Tulang jari tangan penting dalam membentuk tangan manusia
Tulang jari tangan membantu tangan bergerak dengan baik

Mengetik, menulis, dan bahkan menggenggam makanan dapat dilakukan dengan mudah berkat tulang jari tangan Anda. Secara umum, Anda memahami fungsi tulang jari tangan untuk membantu Anda bisa menggenggam dan melakukan berbagai hal.

Karena fungsinya cukup penting dalam membantu Anda beraktivitas sehari-hari, tidak ada salahnya mengetahui tulang yang satu ini. Yuk, kenali beragam tugasnya di bawah ini.

Apa fungsi tulang jari tangan?

Setiap anggota tubuh manusia diciptakan dengan fungsinya masing-masing, tidak terkecuali dengan tulang jari tangan Anda. Fungsi tulang jari tangan adalah untuk membentuk struktur dari jemari.

Pada dasarnya jari tangan tidak digerakkan oleh tulang dan tidak terdapat otot pada jemari. Tulang jari tangan bisa bergerak dengan bantuan tarikan otot lengan bagian bawah yang berada di tendon.

Ligamen-ligamen yang terdapat pada tulang jari tangan turut membantu untuk menyatukan tulang-tulang di telapak tangan (yang berperan untuk membantu pergerakan dari jemari tangan). Tulang persendian jari tangan dilapisi oleh tulang rawan yang berfungsi untuk mencegah gesekan antar tulang saat tulang jari tangan bergerak.

Tulang jari tangan dikelilingi oleh ligamen atau jaringan kuat yang menghubungkan satu tulang dan tulang lainnya.

Tulang jari tangan juga tersambung dengan tulang pergelangan tangan melalui tulang metakarpal yang merupakan tulang paling besar di tangan.

Kecuali jempol yang hanya memiliki dua jenis tulang jari tangan, tiap jari memiliki tiga jenis tulang jari tangan, yaitu proximal phalanx, middle phalanx, dan distal phalanx. Jempol hanya memiliki tulang jari tangan jenis proximal phalanx dan distal phalanx.

  • Proximal phalanx, tulang jari tangan ini memanjang dari ujung telapak tangan dan merupakan tulang jari tangan yang paling panjang dari tulang jari tangan lainnya
  • Middle phalanx, tulang jari tangan yang merupakan bagian dari tulang persendian jari tangan
  • Distal phalanx, tulang jari tangan yang paling terkecil dan terletak di bagian ujung jari

Cedera pada tulang jari tangan

Tulang jari tangan sangat mudah untuk terluka atau retak. Tidak heran, jika cedera pada area ini sering terjadi. Keretakan pada jari tangan mengganggu fungsi tulang jari tangan dan dapat dikarenakan kecelakaan saat bekerja, benturan saat olahraga, dan sebagainya.

Keretakan dapat terjadi pada tulang jari tangan ataupun pada persendiannya. Saat Anda mengalami patah atau retak tulang jari tangan.

Anda akan merasa nyeri, kesulitan menggerakkan jari tangan, mengalami pembengkakan di daerah tulang jari tangan yang patah, dan daerah yang patah atau retak akan terasa lunak. Terkadang jemari juga akan terlihat tidak normal.

Bagaimana keretakan atau patah tulang jari tangan ditangani?

Penanganan untuk keretakan atau patah tulang jari tangan sangat bergantung dengan lokasi keretakan atau patah tulang jari tangan yang terjadi. Terkadang, tulang jari tangan yang patah atau retak dapat ditangani dengan pemberian alat penyokong tulang.

Bedah hanya dilakukan jika patah atau retak tulang jari tangan terjadi lebih dari satu, terdapat patahan tulang yang longgar, patahan tulang saling bertabrakan, adanya kerusakan pada tendon atau ligamen, patahan tulang mencuat keluar, dan adanya kerusakan pada persendian jari tangan.

Proses bedah dapat melibatkan pemasangan pin, baut, ataupun kawat untuk meluruskan tulang jari tangan sampai sudah sembuh. Biasanya retak atau patah tulang jari tangan memerlukan waktu sekitar beberapa minggu atau tahun hingga sembuh total.

Bila Anda mengalami keretakan atau patah tulang, konsultasikan dengan dokter ortopedi untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Arthritis Foundation. https://www.arthritis.org/about-arthritis/where-it-hurts/wrist-hand-and-finger-pain/hand-wrist-anatomy.php
Diakses pada 13 Desember 2019

Healthline. healthline.com/health/broken-finger#types
Diakses pada 13 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/hand-bones#1
Diakses pada 13 Desember 2019

MedicineNet. https://www.medicinenet.com/image-collection/finger_anatomy_picture/picture.htm
Diakses pada 13 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed