logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Ini 7 Manfaat dari Penggunaan Aromaterapi untuk Kesehatan

open-summary

Manfaat aromaterapi dengan menggunakan essential oil mampu menenangkan tubuh hingga meningkatkan gairah seksual. Namun, perlu diketahui bahwa aromaterapi tidak dapat digunakan sebagai pengobatan utama.


close-summary

4

(17)

12 Nov 2019

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat aromaterapi untuk penanganan pemulihan medis dan psikologi

Minyak atsiri untuk aromaterapi dapat digunakan menggunakan diffuser

Table of Content

  • Apa itu aromaterapi?
  • Manfaat aromaterapi untuk kesehatan
  • Cara menggunakan aromaterapi yang aman
  • Efek samping aromaterapi

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal aromaterapi. Salah satu pengobatan alternatif atau penyembuhan holistik berbahan dasar ekstrak tanaman.

Advertisement

Tak hanya wangi, aromaterapi disebut dapat membantu mengurangi risiko medis tertentu. Apa saja berbagai manfaat aromaterapi untuk kesehatan tubuh? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa itu aromaterapi?

Mengutip dari John’s Hopkins Medicine, aromaterapi adalah terapi pemulihan dengan menggunakan minyak esensial (essential oil) untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis.

Penggunaan minyak esensial atau atsiri yang berasal dari tanaman herbal atau tanaman bunga ini, sering juga disebut sebagai essential oil therapy. Bagian tanaman yang diolah menjadi minyak pun beragam, seperti akar, kulit, dan helai mahkota bunga.

Menurut ahli, fungsi minyak esensial sebagai bagian dalam aromaterapi bekerja dengan mengaktifkan area di hidung yang disebut reseptor bau.

Reseptor ini mengirimkan pesan melalui sistem saraf menuju otak. Minyak tersebut diperkirakan ahli menghidupkan bagian-bagian pada otak, seperti sistem limbik yang memengaruhi suasana hati..

Selain itu, minyak atsiri dalam aromaterapi juga berdampak pada hipotalamus. Hipotalamus meresponsnya dengan memproduksi senyawa kimiawi otak seperti serotonin.

Walaupun aromaterapi dapat dijadikan untuk pemulihan kondisi kesehatan tertentu, penting untuk digarisbawahi bahwa terapi ini tidak dapat menggantikan pengobatan dokter.

Baca Juga

  • 4 Buah untuk Panas Dalam yang Bisa Anda Konsumsi
  • Ciri-Ciri Pengguna Narkoba, Sakau hingga Alami Perubahan Penampilan Drastis
  • Mudah Ditemukan Disekitar Kita, Apa Bahaya Isopropil Alkohol?

Manfaat aromaterapi untuk kesehatan

Minyak aromaterapi bergamot
Berbagai macam manfaat aromaterapi untuk kesehatan

Perlu Anda ketahui bahwa aromaterapi adalah terapi pelengkap sehingga tidak bisa dijadikan sebagai obat utama suatu penyakit.

Walaupun penelitian tentang efektivitas penggunaan terapi minyak esensial ini masih terbatas, berikut adalah beberapa manfaat aromaterapi untuk kesehatan.

1. Menenangkan tubuh

Tak jarang, tubuh seseorang terasa tegang karena merasakan stres yang berkelanjutan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menenangkan tubuh dan pikiran dengan memanfaatkan aromaterapi.

Penggunaan aromaterapi diklaim dapat meningkatkan kualitas hidup hingga mengurangi stres, rasa cemas atau depresi.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan lilin aromaterapi atau aromaterapi hirup dengan jenis minyak esensial basil, lavender, atau rosemary.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lainnya dari aromaterapi adalah meningkatkan kualitas tidur sehingga cocok untuk Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur.

Minyak lavender adalah salah satu minyak esensial yang populer pada penggunaan aromaterapi. Hal ini karena manfaatnya untuk relaksasi serta mengurangi ketegangan saat tidur.

Selain minyak lavender, Anda juga bisa menggunakan minyak kamomil dan juga neroli.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Minyak bergamot dalam aromaterapi dipercaya bermanfaat untuk saluran kemih dan saluran pencernaan. Apabila dikombinasikan dengan minyak eukaliptus, minyak bergamot berpotensi mengentaskan masalah kulit yang dipicu oleh stres maupun cacar air.

4. Mengatasi masalah kulit

Penggemar perawatan kulit pasti sudah mengenali kandungan minyak tea tree dan lemon. Jenis minyak esensial yang satu ini dalam aromaterapi bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat.

Lalu, ada pula miyak aromaterapi lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pigmentasi, kulit kering, kulit berminyak, hingga mencegah penuaan dini.

Sebagai contoh, minyak esensial geranium, mawar, jojoba, cendana, tangerine, dan lain-lain.

5. Meredakan flu dan batuk

Manfaatkan minyak aromaterapi jenis eukaliptus yang berfungsi untuk meredakan batuk, deman, dan hidung tersumbat.

Selain itu, ada pula jenis minyak aromaterapi lainnya seperti lemon dan peppermint yang dapat membersihkan saluran hidung dan mengurangi infeksi tenggorokan.

6. Pereda nyeri

Dalam sebuah penelitian, ditemukan adanya manfaat serta efek positif yang cukup signifikan dari aromaterapi untuk mengurangi rasa sakit.

Sebagai contoh, sakit kepala, nyeri kronis, nyeri punggung kronis, sakit leher kronis, sakit lutut, nyeri haid, hingga rasa sakit saat melahirkan.

7. Meningkatkan gairah seksual

Aromaterapi yang berasal dari minyak esensial melati dan cendana memiliki popularitas sebagai afrodisiak atau zat yang mampu menaikkan gairah seksual.

Walau studi ilmiah pendukungnya masih sedikit, aromaterapi ini dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan gelombang beta pada otak. Gelombang beta dikaitkan dengan ketajaman perhatian.

Cara menggunakan aromaterapi yang aman

Untuk mendapatkan manfaat aromaterapi, Anda harus mencampurkannya beberapa tetes ke dalam minyak pelarut. Sebelum mengoleskannya ke kulit, Anda disarankan untuk melakukan test patch atau tes alergi terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit campuran minyak esesial dengan minyak pelarut ke bagian kulit seperti belakang telinga atau pergelangan tangan.

Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang muncul. Beberapa minyak terapi juga berpotensi bereaksi dengan cahaya matahari.

Untuk itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum menggunakan minyak esensial apa pun untuk aromaterapi.

Peringatan untuk berkonsultasi dengan dokter berlaku untuk semua kalangan, termasuk untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Begitu pula dengan orang yang memiliki masalah kulit, gangguan pernapasan, alergi, dan tekanan darah tinggi.

Selain mengolekan secara langsung, berikut adalah cara menggunakan minyak esensial sebagai aromaterapi yang aman, seperti:

  • Menggunakan alat diffuser.
  • Penggunaan inhaler.
  • Lilin aromaterapi.
  • Garam mandi.
  • Minyak, krim, atau lotion.
  • Kompres dingin dan hangat.
  • Masker kecantikan.
  • Steam wajah.

Efek samping aromaterapi

Minyak aromaterapi cengkeh
Beberapa efek samping penggunaan aromaterapi

Berdasarkan uji keamanan, laporan mengenai risiko atau efek samping penggunaan aromaterapi tergolong sedikit.

Bahkan, beberapa jenis aromaterapi atau minyak esensial telah mengantongi izin digunakan sebagai bahan makanan.

Namun, selain manfaat, ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan aromaterapi termasuk lilin aromaterapi, seperti:

1. Iritasi kulit

Reaksi efek samping yang paling sering muncul adalah iritasi kulit dan reaksi alergi. Umumnya, efek samping ini terjadi apabila penggunaan aromaterapi bersentuhan langsung dengan kulit dalam jangka waktu lama dan konsentrasi tinggi.

2. Berpengaruh terhadap hormon

Kemungkinan, aromaterapi seperti lavender atau tea tree dilaporkan bisa menimbulkan efek pada kinerja hormon estrogen.

Selain itu, mengaplikasikan minyak lavender dan tea tree langsung ke kulit dalam jangka waktu lama dilaporkan mengakibatkan pembesaran payudara pada laki-laki remaja yang belum memasuki fase pubertas.

3. Serangan asma

Sebagian besar aromaterapi aman dihirup langsung. Akan tetapi, ada kalanya muncul reaksi negatif dari penderita asma. Utamanya, jika penggunaan aromaterapi adalah dengan cara menghirup uap.

4. Sakit kepala

Salah satu manfaat aromaterapi adalah meredakan sakit kepala. Namun, jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang melaporkan merasa sakit kepala ketika terlalu lama menghirup jenis aromaterapi tertentu.

Itu sebabnya, penggunaan aromaterapi dan minyak esensial harus benar-benar dipahami. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pakarnya serta sesuaikan pula dengan kondisi tubuh.

 

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah kesehatan yang berhubungan dengan manfaat aromaterapi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

minyak atsiriaromaterapihidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved