Apa Fungsi Otak Tengah?


Otak tengah merupakan penghubung antara otak depan dan belakang, serta memiliki peranan penting dalam proses penglihatan, pendengaran, dan koordinasi gerak tubuh. Namun, otak tengah juga dapat mengalami masalah, seperti penyakit Parkinson. Kenali lebih jauh fungis otak ini dan berbagai gangguan yang dapat menyerangnya.

(0)
14 Feb 2020|Anita Djie
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Otak tengah punya fungsi penting dalam gerak tubuhOtak tengah memiliki peranan penting dalam proses penglihatan, pendengaran, dan koordinasi gerak tubuh
Fungsi otak tengah atau mesencephalon merupakan bagian dari batang otak yang menghubungkan otak bagian depan dan belakang. Bagian otak tengah jarang dibahas dan mungkin Anda tidak mengenalnya dengan jelas.Namun, fungsi otak tengah tentunya tetap berperan penting dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan. Kira-kira seperti apa bagian otak tengah dan mengapa otak tengan penting bagi tubuh manusia?

Mengenal otak tengah

Otak tengah berada pada bagian atas depan batang otak dan seperti namanya, berada di tengah otak bagian depan dan otak bagian belakang. Bagian otak tengah lebih kecil dibandingkan dengan bagian otak lainnya.Meskipun berukuran paling kecil dan terletak di tengah, otak tengah memiliki berbagai peranan yang sangat penting. Secara garis besar, otak tengah terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:
  • Tegmentum

Tegmentum berada di sepanjang otak tengah sampai ke bagian batang otak. Bagian tegmentum terdiri dari dua bagian, yaitu nukleus yang berwarna merah dan kaya zat besi, serta bagian padat yang berwarna abu-abu.Nukleus yang berwarna merah terlibat dalam koordinasi dan pergerakan tubuh, sedangkan bagian yang berwarna abu-abu berperan dalam menekan rasa sakit. Secara keseluruhan, tegmentum berfungsi untuk membuat tubuh tetap siap siaga.
  • Cerebral peduncles

Bagian belakang dari otak tengah dikenal dengan cerebral peduncles dan tersusun dari dua pasang bundalan saraf yang menghubungkan batang otak dengan otak bagian depan.Bagian cerebral peduncles di otak tengah merupakan jalur sinyal saraf dari otak ke bagian sistem saraf pusat lainnya yang penting untuk koordinasi tubuh.Pada bagian di antara tegmentum dan cerebral peduncles terdapat lapisan substantia nigra yang mengandung sel-sel pembuat hormon dopamin dan saraf-saraf lain yang berperan dalam koordonasi pergerakan tubuh.
  • Colliculi

Colliculi adalah bagian atas dari otak tengah dan terdiri dari dua pasang bundalan saraf yang bernama superior colliculi dan inferior colliculi. Bagian superior berperan untuk mengolah gambar yang ditangkap oleh mata sebelum disampaikan ke bagian otak lainnya.Sementara itu, bagian inferior berfungsi untuk memproses suara yang didapat dari bagian otak yang memiliki peranan utama dalam proses pendengaran.

Fungsi otak tengah

Otak tengah terdiri dari berbagai bagian dengan peran yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar, berikut adalah fungsi otak tengah:
  • Berperan dalam pergerakan motorik

Otak tengah memiliki peranan yang penting dalam pergerakan koordinasi tubuh, terutama pergerakan organ mata, seperti pelebaran pupil. Otak tengah juga berfungsi dalam pergerakan otot-otot tubuh.
  • Berguna dalam proses penglihatan dan pendengaran

Tidak hanya berkontribusi dalam pergerakan mata, otak tengah juga berperan dalam proses penglihatan dan pendengaran.
  • Penghubung otak dengan saraf tulang belakang

Otak tengah sudah jelas merupakan jembatan antara otak depan dan belakang. Akan tetapi fungsi otak tengah tidak hanya sekedar penghubung otak depan dan belakang, karena otak tengah juga menjadi penghubung antara otak dengan saraf tulang belakang.

Gangguan yang menyerang otak tengah

Anda pastinya familiar dengan penyakit Parkinson yang menyerang sel saraf di otak. Secara spesifik, penyakit saraf ini menggerogoti bagian sel saraf yang ada di lapisan substansia nigra dan menurunkan produksi dopamin.Penyakit parkinson dapat berimbas ke kesulitan mengendalikan motorik dan koordinasi tubuh yang ditandai dengan kekakuan pada otot, masalah pada keseimbangan, tremor, dan pergerakan yang melambat.

Catatan dari SehatQ

Meskipun kecil dan jarang dibahas, otak tengah memiliki fungsi yang sangat penting dalam penglihatan, pendengaran, dan koordinasi tubuh. Bila Anda mengalami gejala-gejala penyakit Parkinson di atas, segera periksakan ke dokter untuk diberikan penanganan yang tepat.
hidup sehatpola hidup sehat
Encyclopaedia Britannica. https://www.britannica.com/science/midbrain
Diakses pada 12 Februari 2020
The University of Queensland. https://qbi.uq.edu.au/brain/brain-anatomy/midbrain/
Diakses pada 12 Februari 2020
ThoughtCo. https://www.thoughtco.com/mesencephalon-anatomy-373223
Diakses pada 12 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait