukan momen yang tepat untuk memberikan sugesti positif untuk diri Anda. Coba lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk melakukan hipnosis diri:

1. Memilih tempat terbaik

Pilih sebuah tempat kondusif yang dapat membuat Anda fokus. Lakukan di dalam kamar atau ruang kerja. Tempat tanpa gangguan akan memudahkan Anda untuk lebih fokus. Lebih baiknya lagi jika Anda memilih waktu yang nyaman tanpa diburu oleh aktivitas lainnya.

2. Mengatur napas

Lakukan napas panjang perlahan secara teratur. Anda bisa menghitung untuk setiap tarikan dan hembusan napas untuk membuat Anda lebih fokus. Tarik napas panjang, tahan sebentar, lalu embuskan dengan jumlah hitungan yang sama. Anda bisa memejamkan mata untuk mendapatkan fokus yang lebih baik.

3. Bayangkan diri Anda berada di tempat yang nyaman

Tempat ternyaman menurut setiap orang pasti berbeda-beda. Untuk itu, bayangkan tempat terbaik yang bisa membuat Anda benar-benar melupakan segala hal sementara. Pilihan istana megah, pantai tanpa penghuni, atau padang rumput luas bisa jadi saran yang bagus untuk dicoba. Apa pun tempat yang Anda pilih, pastikan tempat tersebut benar-benar Anda suka dan ingin menghabiskan banyak waktu di sana.

4. Gunakan seluruh indra Anda

Jika membayangkan Anda di sebuah pantai, buat tangan dan kaki Anda benar-benar seperti menyentuh pasir. Dengarkan suara deburan ombak dan rasakan embusan angin menerpa kulit. Mainkan juga indra penciuman Anda untuk merasakan aroma yang bisa membangkitkan kenangan indah, seperti masakan orang tua atau wewangian bunga di taman.

5. Mulai masukkan sugesti dalam diri

Awali dengan kata-kata motivasi yang sudah disesuaikan dengan situasi yang dirasakan sekarang. Jika butuh motivasi, berikan sentuhan kata semisal “saya kuat”, “saya bisa melakukannya”, atau “saya mampu melewati semua ini”. Percaya dalam hati tentang kekuatan tersebut dan biarkan rangkaian kata sederhana tersebut membuat Anda tersugesti di dalamnya.Namun, hipnosis tidak selalu berhasil untuk semua orang. Ada sebagian orang yang memang sulit untuk fokus agar bisa masuk ke alam bawah sadar mereka. Jika mengalami masalah yang serupa, cobalah untuk meminta bantuan ahli atau mencoba terapi lainnya.

Efek samping self hypnosis

Layaknya melakukan meditasi, hipnosis memang lebih mengedepankan fokus dibandingkan gerakan-gerakan fisik. Anda juga tidak butuh obat-obatan untuk melakukannya. Penggunaan aromaterapi sebenarnya bisa dilakukan untuk membantu Anda lebih rileks saat melakukannya.Karena hipnosis ini hanya menggunakan kekuatan pikiran, efek samping yang ditimbulkan pun hampir tidak ada. Malahan, self hypnosis menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki keterbatasan fisik dan sulit melakukan yoga atau olahraga lainnya.Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, aktivitas self hypnosis mungkin akan berbeda pada setiap orang. Anda perlu melakukan latihan dan percobaan lebih banyak untuk bisa sampai ke tingkat keberhasilan yang diinginkan. Kadang, sebagian orang malah menyerah dan enggan mencobanya kembali saat tidak menemukan keberhasilan dalam satu atau dua kali percobaan.

Catatan dari SehatQ

Melakukan self hypnosis bisa membantu Anda menghilangkan stres, meringankan nyeri pada tubuh, serta kebiasaan buruk. Cara ini dilakukan dengan mengirimkan pesan positif kepada alam bawah sadar untuk memberikan hal nyata kepada tubuh. Bisa dibilang, self hypnosis tidak memiliki efek samping, tapi Anda mungkin butuh mencobanya berkali-kali untuk mendapatkan level keberhasilan yang diinginkan.Penasaran ingin coba melakukan self hypnosis? Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
streshipnoterapiberpikir positif
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/using-self-hypnosis-for-stress-management-3145203
Diakses pada 1 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/balance/features/self-hypnosis
Diakses pada 1 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/self-hypnosis-for-anxiety
Diakses pada 1 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait