Apa itu 5-HTP? Kenali Potensi Manfaatnya untuk Depresi dan Kualitas Tidur


5-HTP adalah senyawa dalam tubuh yang diproduksi menggunakan asam amino triptofan. 5-HTP juga menjadi senyawa pendahulu serotonin dan hormon melatonin.

(0)
03 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
5-HTP adalah senyawa dalam tubuh yang diproduksi dari asam amino triptofanSuplemen 5-HTP populer dikonsumsi karena dipercaya dapat meningkatkan kadar serotonin
5-HTP atau 5-hidroksitriptofan adalah senyawa dalam tubuh yang diproduksi dari asam amino triptofan. 5-HTP juga menjadi senyawa pendahulu dalam produksi neurotransmitter serotonin dan hormon melatonin. Selain diproduksi sendiri oleh tubuh, 5-HTP juga tersedia dalam bentuk suplemen. Suplemen 5-HTP diproduksi dari biji tanaman yang berasal dari Afrika, yakni Griffonia simplicifolia. Suplemen 5-HTP populer dikonsumsi karena dipercaya dapat meningkatkan kadar serotonin, si senyawa kebahagiaan. Klaim efek suplemen 5-HTP mirip dengan antidepresan yang juga bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin. Selain diyakini bermanfaat untuk kesehatan psikologis, 5-HTP juga memiliki potensi manfaat lain untuk kesehatan.

Ragam potensi manfaat 5-HTP untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan 5-HTP:

1. Meredakan gejala depresi

Salah satu potensi manfaat 5-HTP yang utama adalah meredakan gejala depresi. Seperti yang disinggung di atas, mengonsumsi suplemen 5-HTP dapat meningkatkan kadar serotonin. Beberapa ahli memang meyakini bahwa ketidakseimbangan serotonin berkontribusi terhadap depresi.Beberapa riset kecil, seperti yang dimuat dalam Journal of Clinical Psychopharmacology, mengungkapkan  bahwa 5-HTP dapat mengurangi gejala depresi. Efek 5-HTP tersebut berpotensi semakin optimal jika dikombinasikan dengan obat antidepresan. Karena riset lanjutan masih diperlukan, Anda tentu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen 5-HTP. 

2. Membantu dalam diet penurunan berat badan

Bila Anda tengah berjuang dalam diet penurunan berat badan, suplemen 5-HTP bisa dipertimbangkan karena membantu meningkat rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan.Secara spesifik, 5-HTP disebutkan dapat menghambat aktivitas hormon perangsang rasa lapar – sehingga secara tak langsung membantu menurunkan berat badan.Sebuah riset melaporkan bahwa responden yang diberikan 5-HTP mengurangi asupan kalori mereka secara signifikan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak. Riset tersebut juga melaporkan responden mengalami penurunan berat badan. 

3. Mengurangi serangan migrain

5-HTP diyakini dapat mengurangi serangan migrain
Mengonsumsi 5-HTP dapat membantu kurangi frekuensi serangan migrain
Migrain merupakan sakit kepala primer yang sangat umum menyerang masyarakat. Penyebab pasti dari migrain memang belum diketahui. Namun, diyakini bahwa sakit kepala ini dipicu oleh kadar serotonin yang rendah. 5-HTP pun diyakini berpotensi untuk mengurangi serangan migrain.Menurut sebuah studi dalam jurnal European Neurology, dilaporkan bahwa  konsumsi 5-HTP harian selama enam bulan dapat menurunkan serangan migrain pada 71% responden. Beberapa riset lain juga menemukan hasil serupa terkait efek 5-HTP untuk mengurangi frekuensi migrain.

4. Memperbaiki kualitas tidur

5-HTP merupakan senyawa pendahulu dalam produksi serotonin. Serotonin kemudian diubah tubuh menjadi melatonin, hormon yang berperan dalam siklus tidur dan berperan agar kita bisa tidur di malam hari. Suplementasi 5-HTP berpotensi untuk memperbaiki kualitas tidur dengan meningkatkan produksi melatonin. Menurut sebuah riset, kombinasi 5-HTP dengan asam gamma-aminobutirat (GABA) dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk bisa tertidur, meningkatkan durasi tidur, dan memperbaiki kualitas tidur. 

5. Meredakan gejala fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan tubuh lemah dan nyeri pada otot dan tulang. Seperti migrain, penyebab dari fibromyalgia juga belum diketahui dengan jelas. Namun, diyakini bahwa ketidakseimbangan serotonin berkaitan dengan kondisi medis ini. Karena disebutkan berpengaruh terhadap peningkatan serotonin di dalam tubuh, konsumsi suplemen 5-HTP juga berpotensi untuk meredakan gejala fibromyalgia. Riset lanjutan diperlukan untuk menguatkan potensi 5-HTP untuk fibromyalgia. 

Diskusikan dengan dokter terkait konsumsi 5-HTP

Walau potensi manfaat 5-HTP di atas amat menarik, Anda tentu disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Pasalnya, suplemen 5-HTP pun berisiko memicu efek samping berupa mual, diare, muntah-muntah, dan sakit perut. Efek samping tersebut cenderung tergantung pada dosis yang Anda konsumsi.Mengonsumsi 5-HTP dan obat lain yang memicu peningkatan serotonin (antidepresan, obat batuk, dan pereda nyeri resep dari dokter) juga berbahaya. Kadar serotonin yang terlalu tinggi dapat memicu sindrom yang disebut sindrom serotonin. Jika tak ditangani, sindrom serotonin berisiko mengancam nyawa.Selain itu, karena 5-HTP merangsang rasa kantuk, mengonsumsinya beriringan dengan obat penenang dapat memicu kantuk berlebihan.

Catatan dari SehatQ

5-HTP adalah senyawa dalam tubuh yang diproduksi dari asam amino triptofan. 5-HTP pun menjadi senyawa pendahulu untuk serotonin dan melatonin. Jika masih memiliki pertanyaan terkait 5-HTP dan manfaatnya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa di-download gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi suplemen terpercaya.
suplemenkurang tidurmengatasi depresimenurunkan berat badanhormon
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/5-htp-benefits
Diakses pada 22 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324025
Diakses pada 22 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19417589
Diakses pada 22 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/3536521
Diakses pada 22 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9705024
Diakses pada 22 November 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/5-htp-5-hydroxytryptophan-88320
Diakses pada 22 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait