Apa itu Katup Jantung dan Fungsinya?

(0)
10 Dec 2019|Anita Djie
Katup jantung adalah bagian penting dari jantungKatup jantung memiliki peran dalam pemompaan darah ke seluruh tubuh
Katup jantung adalah bagian yang ada di tiap serambi jantung dan fungsinya memberikan akses aliran darah kepada bagian jantung tertentu dan menghalangi agar aliran darah masuk kembali ke dalam ruang jantung sebelumnya.Secara garis besar, ada empat jenis katup jantung, yaitu katup aorta, katup mitral, katup trikuspid, katup pulmonal. Masing-masingnya memiliki peran penting untuk menjaga kerja organ vital ini agar bisa tetap berjalan baik.

Apa itu katup jantung?

Dibandingkan dengan bentuknya yang sekitar sekepalan tangan pemiliknya, tugas jantung terbilang luar biasa. Organ kecil ini bertugas memompa darah ke seluruh organ tubuh yang membuat organ dan bagian tubuh lainnya dapat berjalan dengan baik.Di balik bentuknya yang sederhana, ternyata jantung memiliki bagian-bagian yang punya fungsi khusus. Bagian tersebut sering dikenal dengan katup jantung. Berikut ini jenis-jenis katup yang ada di jantung kita.
  • Katup mitral

Katup jantung mitral terletak di antara atrium atau ruang serambi kiri jantung dan ventrikel atau ruang bilik kiri jantung.Katup ini berperan untuk menutup serambi kiri dan mencegah darah masuk kembali ke dalamnya saat pengumpulan darah yang kaya oksigen dari paru-paru. Setelahnya, katup jantung mitral akan terbuka untuk mengalirkan darah ke bagian bilik kiri jantung.
  • Katup aorta

Katup aorta berlokasi di antara bilik kiri dan pembuluh darah aorta yang merupakan pembuluh darah paling besar dalam tubuh.Katup jantung aorta berguna untuk menutup bilik kiri saat darah yang tinggi oksigen dikeluarkan dari jantung ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah aorta.
  • Katup trikuspid

Bila katup jantung mitral berada di antara serambi kanan dan bilik kanan, maka katup jantung trikuspid berlokasi di antara serambi kanan dan bilik kanan.Fungsi katup jantung trikuspid adalah untuk mencegah darah masuk ke dalam serambi kanan dan memberikan akses kepada darah untuk masuk ke dalam bilik kanan.
  • Katup pulmonalis

Katup jantung pulmonalis terletak di antara bilik kanan dan pembuluh arteri pulmonalis. Katup jantung pulmonalis menghalangi akses darah untuk masuk ke bilik kanan dan mengeluarkan darah dari bilik kanan ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis.

Bagaimana cara kerja katup jantung?

Sekilas cara kerja katup jantung terdengar sangat rumit, tetapi bila sudah memahami jalannya aliran darah, Anda akan menyadari adanya pola yang membentuk cara kerja katup jantung. Beginilah proses kerja dari katup jantung:

1. Terbukanya katup jantung trikuspid dan mitral

Pada awalnya aliran darah dari tubuh akan memasuki serambi kanan dan menuju ke bilik kanan melalui katup jantung trikuspid yang terbuka.Di waktu yang sama aliran darah yang kaya oksigen dari serambi kiri juga akan masuk ke dalam bilik kiri melalui katup jantung mitral yang terbuka.

2. Katup jantung trikuspid dan mitral yang tertutup

Saat bilik kanan dan kiri sudah penuh, katup jantung trikuspid dan mitral dan akan tertutup untuk mencegah masuknya darah ke dalam serambi kanan dan kiri ketika terjadi kontraksi otot pada ruang bilik jantung.3

3. Terbukanya katup jantung pulmonalis dan aorta

Ketika ruang bilik jantung berkontraksi, katup jantung pulmonalis dan aorta akan terbuka.Aliran darah dari bilik kanan akan memasuki pembuluh darah pulmonalis saat katup jantung pulmonalis terbuka dan aliran darah dari bilik kiri akan masuk ke dalam pembuluh darah aorta saat katup jantung aorta terbuka.

4. Katup jantung pulmonalis dan aorta menutup

Saat otot ruang bilik jantung melemas, katup jantung pulmonalis dan aorta akan menutup untuk mencegah aliran darah masuk kembali ke bilik kanan dan kiri jantung.Dari pembuluh darah pulmonalis, darah akan menuju ke organ paru-paru, sedangkan dari aliran darah dari pembuluh darah aorta akan beredar ke seluruh tubuh. Nantinya, aliran darah akan kembali ke jantung melalui tahapan awal sebelumnya.

Apa saja masalah yang bisa terjadi pada katup jantung?

Setiap organ tubuh manusia tentunya berpotensi untuk mengalami masalah, katup jantung Anda juga dapat mengalami gangguan. Saat terjadi masalah di katup jantung, katup jantung bisa menjadi kurang fleksibel atau tidak mampu terbuka dan tertutup dengan semestinya.
  • Stenosis

Stenosis merupakan kondisi saat katup jantung menjadi kaku dan tidak bisa terbuka dengan semestinya. Gangguan ini membuat jantung perlu untuk memompa secara ekstra untuk mendorong aliran darah bisa memasuki jalur kecil yang disediakan oleh katup jantung.Masalah jantung stenosis membuat jantung memompa darah secara tidak normal serta menimbulkan perubahan struktur dan fungsi pada ruang jantung.
  • Atresia

Atresia adalah masalah perkembangan pada katup jantung yang muncul saat masih kanak-kanak. Kondisi ini mencegah darah masuk dari serambi ke bilik atau dari bilik ke pembuluh darah.Hal ini menyebabkan aliran darah perlu mencari rute lain untuk bisa mencapai tujuannya. Umumnya gangguan atresia sudah ada sejak lahir.
  • Katup bocor

Katup bocor merupakan lawan dari stenosis. Masalah katup bocor terletak pada saat tertutupnya katup jantung.Pada penderita katup bocor, katup jantung tidak dapat menutup dengan sempurna dan menyebabkan aliran darah masuk kembali ke ruang jantung sebelumnya.Masuknya kembali aliran darah membuat jantung harus bekerja ekstra untuk memompa kembali darah yang masuk kembali.Serupa dengan stenosis, gangguan ini dapat membuat jantung memompa darah secara tidak normal dan memicu perubahan struktur dan fungsi ruang jantung.Selalu konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami masalah dengan jantung Anda, seperti sesak napas, detak jantung menjadi cepat, dan sebagainya. Pemeriksaan dan penanganan yang tepat akan mencegah komplikasi yang lebih parah.
sakit jantungpenyakit jantungkatup jantung
American Heart Association. heart.org/en/health-topics/heart-valve-problems-and-disease/about-heart-valves/roles-of-your-four-heart-valves
Diakses pada 9 Desember 2019
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17067-heart-valves
Diakses pada 9 Desember 2019
Stanford Children’s Health. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anatomyandfunctionoftheheartvalves-90-P03059
Diakses pada 9 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait