Apa itu Maltosa? Ini Pengertian dan Asupan Harian yang Direkomendasikan


Maltosa adalah jenis gula sederhana disakarida yang terdiri dari dua molekul glukosa. Selain maltosa, gula sederhana disakarida lainnya adalah sukrosa dan laktosa.

0,0
24 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Maltosa adalah jenis gula disakarida selain sukrosa dan laktosaMaltosa adalah jenis gula disakarida yang sering digunakan sebagai pemanis buatan
Fruktosa, sukrosa dan maltosa adalah jenis-jenis gula yang dapat ditemukan pada makanan. Di antara ketiganya, mungkin gula maltosa merupakan jenis gula yang kurang populer dibanding dua lainnya.
Untuk mengenali jenis makanan mengandung maltosa cukup mudah. Anda bisa memeriksa tabel produk makanan. Jika terdapat kata “malt” maka itu berarti Anda tengah mengonsumsi makanan mengandung maltosa.

Apa itu maltosa?

Gambar maltosa dan susunan kimianya C12H22O11
Maltosa adalah jenis gula dalam kelompok disakarida
Maltose atau maltosa adalah salah satu jenis gula yang termasuk dalam kelompok disakarida. Gula disakarida terdiri dari dua molekul glukosa dan termasuk dalam kelompok karbohidrat sederhana atau simple carbohydrate. Selain maltosa, gula sederhana disakarida lainnya adalah:
  • Sukrosa: ini adalah jenis pemanis alami dari tebu yang kita kenal sebagai gula meja, gula pasir atau gula putih. Sukrosa terbentuk dari gabungan molekul glukosa dan fruktosa.
  • Laktosa: ini dikenal juga sebagai gula susu dan terbentuk dari molekul glukosa dan galaktosa.
Maltosa tidak bisa ditemukan dalam jumlah banyak secara alami dari makanan. Namun, saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung pati seperti kentang, nasi putih, atau roti tawar, tubuh akan memecah kandungan karbohidrat di makanan tersebut menjadi maltosa.Selain disakarida, jenis gula sederhana lainnya adalah monosakarida yang dapat dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu glukosa, fruktosa dan galaktosa. Gula tersebut masuk ke dalam kelompok monosakarida karena hanya memiiki satu molekul saja.Semakin sedikit jumlah molekul gula, maka tubuh akan semakin mudah dan cepat untuk menyerapnya. Dari jenis gula yang ada pada disakarida dan monosakarida, hanya fruktosa yang lebih sulit untuk diserap tubuh.Maka dari itu, untuk menjaga kadar gula dalam darah, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang merupakan sumber karbohidrat sederhana, seperti gula pasir, nasi, roti tawar, kue, maupun makanan manis lainnya.Sebaliknya, karbohidrat kompleks yang terdiri dari tiga atau lebih molekul gula, membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap, sehingga bisa membuat kadar gula darah lebih stabil. Contoh karbohidrat kompleks misalnya oatmeal, gandum utuh, brown rice, dan quinoa.Baca Juga: Arti Sukrosa dan Bedanya dengan Fruktosa dan Glukosa

Produk yang mengandung maltosa

Minuman manis yang sering mengandung maltosa
Maltosa sering digunakan dalam minuman kemasan manis
Maltosa biasanya digunakan sebagai pemanis tambahan di berbagai makanan dan minuman kemasan. Anda juga bisa menemukan gula ini dalam bentuk sirup maltosa yang digunakan untuk menggantikan gula pada berbagai makanan.Beberapa sumber makanan paling umum dari maltosa adalah:
  • Biji-bijian dan sereal seperti: gandum, jagung, barley dan rye serta produk turunannya seperti tepung, roti, biskuit atau sereal sarapan pagi
  • Maltosa juga ditemukan dalam molase, yang merupakan produk manis yang memberikan rasa berbeda pada makanan yang dipanggang
  • Buah-buahan seperti persik dan pir
  • Permen
  • Sirup
  • Madu
Kandungan gula maltosa pada beberapa makanan juga dapat meningkat melalui proses memasak. Misanya saja ubi jalar yang pada kondisi mentah sebenarnya tidak mengandung maltosa. Namun, setelah dimasak, ubi jalar dapat mengandung maltosa dalam jumlah bervariasi.

Asupan harian maltosa yang dianjurkan

Saat ini tidak ada rekomendasi khusus asupan harian maltosa yang dianjurkan. Namun secara umum, Anda harus membatasi asupan gula tambahan yang telah dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

• Rekomendasi asupan harian karbohidrat

Asupan karbohidrat harian direkomendasikan sebanyak 45% hingga 65% dari total kalori harian. Ini termasuk 14 gram serat makanan per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Serat makanan adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna tetapi bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan keseluruhan tubuh.

• Rekomendasi asupan harian untuk gula tambahan

Anda sebenarnya lebih dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gula harian dari sumber gula alami dari karbohidrat atau buah-buahan. Namun pada praktiknya, hal ini tentu sulit untuk dicapai.Kalau Anda memang harus menggunakan gula tambahan pada makanan atau minuman, batas maksimal konsumsi gula yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  • Untuk wanita: tidak lebih dari 25g gula tambahan(6 sendok teh atau 100 kalori) per hari.
  • Untuk pria: tidak lebih dari 36g gula tambahan (9 sendok teh atau 150 kalori) per hari.
    Apakah maltosa lebih sehat dari gula biasa?
Maltosa dan sukrosa (gula biasa) sama-sama jenis disakarida. Namun maltosa hanya mengandung glukosa, sementara sukrosa mengandung glukosa dan fruktosa. Glukosa dan fruktosa dimetabolisme oleh tubuh dengan cara yang berbeda.Fruktosa telah lama dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya. Bahkan, diet tinggi fruktosa dapat menyebabkan lebih cepat terjadinya obesitas, resistensi insulin dan diabetes.Oleh karena itu, sukrosa yang mengandung fruktosa tampaknya berpotensi memberikan dampak lebih buruk bagi kesehatan jika dibandingkan maltosa yang hanya mengandung glukosa. Meskipun demikian, belum ada penelitian mengenai dampak kesehatan jika asupan sukrosa diganti sepenuhnya dengan maltosa.Perlu diingat bahwa kandungan fruktosa alami pada buah tidaklah berbahaya. Buah merupakan makanan bernutrisi tinggi, dan jarang terjadi seseorang kelebihan gula jika hanya mendapat asupan fruktosa dari buah.Walaupun terdapat kemungkinan maltosa adalah jenis gula yang lebih sehat dibandingkan sukrosa, namun sebaiknya utamakan asupan energi dari gula alami seperti buah-buahan. Untuk menjaga kesehatan, batasi asupan gula tambahan dalam jenis apa pun dan imbangi dengan asupan nutrisi lainnya.
diabetesmakanan tidak sehatgula darah
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/maltose
Diakses 8 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/simple-sugars#definition
Diakses 8 November 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/521794-common-food-sources-of-maltose/
Diakses 8 November 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/294565-difference-between-maltose-sucrose/
Diakses 8 November 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15416-carbohydrates
Diakses 8 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait