logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Fungsi Plasma Darah yang Vital Bagi Tubuh Ternyata Beragam

open-summary

Plasma darah adalah satu dari empat komponen darah yang menyusun sekitar 55% komposisi darah. Fungsi utamanya adalah untuk membantu proses pembeukan darah hingga mengantarkan nutrisi dan hormon ke seluruh tubuh.


close-summary

18 Nov 2019

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Fungsi plasma darah adalah komponen penyusun darah yang penting bagi tubuh

Fungsi plasma darah merupakan salah satu komponen penyusun darah yang juga penting untuk tubuh

Table of Content

  • Apa itu plasma darah?
  • Fungsi plasma darah dalam tubuh manusia
  • Bagaimana cara plasma darah menjaga kesehatan tubuh?
  • Penyakit yang menyerang fungsi plasma darah

Komponen darah umumnya berkaitan dengan sel darah merah dan sel darah putih. Walaupun begitu, ada jenis komponen darah lainnya yang disebut sebagai plasma darah.

Advertisement

Apa saja fungsi serta gangguan plasma darah yang bisa terjadi dalam tubuh? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu plasma darah?

Plasma darah sebagai salah satu komponen darah
Plasma darah sebagai salah satu komponen darah

Plasma darah adalah salah satu bagian dari sistem peredaran darah manusia. Mengutip dari American Red Cross Blood, plasma darah adalah bagian cair dari darah.

Dalam anatomi tubuh manusia, ini adalah bagian cair dari darah. Plasma mencakup sekitar 55% bagian darah, serta 45% sisanya adalah sel darah merah, sel darah putih, dan juga trombosit.

Sekitar 92% komponen plasma darah adalah air yang berfungsi utnuk membantu mengisi pembuluh darah, sehingga darah dan nutrisi lainnya bergerak melalui jantung.

Lalu, dalam sel plasma ada pula 8% komponen lainnya yang terdiri dari:

  • Protein,
  • Immunoglobulin, dan
  • Elektrolit.

Saat sel darah dipisahkan dari komponen utamanya, Anda bisa melihat plasma darah menjadi cairan berwarna kuning muda.

Baca Juga

  • Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa yang Ideal? Pahami Juga Cara Merawatnya
  • Mengenal Protozoa dari Ciri-Ciri hingga Penyakit yang Disebabkannya
  • Perhatikan Sebelum Menyumbang, Ini Syarat Donor Darah di PMI

Fungsi plasma darah dalam tubuh manusia

Peran serta fungsi utama plasma darah adalah untuk membawa nutrisi, hormon, dan juga protein ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkannya.

Lalu, plasma juga membawa semua bagian darah melalui sistem peredaran darah. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi plasma darah, seperti:

1. Membuang limbah

Salah satu fungsi plasma darah adalah membawa limbah sisa metabolisme atau zat beracun di dalam tubuh. Awalnya, plasma menerima zat limbah. Kemudian, limbah ini akan diangkut ke organ tubuh lainnya, seperti ginjal atau hati, untuk dikeluarkan.

2. Menjaga suhu tubuh

Plasma darah juga berfungsi untuk melepaskan atau menyerap panas yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Dengan begitu, suhu tubuh pun dapat terjaga sebagaimana mestinya.

3. Mendistribusikan nutrisi dan hormon

Fungsi plasma darah lainnya adalah untuk membawa berbagai zat seperti nutrisi, protein, dan hormon ke berbagai sel di tubuh.

Hormon tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan otot dan tulang sekaligus membantu proses pembekuan darah.

4. Menjaga keseimbangan cairan

Plasma darah mempunyai kandungan dua protein yang sangat penting. Salah satunya adalah albumin yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan.

Ini disebut sebagai tekanan onkotik dalam darah. Tekanan ini menjaga agar cairan tidak bocor dan mencegah pembengkakan pada area yang rentan.

Sebagai contoh, orang dengan kadar albumin rendah mungkin mengalami pembengkakan di tangan, kaki, dan juga perut.

5. Proses pembekuan darah

Ada bagian plasma darah yang berperan dalam proses pembekuan darah, yaitu fibrinogen. Ini adalah salah satu kandungan protein penting lainnya dalam plasma.

Fibrinogen pada plasma darah berfungsi untuk meredakan perdarahan aktif, sehingga menjadi bagian penting dalam proses pembekuan darah.

Jika seseorang kehilangan banyak darah, maka ia juga akan kehilangan plasma dan fibrinogen. Hal ini akan membuat darah semakin sulit untuk membeku serta perdarahan lanjutan.

6. Melawan infeksi

Berikutnya, ini adalah fungsi yang hampir sama dengan komponen sel darah putih, yaitu menjaga pertahahanan tubuh.

Plasma darah mempunyai kandungan immunoglobulin dengan jenis gamma globulin.Ini adalah kandungan yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi, seperti bakteri dan virus.

7. Menjaga keseimbangan asam basa

Ada pula kandungan elektrolit di dalam plasma darah yang mempunyai peranan penting dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan elektrolit, mungkin saja bisa terjadi gejala, seperti:

  • Kelemahan otot,
  • Kejang, atau
  • Irama jantung yang tidak biasa.

Beberpa amacam elektrolit dalam plasma adalah natrium, kalium, magnesium, dan juga kalsium.

Bagaimana cara plasma darah menjaga kesehatan tubuh?

Faktanya, plasma memiliki bagian penting untuk perawatan berbagai macam masalah kesehatan. Maka dari itu, tidak heran jika ada jenis donor plasma darah.

Tak hanya air, garam, dan enzim, plasma juga mengandung komponen penting termasuk antibodi. Saat mendonorkan darah, petugas donor dapat memisahkan bagian dari plasma darah.

Lalu, bagian tersebut akan melalui proses konsentrasi menjadi sebuah produk khusus. Produk ini digunakan sebagai perawatan, seperti luka bakar, syok, trauma, dan keadaan darurat medis lainnya.

1. Protein dan antibodi dalam plasma darah

Kedua kandungan ini berfungsi untuk membantu terapi kondisi kesehatan yang kronis dan juga langka. Sebagai contoh, gangguan autoimun dan hemofilia.

Apabila melakukan perawatan yang tepat dan rutin, pasien dengan kondisi kesehatan tersebut dapat hidup lama serta menjalani aktivitas produktif.

2. Terapi plasma konvalesen

Ini adalah salah satu terapi menggunakan darah dari orang yang telah sembuh dari suatu penyakit untuk membantu orang lainnya pulih. Sebagai contoh, COVID-19.

Alasannya adalah karena terapi plasma konvalesen dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan gejala dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan virus.

Dengan catatan, terapi plasma darah ini diberikan pada pasien COVID-19 saat masih gejala awal atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyakit yang menyerang fungsi plasma darah

Kelainan darah juga bisa terjadi pada komponen plasma darah. Ini terjadi karena adanya kondisi atau gangguan yang dapat merusak formasi darah.

Berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan yang memengaruhi fungsi plasma darah, seperti:

1. Multiple myeloma

Seperti yang Anda ketahui bahwa sel plasma sehat dapat membantu Anda melawan infeksi dengan membuat antibodi. Namun, dalam multiple myeloma, sel plasma kanker menumpuk di sumsum tulang dan mengeluarkan sel darah yang sehat.

Plasma darah bukannya menghasilkan antibodi untuk melawan penyakit, tetapi malah membuat protein abnormal yang dapat menyebabkan komplikasi.

2. Amyloidosis

Amiloidosis tergolong penyakit langka yang terjadi ketika protein abnormal, yaitu amiloid menumpuk di organ tubuh. Ini bisa membuat fungsi organ tergnggu.

Amiloid biasanya tidak ditemukan dalam tubuhm tetapi terbentuk dari beberapa jenis protein plasma yang berbeda. Biasanya, organ yang terkena adalah jantung, ginjal, hati, sistem saraf, dan saluran pencernaan.

Umumnya, penyakit sel plasma darah adalah jenis kanker darah saat sel plasma menjadi ganas. Ini juga bisa mengakibatkan kerusakan tulang, ginjal, jantung, sumsum tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Ingin berdiskusi lebih lanjut seputar fungsi plasma darah? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

pembekuan darahdarahperedaran darahkelainan darahfungsi organanatomi manusia

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved