Antioksidan Resveratrol dari Suplemen, Simak Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
15 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Senyawa antioksidan resveratrol biasanya ditemukan pada cokelat hitam dan blueberryBlueberry dan cokelat hitam merupakan sumber terbaik untuk antioksidan resveratrol
Bagi beberapa orang, suplemen nutrisi tertentu menjadi bagian dari hidup sehat. Salah satu suplemen yang banyak dijual adalah resveratrol. Banyak ahli yang memang sudah mencoba mengidentifikasi manfaat suplemen resveratrol untuk kesehatan. Apa saja manfaat suplemen resveratrol?

Apa itu resveratrol?

Resveratrol adalah senyawa tumbuhan golongan polifenol yang memiliki efek antioksidan. Sebagai antioksidan, resveratrol dapat melindungi sel dari aktivitas radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Ada beberapa makanan yang menjadi sumber terbaik untuk resveratrol, termasuk wine, anggur, beberapa jenis buah beri, dan cokelat hitam. Pada anggur dan buah beri, resveratrol cenderung terkonsentrasi di bagian kulit dan biji anggur dan buah-buah beri. Red wine juga cenderung tinggi resveratrol karena dibuat melalui fermentasi anggur.Sebagai zat antioksidan, resveratrol tentu dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Hanya saja, sebagian besar riset yang dilakukan cenderung menggunakan bentuk suplemennya. 

Potensi manfaat suplemen resveratrol untuk kesehatan

Sebagai zat antioksidan, resveratrol dalam suplemen dikaitkan dengan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Menurunkan tekanan darah

mengukur tekanan darah
Resveratrol dapat membantu mengendalikan tekanan darah
Efek antioksidan dalam suplemen resveratrol disebutkan menjanjikan untuk mengendalikan tekanan darah. Dalam sebuah tinjauan tahun 2015, disebutkan bahwa resveratrol dosis tinggi membantu mengurangi tekanan pada dinding arteri ketika jantung berdetak.Laporan lain menyebutkan bahwa efek penurunan darah resveratrol dapat terjadi karena membantu meningkatkan produksi nitrat oksida. Peningkatan nitrat oksida membantu merilekskan pembuluh darah. Studi lanjutan diperlukan untuk memberikan gambaran dosis terbaik resveratrol dalam penurunan tekanan darah.

2. Menjaga kesehatan otak

Konsumsi wine, sebagai salah satu sumber resveratrol, membantu mengurangi risiko penurunan kemampuan kognitif karena usia. Efek ini juga disebutkan berkaitan dengan kemampuan antioksidan dan antiradang yang dimiliki resveratrol.Secara spesifik, senyawa ini dapat mengganggu fragmen protein yang disebut amiloid beta. Amiloid beta dapat memicu plak yang menjadi ciri khas penyakit Alzheimer.Riset lanjutan diperlukan untuk mengetahui mekanisme tubuh menggunakan resveratrol dari suplemen.

3. Mengendalikan kolesterol

Suplemen resveratrol dikaitkan dengan pengendalian kolesterol di darah. Sebuah studi pada hewan dalam jurnal Life Sciences menyebutkan, resveratrol membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Pemberian suplemen ini juga disebutkan dapat mengurangi kolesterol total.Sebagai zat antioksidan, resveratrol juga disebutkan dapat mengurangi oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Oksidasi LDL dapat berkontribusi terhadap penumpukan dan penyumbatan plak di dinding arteri.

4. Membantu menghambat sel kanker

Walau hasilnya masih bercampur, beberapa studi mengaitkan resveratrol dengan penanganan kanker. Studi yang masih dilakukan pada hewan dan uji tabung mengindikasikan bahwa resveratrol berpotensi melawan beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kulit, payudara, usus besar, dan lambung. Ada beberapa kemungkinan mekanisme resveratrol dalam melawan sel kanker, termasuk dengan menghambat pertumbuhan sel penyakit ini, mengubah ekspresi gen, dan memengaruhi hormon. Studi lanjutan diperlukan untuk menguatkan temuan manfaat resveratrol untuk kanker pada manusia.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Insulin adalah hormon yang berperan dalam penggunaan glukosa sebagai energi. Sensitivitas insulin yang baik dapat meningkatkan efektivitas penggunaan glukosa tersebut. Sebaliknya, sensitivitas insulin rendah (dikenal dengan resistensi insulin) berisiko menimbulkan diabetes tipe 2. Resveratrol dilaporkan dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah komplikasi diabetes. Selain itu, resveratrol juga dikaitkan dengan penanganan diabetes karena membantu mencegah stres oksidatif,  mengurangi peradangan, dan mengaktifkan protein AMPK. Protein AMPK membantu tubuh memproses glukosa agar kadar gula darah tetap terkendali.

Risiko dan efek samping penggunaan suplemen resveratrol

Minum suplemen sebagai tambahan kebutuhan nutrisi
Suplemen resveratrol dapat berinteraksi dengan obat lain dan menimbulkan efek samping
Belum ada risiko berarti yang dilaporkan dari penggunaan suplemen resveratrol. Orang yang tubuhnya sehat cenderung dapat menoleransi suplemen antioksidan ini dengan baik. Namun, hal tersebut tentunya tidak menampik kemungkinan efek samping dari suplemen resveratrol. Penting pula untuk diingat bahwa belum ada rekomendasi yang memadai terkait dosis suplemen resveratrol yang aman dan bermanfaat. Terkait interaksi obat, suplemen resveratrol berisiko dapat berinteraksi dengan obat lain, seperti obat anti pembekuan darah dan beberapa pereda nyeri. Suplemen antioksidan ini juga berisiko berinteraksi dengan obat tekanan darah, obat anticemas, dan obat penekan imun. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen resveratrol, terlebih jika tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Catatan dari SehatQ

Resveratrol adalah zat antioksidan yang masuk dalam golongan polifenol. Senyawa ini tersedia dalam bentuk suplemen dan dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Namun, sebelum mencoba suplemen resveratrol, Anda disarankan untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.
suplemenantioksidanpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/resveratrol
Diakses pada 2 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323027
Diakses pada 2 Agustus 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27085216
Diakses pada 2 Agustus 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24731650
Diakses pada 2 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/heart-disease/resveratrol-supplements
Diakses pada 2 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait