Apa Itu Rum dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

(0)
Apa itu rum? Rum adalah jenis minuman beralkohol yang terbuat dari penyulingan sari tebu, atau dikenal pula dengan molase, yang difermentasiRum adalah jenis minuman beralkohol yang terbuat dari penyulingan sari tebu yang difermentasi
Ada berbagai minuman beralkohol yang dapat dijumpai di pasaran. Mulai dari bir, arak, wine, whisky, vodka, hingga rum. Ya, rum mungkin menjadi salah satu minuman beralkohol yang namanya bagi sebagian orang masih asing di telinga. Lantas, apa itu rum? Yuk, cari tahu lebih jauh mengenai rum hingga manfaat rum bagi kesehatan. 

Apa itu rum? 

Rum adalah jenis minuman beralkohol yang terbuat dari penyulingan sari tebu, atau dikenal pula dengan molase, yang difermentasi. Kadar alkohol yang terkandung dalam rum, yakni sebanyak 40-60 persen. Rum merupakan salah satu minuman tradisional asal Karibia yang diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Saat ini, rum sudah diproduksi secara meluas dan dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak hanya diminum secara langsung, rum juga dapat digunakan sebagai campuran dalam berbagai jenis minuman dan makanan. Misalnya, pada koktail, es krim, kue, hingga minuman atau makanan manis lainnya. 

Apa saja jenis-jenis rum?

Umumnya, rum terdiri dari berbagai jenis, tergantung dari cara pembuatannya. Namun, jenis rum yang cukup terkenal adalah rum putih dan rum hitam (gelap). Rum putih cenderung memiliki kadar alkohol yang lebih rendah dibandingkan dengan rum hitam. Selain itu, aroma, tekstur, dan cita rasanya juga lebih ringan daripada rum hitam. Apa pun jenisnya, baik rum putih atau rum hitam, sama-sama dapat digunakan sebagai campuran dalam makanan atau minuman. 

Kandungan nutrisi dalam rum

Sebanyak 100 gram rum bisa mengandung:
  • 66,6 gram air
  • 231 kkal
  • 0,12 mg zat besi
  • 2 mg kalium
  • 1 mg natrium
  • 0,07 mg zinc
  • 0,02 mg mangan
  • 0,01 mg thiamin
  • 33,4 gram etil alkohol
Rum sama sekali tidak mengandung karbohidrat maupun lemak. Energi yang terdapat dalam rum berasal dari kandungan alkoholnya. Mencermati kandungan rum tersebut, faktanya minuman beralkohol ini mampu menyuguhkan berbagai kebaikan bagi kesehatan yang tak disangka-sangka. 

Apa manfaat rum untuk kesehatan?

Setelah mengetahui apa itu rum, kini saatnya Anda mencermati manfaat rum bagi kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa manfaat rum untuk kesehatan ini mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya. Jadi, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Jika perlu, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Berikut adalah manfaat rum bagi kesehatan selengkapnya:

1. Meringankan gejala flu

Salah satu manfaat rum untuk kesehatan yang mungkin tak banyak orang tahu adalah mencegah flu. Kandungan antimikroba pada alkohol diyakini dapat memberikan efek panas pada tubuh sehingga cairan pada hidung yang menyumbat pernapasan dapat berkurang dan keluar dari hidung. 

2. Berperan sebagai zat antiseptik

Rum juga bermanfaat sebagai zat antiseptik. Anda dapat menggunakan rum untuk membersihkan luka di kulit. Kandungan antimikroba di dalam alkohol dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri pada luka tersebut. 

3. Mengurangi nyeri otot

Mengonsumsi rum dalam jumlah yang wajar dapat membantu mengurangi nyeri otot (intermittent claudication). Selain itu, rum juga membantu mencegah risiko osteoporosis karena rum dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. 

4. Menyehatkan jantung

Manfaat rum untuk kesehatan berikutnya adalah menyehatkan jantung. Mengonsumsi rum dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu mencegah penyumbatan arteri pada tubuh manusia. Rum juga dapat berperan sebagai pengencer darah sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Dengan ini, risiko serangan jantung dapat berkurang. 

5. Mencegah risiko penyakit Alzheimer dan demensia

Manfaat rum dapat mencegah risiko penyakit Alzheimer dan demensia. Namun, manfaat satu ini bisa didapatkan apabila Anda mengonsumsinya secara bijak, yakni 1 ½ ons per hari. 

6. Memperpanjang usia

Manfaat rum untuk kesehatan lainnya adalah memperpanjang usia. Mengonsumsi rum dengan takaran yang dianjurkan dipercaya dapat meningkatkan rentang hidup 2-5 tahun lebih lama. Hal ini berkat efek antiradang yang terkandung di dalam rum. Selain manfaat rum untuk kesehatan yang telah disebutkan di atas, rum juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah radang sendi (arthritis), mengurangi risiko batu empedu, mengendalikan gejala diabetes, hingga menjaga kondisi mental. 

Perhatikan porsinya saat mengonsumsi rum

Mengingat apa itu rum adalah jenis minuman beralkohol, pastikan Anda mengonsumsinya dengan bijak. Apalagi jika rum digunakan sebagai bahan campuran dalam mengolah makanan atau minuman. Pasalnya, sama seperti jenis minuman beralkohol lainnya, rum bisa saja membahayakan kesehatan Anda, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama. Beberapa risiko kesehatan yang mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi rum secara berlebihan adalah:
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Gangguan pencernaan
  • Dehidrasi
  • Kerusakan hati
  • Kerusakan sistem saraf pusat
Dengan mengenali apa itu rum dan mencermati manfaat rum, Anda menjadi tahu kebaikannya bagi kesehatan. Namun perlu diingat, pastikan Anda mengonsumsi rum dengan bijak. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa jumlah yang tepat dan wajar untuk mengonsumsi rum sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 
alkohol
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/rum.html
Diakses pada 4 Juni 2020
Food to Fitness. http://foodtofitness.com/rum-health-benefits/
Diakses pada 4 Juni 2020
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/rum/
Diakses pada 4 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait