Apa Itu Kimchi dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

(0)
Kenali apa itu kimchi dan manfaatnya bagi kesehatanKimchi terbuat dari bebrapa jenis sayur, yaitu sawi putih, timun, kol, serta lobak
Bagi para penggemar drama dan kebudayaan Korea, tentu tahu kimchi. Kimchi menjadi salah satu makanan asal Korea yang sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Di tiap restoran Korea, kimchi merupakan menu pelengkap yang wajib ada. Tapi sebenarnya apa itu kimchi dan apa manfaat kimchi untuk kesehatan?

Apa itu kimchi? 

Kimchi adalah makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar. Sayur yang paling populer sebagai kimchi adalah sawi putih, tapi kimchi juga bisa diolah dari lobak maupun mentimunSetelah dicuci dan dikeringkan, sayuran tersebut dicampur dengan berbagai bumbu masak. Contohnya, bawang putih, bawang bombay, garam, bubuk cabai, cuka, minyak jagung, jahe, dan bumbu lainnya. Karena itu, kombinasi rasanya mayoritas menjadi asin dan pedas. Selain dinikmati secara langsung, kimchi kerap dijadikan sebagai bumbu tambahan pada hidangan lain. Misalnya, nasi goreng kimchi, mie kimchi, atau sup kimchi.Makanan khas Korea ini bahkan sudah dijadikan sebagai isian atau topping makanan populer. Contohnya, panekuk, pizza, atau burger.  

Kandungan gizi kimchi

Satu porsi kimchi sebanyak 100 gram bisa mengandung:
  • 17 kalori.
  • 7 gram karbohidrat.
  • 3 gram serat
  • 3,88 gram gula
  • 39 mg kalsium
  • 485 mg sodium
  • 11,7 mg vitamin C
  • 728 IU vitamin A
Kimchi tergolong sebagai salah satu jenis makanan yang rendah kalori. Tak hanya itu, sajian ini juga sama sekali tidak mengandung protein maupun lemak.Mencermati kandungan kimchi yang tampak menjanjikan tersebut, tak heran bila ada berbagai manfaat kimchi bagi kesehatan yang tak terduga. 

Apa saja manfaat kimchi untuk kesehatan?

Setelah mengetahui apa itu kimchi, saatnya Anda mencermati manfaat kimchi bagi kesehatan. Kimchi dianggap sebagai salah satu makanan yang aman dikonsumsi. Kenapa?Pasalnya, kuman, bakteri, atau kontaminasi yang mungkin terjadi akan hilang selama proses fermentasi sayuran ini. Karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk menyantap kimchi demi mendapatkan manfaat kimchi di bawah ini:

1. Sebagai makanan probiotik

Proses fermentasi dalam pengolahan kimchi membuatnya menghasilkan bakteri asam laktat bernama Lactobacillus kimchii. Karena itu, kimchi dinobatkan sebagai makanan probiotik dengan manfaat yang sejajar dengan yoghurt.

2. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat kimchi adalah melancarkan pencernaan. Makan kimchi secara rutin akan membuat tubuh Anda mendapatkan asupan probiotik.Probiotik sangat bagus untuk mengembalikan keseimbangan mikroba dalam usus. Dengan ini, fungsi usus bisa semakin baik. Asupan probiotik juga dapat berperan dalam meminimalisir gejala irritable bowel syndrome (IBS). Gangguan pencernaan kronis ini menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut, perut kembung, serta sembelit atau diare

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang diyakini dapat melindungi dan membentengi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.Vitamin ini juga membantu tubuh dalam memproduksi sejumlah protein, termasuk kolagen yang dibutuhkan agar kulit tetap kenyal dan lentur. Di samping kolagen, protein lain juga berperan penting dalam membentuk sekaligus menjaga ligamen, tendon, dan pembuluh darah Anda.Karena mengandung banyak vitamin C, inilah yang menjadi manfaat kimchi untuk kesehatan lainnya. 

4. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A dibutuhkan untuk mencegah terjadinya gangguan mata. Salah satunya adalah degenerasi makula akibat penuaan. Berkat tinggi vitamin A, manfaat kimchi mampu membantu dalam menjaga kesehatan organ penglihatan Anda. Asupan vitamin A yang direkomendasikan setiap hari adalah 700-900 mikrogram untuk pria dan wanita berusia di atas 14 tahun. Sementara wanita menyusui dianjurkan untuk mendapatkan vitamin A kira-kira 1.200-1.300 mikrogram per hari.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan bawang putih dalam kimchi, seperti allicin dan selenium, dapat menurunkan kolesterol dan juga secara tidak langsung dapat mengurangi atau mencegah risiko stroke.

6. Menurunkan berat badan

Beberapa orang ada mengandalkan manfaat kimchi sebagai menu diet yang efektif. Hal ini tak mengherankan karena kimchi mengandung banyak seratManfaat kimchi tersebut diperkuat dalam suatu studi yang membuktikan bahwa rutin memakan kimchi dapat menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan lingkar pinggang. 

7. Menurunkan risiko kanker

Sama seperti vitamin C, vitamin A juga termasuk sebagai antioksidan. Mengingat radikal bebas bisa meningkatkan risiko kanker, mengonsumsi kimchi yang kaya vitamin A juga berkhasiat dalam menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa fermentasi sawi putih berpotensi dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Luar biasa, bukan? Inilah yang menjadi manfaat kimchi lainnya. Untuk mendapatkan manfaat kimchi di atas, Anda bisa membeli maupun mengolah kimchi sendiri di rumah.

Resep kimchi ala Korea di rumah

Setelah mengetahui manfaat kimchi untuk kesehatan, kini saatnya mencoba resep kimchi ala Korea. Ada berbagai inovasi kimchi yang dibuat dari sayuran lain atau dengan menambahkan bahan lain. Kendati demikian, kimchi tradisional tetap menjadi favorit para penggemar makanan Korea. Mengolah kimchi sebenarnya tidaklah sulit. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimanakah caranya?

Bahan utama:

  • 2,5 kg sawi putih.
  • 2 buah lobak putih ukuran besar.
  • 1 buah wortel ukuran besar.
  • 1 buah daun bawang.
  • ½ cangkir garam laut.

Bahan bumbu pasta cabai:

  • 1 buah bawang bombay.
  • 5 siung bawang putih.
  • 1 sendok teh (sdt) gula pasir.
  • 1 sdt jahe, yang sudah diparut.
  • 5 sendok makan (sdm) bubuk cabai (gochugaru).
  • 1 sdm udang kering (ebi).
  • 1 sdm saus tiram.
  • 2 sdm tepung terigu.
  • ½ cangkir minyak ikan.
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong 1 bonggol sawi empat bagian, potong memanjang.
  2. Cuci sawi hingga bersih, lalu tiriskan
  3. Taburkan garam di setiap sela daun sawi. 
  4. Diamkan sawi yang sudah ditaburi garam selama dua jam. Agar lebih merata, balik sawi agar lembaran yang bawah berada di atas. 
Sambil menunggu, Anda bisa membuat bumbu kimchi dengan cara berikut:
  1. Siapkan sebuah mangkuk besar.
  2. Campurkan gula pasir, jahe parut, bawang bombay dan bawang putih cincang, bubuk cabai, udang kering, saus tiram, dan minyak ikan ke dalam mangkuk. Lalu larutkan dengan air secukupnya. 
  3. Tambahkan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air, dan aduk merata hingga menjadi pasta.
  4. Siapkan sebuah baskom bersih.
  5. Masukkan sawi dan seluruh sayur tambahan yang sudah dipotong kecil-kecil seperti batang korek api.
  6. Masukkan bumbu yang sudah dicampur dengan mengoleskannya ke setiap sayuran secara merata hingga sayur tampak kemerahan. 
  7. Diamkan sayuran yang telah dibumbui selama satu hari pada suhu ruangan.
  8. Lalu simpan dalam lemari es selama tiga hingga lima hari. 
  9. Kimchi pun siap dihidangkan menjadi pelengkap makanan Anda. 
Dengan mengenali apa itu kimchi dan mencermati manfaat kimchi, Anda menjadi tahu kebaikannya bagi kesehatan. Anda juga bisa mencoba membuat kimchi ala rumahan agar lebih sehat. Selamat mencoba!
makanan sehatdiet sehatseratantioksidanbuah dan sayuranmanfaat probiotik
Health. https://www.health.com/health/article/0,,20410300,00.html
Diakses pada 1 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24456350
Diakses pada 1 November 2019
NCBI.https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8011144
Diakses pada 1 November 2019
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/food-science/kimchi
Diakses pada 1 November 2019
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/478382-health-benefits-of-kimchi/
Diakses pada 1 November 2019
Healthy But Smart. https://healthybutsmart.com/kimchi-health-benefits
Diakses pada 1 November 2019
MNN. https://www.mnn.com/food/recipes/stories/how-to-make-kimchi-in-5-easy-steps
Diakses pada 1 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait