Apa itu Demisexual, yang Bikin Sulit Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama?

Demisexual adalah orientasi seksual yang membuat individu bersangkutan memiliki hasrat seksual pada orang yang sudah membangun ikatan emosional dengannya
Orang demisexual hanya memiliki hasrat seksual pada orang yang sudah sangat dekat dengannya

Saat mendengar kata seksual, Anda mungkin sudah familiar dengan heteroseksual, homoseksual, atau biseksual dalam kelompok LGBT. Selain ketertarikan seksual yang umum tersebut, ada pula istilah demisexual, yang mulai banyak diperbincangkan di media dan internet.

Apa itu demisexual? Apa kaitannya dengan seksualitas seseorang?

Apa itu demisexual?

Demisexual adalah orientasi seseorang yang membuat ia tertarik secara seksual hanya pada orang yang telah memiliki ikatan emosional dengannya. Dengan demikian, orang demisexual tidak akan memiliki hasrat seksual terhadap seorang individu jika jalinan emosi belum terbangun di antara keduanya.

Apakah ikatan emosional yang dimaksud hanya ‘cinta’?

Jawabannya, tidak. Bagi individu dengan demisexual, ikatan emosional tidak harus berupa cinta dan romantisme. Ikatan yang dibutuhkan tersebut juga dapat berupa persahabatan, termasuk persahabatan platonik (persahabatan lawan jenis antara pria dan wanita).

Bukankah semua orang memerlukan ikatan emosional sebelum berhubungan seks?

Betul. Hanya saja, ‘seks’ pada orang demisexual tidak harus mempraktikkan senggama. Seksualitas yang dirasakan pada individu dengan orientasi demisexual adalah ‘kemampuan’ untuk memiliki hasrat seksual pada orang-orang tertentu saja.

Demisexual menggarisbawahi pada hasrat seksual yang muncul. Sebab, beberapa orang yang bukan demisexual mungkin bisa memiliki hasrat dan melakukan hubungan seks tanpa memiliki perasaan dan ikatan emosional.

Beberapa ciri orang demisexual

Kondisi-kondisi di bawah ini boleh jadi menjadi ciri seseorang memiliki orientasi demisexual:

  • Sulit merasa tertarik secara seksual pada orang di jalan atau kenalan baru
  • Hanya tertarik secara seksual pada orang yang sudah sangat dekat, termasuk sahabat dan pacar
  • Sulit merasakan hasrat seksual pada individu yang tak begitu dekat, walau individu tersebut sangat rupawan atau bertubuh molek

Ada kemungkinan lain yang menjadi ciri-ciri individu demisexual, walau Anda tak merasakan kondisi-kondisi di atas.

Fakta terkait demisexual

Istilah demisexual mungkin masih sangat baru bagi banyak orang. Dengan demikian, Anda disarankan mempelajari fakta terkait demisexual berikut ini apabila rekan atau pasangan Anda menyingkap diri bahwa ia adalah seorang demisexual:

1. Orang dengan orientasi seksual lain bisa menjadi demisexual

Orang yang memiliki ketertarikan seksual berdasarkan jenis kelamin pasangannya bisa menjadi orang demiseksual secara bersamaan. Hal ini termasuk homoseksual (gay dan lesbian), heteroseksual, maupun biseksual.

Sebagai contoh, seorang wanita lesbian (homoseksual) hanya dapat memiliki hasrat seksual pada wanita lain yang telah memiliki ikatan emosional bersamanya.

2. Orang demisexual juga bisa merasakan jenis ketertarikan lain

Tak hanya hasrat seksual, orang demisexual juga bisa memiliki jenis ketertarikan lain pada orang yang sudah sangat dekat dengannya. Misalnya, ketertarikan untuk menjalani hubungan percintaan, atau ketertarikan untuk memeluk dan menyentuh individu lain.

3. Orang demisexual juga melakukan aktivitas seksual yang ‘umum’

Demisexual adalah orientasi seksual yang berkaitan dengan perasaan dekatnya dengan individu lain. Dengan demikian, orang demiseksual juga melakukan aktivitas yang sering dilakukan individu non-demiseksual. Beberapa contoh aktivitas tersebut, yaitu:

  • Melakukan masturbasi
  • Berhubungan seks
  • Menikmati film atau cerita berbau erotisme
  • Tertarik dengan figur publik
  • Memiliki fetish seksual

4. Demisexual adalah orientasi seksual, sehingga bukanlah pilihan

Menurut demisexuality.org, demisexual adalah orientasi seksual. Artinya, kondisi ini tidak menjadi pilihan individu demisexual. Ketertarikan pada orang sudah memiliki ikatan emosional tersebut sudah terbentuk secara alami pada individu tersebut.

Catatan dari SehatQ

Sebagian besar orang mungkin pernah merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama, tetapi tidak demikian dengan seseorang dengan orientasi demisexual. Orang demisexual sulit tertarik secara seksual dengan orang yang baru dikenal dan harus memiliki ikatan emosional terlebih dahulu.

Demisexual tetap bisa menjalin relasi percintaan yang langgeng, hanya saja membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa menjalin kontak fisik dengan pasangan.

Demisexuality Resource Center. http://demisexuality.org/articles/am-i-demisexual-if
Diakses pada 7 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/demisexual
Diakses pada 7 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed