Mengenal apa itu passion penting untuk membuat tujuan hidup Anda
Sebuah kutipan mengenai passion

Orang bilang melakukan pekerjaan dengan passion akan mendatangkan hasil yang maksimal. Namun, tahukah Anda apa itu passion yang dimaksud di sini?

Passion didefinisikan sebagai kecenderungan atau keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang ia suka atau dianggap penting untuk dilakukan. Dalam bahasa yang lebih sederhana, passion berarti kondisi ketika motivasi kuat bertemu dengan emosi yang sama kuatnya.

Beberapa orang menganggap passion hanya bersifat jangka pendek, misalnya ketika Anda mengalami ketertarikan seksual pada orang lain. Namun, ada pula orang yang menjadikan passion sebagai dorongan positif dalam kehidupan jangka panjang yang kemudian akan membawanya pada kesuksesan.

Dua tipe passion

Dalam ilmu psikologi, Professor J. Vallerand mengemukakan bahwa passion terbagi ke dalam dua tipe, yakni passion harmoni dan passion obsesi. Keduanya berbeda dari segi efek yang dihasilkan pada individu yang bersangkutan.

1. Passion harmoni

Passion harmoni adalah tipe passion yang positif. Pasalnya, seseorang melakukan sesuatu atas dasar kesenangan, kecintaan, serta seirama dengan kecintaan Anda akan sesuatu, misalnya saat Anda dapat menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan.

Dengan passion harmoni, Anda akan lebih bahagia karena tidak ada konflik antara aktivitas dengan nilai-nilai pribadi yang Anda anut. Efeknya, langkah yang Anda ambil lebih terorganisir, memiliki tujuan yang jelas, serta hasil pekerjaan Anda akan lebih teratur dan bisa dievaluasi dengan kepala dingin.

2. Passion obsesi

Apa itu passion obsesi? Passion ini merupakan dorongan yang dijadikan sebagai landasan beraktivitas adalah faktor eksternal, misalnya kewajiban untuk mendapatkan gaji tinggi demi menafkahi keluarga.

Dalam bentuk passion ini, Anda akan akan dipaksa untuk menjalani aktivitas tersebut, sekalipun tidak sesuai dengan nilai-nilai pribadi. Efeknya, Anda akan seperti robot karena tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol hasil akhir dan hasil tersebut mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang cenderung memiliki passion obsesi jarang bersikap lembut ketika dihadapkan pada masalah atau tantangan dalam hidupnya. Orang seperti ini juga kerap ditandai dengan sikap intoleran terhadap hal-hal yang bertentangan dengan passion obsesinya.

Manfaat hidup dengan passion

Memiliki passion, baik harmoni maupun obsesi, sangat penting untuk membuat Anda bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Vallerand bahkan menyebut bahwa passion adalah percikan yang membuat kehidupan masih layak diperjuangkan.

Dengan passion, Anda tidak akan mudah menyerah serta akan mencari berbagai cara untuk mengatasi rintangan yang menghalangi passion Anda tersebut. Inilah yang mendasari seseorang terus mau berkorban demi passion yang ia miliki, baik itu untuk menyenangkan diri sendiri maupun demi menghidupi orang lain.

Orang yang bekerja dengan passion dan sukses biasanya memiliki jargon ‘jadikan passion Anda sebagai pekerjaan, maka Anda tidak perlu bekerja selamanya’. Meski hal tersebut ada benarnya, namun banyak faktor yang berperan dalam karier yang cemerlang, misalnya kerja keras.

Bagaimana cara menemukan passion Anda?

Setelah mengetahui apa itu passion, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menemukannya? Berikut beberapa tips bagi Anda untuk menemukan passion:

  • Pikirkan hal yang paling membuat Anda bahagia
  • Pikirkan aktivitas yang paling Anda sukai, termasuk hal-hal yang senang Anda bicarakan
  • Tuliskan sifat yang menjadi kelebihan dan kekuatan Anda
  • Tanya kepada diri Anda sendiri mengenai impian atau cita-cita masa kecil
  • Pikirkan hal-hal yang memengaruhi pengambilan keputusan yang Anda lakukan
  • Bayangkan pekerjaan yang kini Anda jalani dan tanyakan kepada diri sendiri “apakah saya bersemangat saat melakukan pekerjaan tersebut? Apakah pekerjaan itu membuat Anda bahagia?”

Jangan berpikir terlalu keras saat melakukan tips di atas. Biasanya, jawaban pertama yang terpikirkan di benak Anda itulah yang menjadi passion Anda saat ini.

Ketika sudah menemukan jawabannya, Anda harus kembali lagi pada konsep apa itu passion. Pekerjaan dengan passion adalah yang membuat Anda bahagia, bukan yang terlihat ‘wah’ di mata orang lain atau memberikan pendapatan paling banyak.

Saat bekerja dengan passion, Anda bukannya akan selalu ceria saat menjalani hari. Hanya saja ketika Anda dihadapkan pasa masa-masa kelam, Anda tidak akan mudah menyerah dan berusaha mencari jalan keluar yang terbaik.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/passion-101/201705/passion-101-0
Diakses pada 8 Mei 2020

Psychilogy Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-empowerment-diary/201706/whats-your-passion
Diakses pada 8 Mei 2020

Self Compasion. https://self-compassion.org/wp-content/uploads/2016/06/Schellenberg_etal_2016.pdf
Diakses pada 8 Mei 2020

Psych Central. https://psychcentral.com/blog/why-follow-your-passion-isnt-the-best-career-advice-after-all/
Diakses pada 8 Mei 2020

Artikel Terkait