Banyak Diterapkan dalam Dunia Kecantikan, Apa itu Double Cleansing?

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah, dengan dua langkah
Langkah kedua dalam double cleansing, Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Bagian sebagian orang, makeup sudah menjadi kebutuhan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Entah untuk menghadiri acara penting, atau sekadar jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, mengaplikasikan foundation atau memakai maskara, telah menjadi ritual banyak orang.

Satu hal yang harus dilakukan, setelah bepergian menggunakan makeup, adalah membersihkannya. Bagi bagi banyak orang, membersihkan muka setelah menggunakan makeup, tak cukup sekali saja. Agar wajah bebas dari sisa makeup, metode double cleansing pun diterapkan banyak orang.

Sebenarnya, apa itu double cleansing?

Apa itu double cleansing?

Sesuai namanya, double cleansing adalah metode untuk membersihkan wajah dengan dua langkah. Langkah pertama yakni menggunakan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak. Sementara itu, pada langkah kedua, Anda membersihkan wajah dengan sabun cuci muka biasa.

Langkah pertama bertujuan untuk mengangkat sisa kosmetik. Sementara itu, langkah kedua dilakukan untuk membersihkan pori-pori kulit, mengatasi noda, menghilangkan residu makeup, serta mengangkat sel kulit mati.

Bagaimana menerapkan double cleansing?

Satu produk skin care tertentu belum tentu cocok bagi semua orang. Sebab, jenis kulit antara satu individu, dengan individu lain, akan memberikan respons berbeda terhadap produk yang digunakan.

Oleh karena itu, pilihlah produk pembersih wajah bebas sulfat, yang lembut di kulit. Produk pembersih wajah yang lembut, membuat kulit Anda terlihat dan terasa lebih sehat serta halus.

Selanjutnya, lakukan proses double cleansing, melalui langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah pertama double cleansing

Untuk prosedur pertama dalam double cleansing, Anda sebenarnya tak memerlukan produk pembersih wajah yang mahal. Yang terpenting, pembersih wajah ini mengangkat sisa kosmetik dan tabir surya, yang seringkali bersifat tahan air. Dua jenis produ, yang disarankan dalam tahap pertama double cleansing, yaitu pembersih wajah yang berbahan minyak, serta micellar water.

  • Pembersih wajah berbahan minyak

Menurut pakar kecantikan kulit, penggunaan minyak dalam melakukan double cleansing, bukannya tanpa alasan. Minyak juga menarik minyak, sehingga akan menarik sebum berlebih dan kotoran, tanpa merusak kulit dan pelindung kulit.

Pembersih wajah berbahan minyak juga nyaman digunakan. Anda cukup memijatkan sedikit ke kulit, lalu bilas hingga bersih dengan air. Jika masih ada sisa makeup di wajah, Anda dapat menggunakan kain flannel bersih, untuk menyekanya.

  • Micellar water

Sementara itu, untuk kulit berminyak, Anda bisa menghapus sisa makeup pada langkah pertama, dengan menggunakan micellar water. Micellar water adalah kombinasi air murni dan bahan-bahan yang menghidrasi kulit, seperti gliserin, serta molekul yang disebut misel.

Misel dalam micellar water dapat menarik kotoran dan minyak. Sehingga, ketika Anda mengaplikasikan micellar water ke kulit wajah dan menyekanya, kotoran akan terangkat. Produk ini pun membantu kulit tetap lembap.

2. Langkah kedua double cleansing

Pada prosedur kedua dalam menerapkan double cleansing, Anda dapat memilih pembersih wajah yang sesuai dengan masalah kulit, yang tengah Anda hadapi.

Misalnya, jika terdapat jerawat pada wajah maupun kulit yang cenderung bermasalah, Anda dapat menggunakan produk sabun muka dengan bahan aktif seperti asam salisilat, asam glikolat, atau niacinamide. Zat tersebut dapat membantu mencegah flek.

Manfaat double cleansing untuk kesehatan kulit

Menurut ahli, ada beberapa manfaat dari double cleansing. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membersihkan wajah lebih menyeluruh

Para ahli berpendapat, membersihkan wajah satu kali tidaklah cukup Hal ini menjadi lebih penting, apabila Anda tinggal di daerah perkotaan. Langkah pertama dalam double cleansing, membantu pengangkatan debu polusi dan bakteri.

2. Membantu penyerapan zat aktif produk skin care lebih efektif

Melakukan dua langkah pembersihan wajah, melalui double cleansing, dapat membantu kinerja zat aktif skin care, setelah membersihkan wajah. Produk seperti serum, akan sulit menembus kulit dan bekerja dengan baik, apabila kulit muka masih kotor.

3. Mencegah penyumbatan pori-pori wajah

Tidak cermat dalam membersihkan muka, berisiko meninggalkan kotoran, sisa makeup, minyak berlebih, dan sel kulit mati di wajah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya penyumbatan pori-pori di wajah, iritasi, komedo, dan jerawat.

Seberapa sering harus melakukan double cleansing?

Fungsi langkah pertama double cleansing adalah mengangkat sisa kosmetik dan tabir surya. Dengan demikian, Anda tak perlu menerapkan metode ini setiap saat.

Misalnya, saat bangun di pagi hari, double cleansing tak perlu dilakukan. Anda cukup membersihkan wajah satu langkah, dan siap untuk beraktivitas.

Catatan dari SehatQ

Double cleansing telah menjadi metode populer, yang sering diterapkan oleh skin care junkie. Untuk penggunaan yang optimal dan aman, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mengetahui jenis kulit, serta mencari produk yang aman dan tidak berbahaya.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/should-you-be-using-micellar-water-in-your-skin-care-routine
Diakses pada 6 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/olive-oil-for-acne
Diakses pada 6 November 2019

Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/beauty/skincare/a27307/double-cleansing-clear-skin/
Diakses pada 6 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed