Antosianin, Senyawa pada Buah yang Bermanfaat untuk Jantung

Antosianin adalah senyawa alami bermanfaat yang terkandung pada tumbuhan, seperti buah-buah beri
Buah-buah beri, seperti stroberi dan blueberry, menjadi sumber antosianin yang baik

Apabila orang terdekat mengajak kita lebih banyak makan buah-buahan, hal tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, buah-buahan (serta sayuran) mengandung berbagai senyawa alami yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satu senyawa ini disebut dengan antosianin. Sudah pernah mendengarnya?

Apa itu antosianin?

Antosianin adalah salah satu jenis flavonoid, sub-kelompok dari grup besar senyawa polifenol dalam tumbuhan. Antosianin menjadi pigmen yang memberikan warna merah, ungu, dan biru cerah pada buah-buahan.

Antosianin, seperti senyawa flavonoid lain, memiliki sifat antioksidan yang amat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai molekul antioksidan, antosianin dapat mengendalikan radikal bebas berlebih. Radikal bebas yang tak terkendali dapat memicu kerusakan sel dan menaikkan risiko penyakit tertentu.

Dalam praktik pengobatan herbal, makanan yang kaya dengan antosianin telah lama digunakan untuk menangani kondisi medis tertentu. Kondisi medis tersebut seperti tekananan darah tinggi, pilek, bahkani infeksi saluran kemih.

Walau studi-studi lanjutan masih diperlukan, berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan potensi antosianin untuk melindungi organ tertentu, serta mencegah dan menangani beberapa jenis penyakit.

Manfaat antosianin untuk kesehatan tubuh

Sebagai salah satu senyawa tumbuhan, antosianin memiliki manfaat kesehatan. Manfaat antosianin tersebut, yaitu:

1. Mencegah penyakit jantung

Antosianin berpotensi untuk memelihara kesehatan jantung. Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Nutrition Reviews, peran antosianin untuk jantung tersebut diyakini berasal dari kemampuannya untuk mengendalikan kadar kolesterol dan metabolisme gula darah.

Selain itu, sebagai molekul antioksidan, antosianin dapat melawan stres oksidatif. Stres oksidatif diketahui dapat memicu penyakit jantung.

Tak sampai di situ, studi lain juga menyebutkan bahwa antosianin berpotensi untuk mencegah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi memang menjadi salah satu faktor risiko kerusakan jantung.

2. Menurunkan risiko kanker

Antosianin memiliki potensi untuk mencegah kanker payudara. Dalam sebuah studi uji tabung, ahli menemukan bahwa ekstrak antosianin dari blueberry membantu menghambat pertumbuhan kanker payudara.

Walau temuan tersebut menjanjikan, studi lain mengungkapkan bahwa masih diperlukan studi lanjutan terkait manfaat antosianin untuk melawan sel kanker.

3. Memiliki sifat antivirus dan antiradang

Makanan yang mengandung antosianin, terutama buah beri-berian, menjadi pilihan kelompok buah yang bisa dikonsumsi saat kita sakit. Sebab, kandungan antosianin dalam kelompok buah ini ditemukan memiliki sifat antivirus dan antiradang.

Beberapa studi telah menemukan buah yang tinggi dengan antosianin untuk menghambat jenis virus dan bakteri tertentu yang menempel pada sel-sel tubuh. Selain itu, buah-buah ini juga merangsang kemampuan daya tahan tubuh.

4. Berpotensi untuk menangani diabetes

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, antosianin juga dilaporkan membantu menangani diabetes tipe 2. Bahkan, antosianin boleh jadi dapat menjadi pengobatan potensial untuk menangani penyakit ini. Antosianin dalam buah ceri dilaporkan paling kuat terkait efek ini, walau studi lanjutan masih sangat diperlukan.

Variasi sumber antosianin untuk dikonsumsi

Antosianin merupakan senyawa alami tumbuhan. Beberapa makanan yang bisa Anda variasikan untuk rutin dikonsumsi, yaitu:

  • Stroberi
  • Blueberry
  • Blackberry
  • Cranberry
  • Rasberi
  • Delima
  • Tomat
  • Acai beri
  • Ceri
  • Bawang merah
  • Anggur, termasuk wine
  • Kacang merah
Buah delima mengandung antosianin
Buah delima juga mengandung antosianin

Perlukah mengonsumsi suplemen antosianin?

Makanan yang kaya antosianin memang tersedia dalam bentuk suplemen, seperti suplemen ekstrak buah blueberry dan semacamnya. Walau begitu, pakar belum bisa memastikan apakah suplemen dengan antosianin dosis tinggi dapat memberikan manfaat yang sama dibandingkan dari makanan segar.

Suplemen juga belum bisa dipastikan aman untuk beberapa kelompok, seperti ibu hamil, ibu menyusui, orang dengan kondisi medis tertentu, atau individu yang tengah mengonsumsi obat tertentu.

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan mengonsumsi suplemen apapun. Bagaimanapun, memvariasikan makanan utuh dan segar lebih dianjurkan agar tubuh tetap sehat.

Catatan dari SehatQ

Antosianin adalah satu senyawa flavonoid yang bisa didapatkan dari makanan nabati. Dengan potensi manfaatnya untuk melindungi jantung dan menurunkan risiko kanker, makanan sumber antosianin bisa kita variasikan untuk dikonsumsi, alih-alih mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/15-best-foods-when-sick
Diakses pada 5 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-best-foods-for-diabetics
Diakses pada 5 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries
Diakses pada 5 Maret 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-scoop-on-anthocyanins-89522
Diakses pada 5 Maret 2020

Web MD. https://www.webmd.com/diabetes/news/20041223/cherries-may-help-fight-diabetes
Diakses pada 5 Maret 2020

Artikel Terkait