Antigalau, Ini Cara Melupakan Mantan Kekasih Paling Ampuh

(0)
Salah satu cara melupakan mantan kekasih adalah blokir akun mantan di kontak telepon dan media sosial Masa-masa galau teringat kenangan bersama mantan memang bisa menghambat proses move on
Cara melupakan mantan kekasih memang berbeda-beda bagi setiap orang. Persamaannya, langkah ini bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Ya, kenangan bersama mantan pacar nyatanya semakin menguat, sekuat usaha untuk menghapus memori tersebut. Akibatnya, Anda pun jadi semakin sulit untuk move on dan melupakan mantan. 

Mengapa rasanya sulit untuk melupakan mantan? 

Cara melupakan mantan kekasih memang tak semudah kelihatannya. Setelah putus, fase yang membuat sedih adalah masa-masa galau karena teringat kenangan bersama mantan. Alhasil, Anda jadi sulit untuk move on dan pindah ke lain hati.  Sebelumnya, Anda memiliki pasangan yang selalu berada di sisi Anda dan yang Anda pikir mencintai Anda. Kemudian, karena satu dan lain hal, Anda dan pasangan berpisah. Akibatnya, Anda mungkin merasa sulit untuk menerima kenyataan bahwa hubungan yang dibina tidak dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Hal inilah yang menjadi penyebab utama seseorang sulit untuk melupakan mantan. 

Cara melupakan mantan kekasih yang paling ampuh

Ada berbagai cara melupakan mantan kekasih yang bisa Anda lakukan. Meski demikian, cara melupakan mantan pacar yang terbaik tergantung pada sifat dan kondisi masing-masing orang. Berikut adalah cara melupakan mantan kekasih paling ampuh untuk dilakukan.

1. Blokir akun mantan kekasih di media sosial

Salah satu cara melupakan mantan adalah dengan memblokir kontaknya
Sering stalking mantan di media sosial dapat menghambat proses move on
Salah satu cara melupakan mantan kekasih yang paling jitu adalah blokir akun mantan di kontak telepon dan media sosial Anda. Jika langkah ini tidak dilakukan sesaat setelah putus cinta, Anda jadi semakin terpuruk dan sulit melupakan mantan karena melihat postingan terbaru sang mantan kekasih di laman akun media sosialnya.Belum lagi jika Anda mungkin tergoda untuk mencari tahu segala gerak-gerik mantan kekasih (dan mungkin kekasih barunya) atau stalking di media sosial

2. Putuskan komunikasi dengan mantan

Cara melupakan mantan yang paling ampuh adalah dengan memutuskan komunikasi dengan mantan. Jadi, tahan keinginan Anda untuk menelepon, mengirim pesan singkat, bahkan mengajaknya untuk bertemu. Tetap menjalin komunikasi dengan mantan kekasih membuat ia berpikir bahwa Anda masih ingin kembali menjalani hubungan bersama. Sebaliknya, jika ia menghubungi Anda, jangan pernah menggubrisnya. Menjaga komunikasi dengan mantan kekasih menjadi salah satu faktor utama Anda gagal move on

3. Buang barang kenangan dari mantan kekasih

Jika Anda masih memiliki barang kenangan dari mantan kekasih atau yang berhubungan dengannya, sebaiknya singkirkan dari kamar Anda. Hal ini dapat menjadi cara melupakan mantan yang paling ampuh berikutnya. Anda dapat mengumpulkan barang-barang yang pernah diberikan mantan, lalu memberikannya pada orang yang lebih membutuhkan. Jangan lupa juga untuk membuang kartu ucapan atau surat-surat yang mungkin pernah diberikan kepada Anda. Kalau ada barang milik mantan yang masih tertinggal di rumah Anda, sebaiknya kembalikan dengan cara mengirimkannya menggunakan kurir online. Atau Anda bisa juga meminta tolong teman untuk menyerahkannya kepada mantan. Jadi, sebisa mungkin Anda tak perlu bertemu lagi dengan mantan kekasih. Apabila harus bertatap muka, usahakan pertemuan Anda dengan mantan berlangsung sesingkat mungkin agar tidak menghambat cara melupakan mantan yang sedang Anda lakukan. 

4. Berhenti membicarakan mantan kekasih

Cara melupakan mantan selanjutnya adalah berhenti membicarakan mantan kekasih. Usahakan topik obrolan Anda dengan anggota keluarga atau teman-teman tak melulu berputar mengenai mantan kekasih. Meski Anda tidak memulai obrolan mengenai mantan pacar, Anda juga bisa meminta agar orang-orang terdekat tidak lagi membicarakan mantan kekasih. Dengan ini, Anda tetap fokus move on dari mantan. 

5. Tolak ajakan untuk berteman dengan mantan

Keinginan untuk berteman dengan mantan kekasih mungkin terbersit dalam benak Anda lantaran ingin menjaga interaksi tetap berjalan baik satu sama lain. Selain itu, bisa berteman kembali dengan mantan juga bisa membuat Anda terlihat dewasa di depan orang lain.Padahal, sebaiknya langkah ini tidak dilakukan. Terlebih jika Anda masih menyimpan perasaan yang mendalam terhadap mantan. Bukannya melupakan mantan, Anda bisa saja memperburuk rasa sakit hati yang tengah dirasakan. 

6. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Lakukan hal yang menyenangkan sebagai cara melupakan mantan
Merencakan perjalanan jauh bisa jadi cara ampuh lupakan mantan
Masih sulit melupakan mantan? Mungkin kini saatnya melakukan hal-hal menyenangkan yang Anda inginkan sebagai cara melupakan mantan yang paling ampuh. Anda bisa menghabiskan waktu bersama anggota keluarga dan teman-teman dekat. Misalnya, pergi berbelanja, atau melakukan hobi-hobi baru, seperti mengikuti kelas fotografi, olahraga di gym, atau bergabung dengan komunitas tertentu. Tak ada salahnya Anda merencanakan perjalanan jauh yang mungkin belum sempat Anda lakukan saat masih menjalin hubungan dengan mantan.Walaupun diri Anda sibuk, tetapi jangan sampai kesibukan Anda justru membebani diri sendiri hanya karena Anda ingin mengalihkan perhatian dari kenangan lama bersama mantan. 

7. Jangan memaksa diri untuk melupakan mantan

Cara melupakan mantan yang paling ingin dilakukan adalah cepat-cepat melupakan Si Dia. Padahal, dalam praktiknya, melupakan mantan tidak semudah yang dipikirkan. Kenangan indah yang pernah terjadi memang terasa menyakitkan sehingga Anda ingin cepat-cepat menghapusnya. Kenyataannya, hal inilah yang membuat Anda justru menjadi kesulitan. Keinginan yang besar untuk cepat melupakan mantan dapat membuat Anda terlalu memaksakan diri. Alih-alih melupakan mantan, Anda justru semakin terbayang pada setiap kenangan tersebut. Jadi, ada baiknya Anda melupakan mantan dengan sendirinya. Anda cukup menghindari hal-hal yang dapat memicu ingatan tentang mantan di masa lalu. 

8. Memaafkan diri sendiri dan mantan kekasih

Meski sulit, tak ada salahnya Anda memaafkan diri sendiri dan mantan kekasih. Dengan ini, Anda akan merasa lebih lega dan bahagia untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Menyalahkan diri sendiri terus menerus atas kandasnya hubungan yang Anda dan pasangan bina tentu sangat tidak sehat dan dapat menghambat proses move on. Alhasil, Anda akan merasa sakit hati berkali-kali lipat dan hanya fokus terhadap emosi negatif semata. 

9. Buka hati untuk orang baru

Buka hati untuk orang baru bisa jadi cara melupakan mantan
Cobalah membuka hati untuk orang baru
Meski Anda berpikir belum siap untuk menjalin cinta yang baru, cobalah untuk membuka hati pada orang lain. Jangan takut untuk berinteraksi dengan orang baru.Selain bisa menambah relasi, ada kemungkinan atau peluang nantinya Anda akan menemukan kekasih baru. Dengan membuka hati, luka hati Anda dapat sembuh dengan sendirinya. Walaupun sudah putus, cara melupakan mantan memang tidak semudah yang dipikirkan. Masa-masa galau teringat kenangan bersama mantan bisa saja kembali terbayang di pikiran. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan cara melupakan mantan paling ampuh di atas agar proses move on Anda dapat berjalan lancar.
percintaanputus cinta
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-science-willpower/201202/4-science-based-strategies-getting-over-ex
Diakses pada 8 Juni 2020
Everyday Health. Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/emotional-health/how-move-on-10-steps-closure-after-you-break-up/
Diakses pada 8 Juni 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-forget-your-ex/
Diakses pada 8 Juni 2020
Global News. https://globalnews.ca/news/3527490/5-reasons-why-you-still-cant-get-over-your-ex/
Diakses pada 8 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait