Kedutan di pipi kiri bisa diakibatkan adanya kerusakan pada saraf, tumor, ataupun kondisi medis lainnya.
Kedutan pipi kiri bisa berarti adanya kondisi medis tertentu

Saat sedang asyik-asyiknya bersantai, seketika Anda merasakan adanya kedutan pipi kiri. Biasanya hal tersebut tidak pernah terjadi atau malah mungkin justru sering dialami. Kedutan pipi kiri bisa jadi tanda adanya kondisi medis tertentu!

Hemifacial spasm merupakan istilah medis yang digunakan untuk mendeskripsikan fenomena kedutan pipi kiri. Sebenarnya, Anda tidak hanya bisa mengalami kedutan pipi kiri, tetapi juga bisa merasakan kedutan pipi kanan. Namun, kondisi ini memang lebih sering dialami pada bagian kiri wajah. Pada hemifacial spasm, kedutan terjadi cukup intensif dan sering.

Mengenal fenomena kedutan pipi kiri atau hemifacial spasm

Hemifacial spasm adalah gangguan pada sistem saraf yang terjadi pada salah satu bagian wajah yang terjadi secara tidak disadari dan bisa memicu kedutan pipi kiri. Biasanya, kedutan pipi kiri bisa muncul karena pembuluh darah yang menyentuh saraf di bagian wajah.

Namun, kadang kala hemifacial spasm bisa diakibatkan oleh adanya kerusakan pada saraf, tumor, ataupun kondisi medis lainnya. Sebenarnya, kedutan pipi kiri yang tidak diakibatkan oleh kondisi medis tertentu tidak berbahaya dan hanya akan membuat Anda menjadi kesal.

Kedutan pipi kiri bisa saja menyebar dan tidak hanya memicu kedutan di pipi kiri, tetapi juga bisa menyebabkan kedutan di bagian-bagian wajah lainnya, seperti mulut, kelopak mata, dan sebagainya.

Kedutan pipi kiri yang dialami merupakan sesuatu yang tidak bisa dikendalikan dan bisa saja muncul saat Anda sedang tertidur.

Penyebab kedutan pipi kiri 

Penyebab umum dari kedutan pipi kiri biasanya diakibatkan oleh pembuluh darah yang mendorong saraf di wajah yang terhubung dengan otak. Hal tersebut menyebabkan kedutan pipi kiri yang tidak disadari.

Kedutan pipi kiri juga bisa jadi disebabkan oleh adanya kerusakan pada saraf wajah atau saraf di otak yang mengatur sensasi di lidah dan dalam telinga. Cedera pada kepala atau wajah juga bisa memicu kedutan pipi kiri.

Pada kasus tertentu, kedutan pipi kiri dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti tumor yang menekan saraf wajah, gejala dari Bell’s palsy, ataupun adanya gumpalan pembuluh darah yang abnormal sejak lahir.

Kedutan pipi kiri atau hemifacial spasm bisa diturunkan dari orangtua, tetapi hemifacial spasm yang diturunkan merupakan kejadian yang jarang terjadi. Terkadang, penyebab kedutan pipi kiri tidak diketahui dan disebut dengan istilah idiopathic spasm.

Apakah kedutan pipi kiri bisa diobati?

Secara umum, kedutan pipi kiri bisa diobati dengan berkonsultasi ke dokter. Jika hal ini sangat mengganggu aktivitas dan terjadi sangat sering dokter akan memberikan beberapa pilihan cara untuk menanggulangi kedutan pipi kiri yang dialami, seperti:

  • Obat pelemas otot

Kedutan pipi kiri bisa diatasi dengan pemberian obat pelemas otot yang berguna untuk mengatasi kejang atau kedutan pipi kiri yang dikonsumsi secara oral. Dokter dapat memberikan obat pelemas otot berupa carbamazepine, baclofen, atau clonazepam.

  • Injeksi

Pilihan lain yang diberikan untuk mengatasi kedutan pipi kiri adalah suntikan botulinum tipe A. Dokter akan menyuntikkan botoks ke bagian wajah yang dekat dengan otot yang membuat kedutan pipi kiri untuk melemaskan atau melumpuhkan otot wajah Anda.

Akan tetapi, botoks mempunyai jangka waktu kerja tertentu. Anda perlu untuk menyuntik botoks kembali tiga sampai enam bulan setelah suntikan sebelumnya.

  • Bedah

Apabila medikasi oral dan injeksi botoks tidak memberikan dampak yang diinginkan, dokter dapat merekomendasikan bedah untuk mengatasi tekanan pada saraf wajah yang menyebabkan kedutan pipi kiri.

Saat bedah dilakukan, dokter akan membuat irisan kecil di belakang telinga dan menaruh bantalan Teflon di antara saraf dan pembuluh darah untuk mengatasi kedutan pipi kiri.

Sebelum menjalani pengobatan kedutan pipi kiri, pastikan bahwa Anda telah berdiskusi bersama dokter mengenai metode yang paling tepat untuk Anda beserta efek samping yang mungkin dapat dialami setelah pengobatan.

Jangan lupa juga untuk memberitahukan dokter jika Anda mengalami kondisi medis tertentu atau mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu.

Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kedutan pipi kiri di rumah? 

Selain mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai, Anda dapat mengurangi gejala dari kedutan pipi kiri dengan istirahat secukupnya dan menghindari konsumsi kafein secara berlebih.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi vitamin D dan magnesium, serta mencoba mengonsumsi buah bluberi yang mengandung pelemas otot alami.

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemifacial-spasm
Diakses pada 25 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemifacial-spasm/symptoms-causes/syc-20373296
Diakses pada 25 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319591.php
Diakses pada 25 November 2019

Artikel Terkait