Anthophobia: Rasa Takut Berlebihan Terhadap Bunga


Anthophobia adalah rasa takut yang intens dan tidak rasional terhadap bunga. Rasa takut ini bisa muncul baik saat melihat bunga maupun membayangkannya. Penyebabnya bisa karena pengalaman traumatis.

(0)
07 Apr 2021|Marco Anthony
Ditinjau olehAzelia Trifiana
Seseorang dengan anthophobia akan merasa ketakutan intens terhadap bungaSeseorang dengan anthophobia akan merasa ketakutan intens terhadap bunga
Ada bermacam jenis fobia yang dapat menghinggapi seseorang. Mulai dari yang umum hingga yang langka dan spesifik. Salah satu jenis fobia spesifik yang cukup langka namun nyata adalah anthophobia.Anthophobia adalah rasa takut yang intens dan tidak rasional terhadap bunga. Rasa takut ini bisa muncul baik saat melihat bunga maupun membayangkannya.Menariknya, jenis bunga yang memicu anthophobia bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang takut terhadap semua bunga dan juga yang hanya takut pada satu jenis bunga, seperti mawar contohnya.Meski namanya terlihat mirip, anthophobia berbeda dengan antrophobia, yaitu ketakutan bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Gejala anthophobia

Berbeda dengan rasa takut biasa, seseorang dengan anthophobia bisa merasakan gejala takut hingga mengalami serangan panik. Jika Anda mengalami beberapa gejala berikut saat memikirkan atau melihat bunga, maka kemungkinan besar Anda memiliki fobia bunga.
  • Dada terasa sesak dan sulit bernapas
  • Kepala pusing
  • Keringat dingin di telapak tangan
  • Mual dan muntah
  • Mulut kering
  • Menggigil
  • Jantung berdegup kencang
  • Ada keinginan besar untuk melarikan diri
  • Pingsan
  • Mematung dan seolah tak bisa bergerak

Penyebab anthophobia

Hampir sama dengan jenis fobia spesifik lainnya, kemungkinan besar penyebab anthophobia adalah pengalaman traumatis, dalam hal ini melibatkan bunga. Namun sumber pastinya  masih terus diteliti.Tidak ada seseorang yang lahir dengan kondisi seperti ini, hanya saja ada kencenderungan seseorang memiliki anthophobia jika salah satu anggota keluarganya memiliki ketakutan terhadap bunga.Beberapa skenario yang mungkin membuat seseorang memiliki anthophobia adalah pernah mengalami sengatan lebah saat bermain dengan bunga. Bisa juga seseorang menghindari bunga karena hal tersebut mengingatkan mereka pada kehilangan seseorang yang dikasihi.Seseorang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari juga bisa berisiko mengalami anthophobia karena selalu menghindari bunga. Meski sebenarnya rasa takut tersebut beralasan, namun jika semakin lama rasa takut itu semakin intens maka bisa berkembang menjadi anthophobia.Beberapa faktor lainnya yang bisa membuat seseorang takut terhadap bunga adalah:
  • Memiliki jenis fobia lain
  • Mendengar pengalaman buruk orang lain yang berkaitan dengan bunga

Penanganan anthophobia

Anthophobia harus didiagnosa oleh tenaga kesehatan kejiwaan yang terlatih, seperti psikater.Psikiater dapat membantu seseorang untuk mengatasi ketakutannya terhadap bunga. Caranya bisa dengan:Terapi paparan berfungsi untuk mengatasi ketakutan terhadap bunga. Caranya adalah dengan secara bertahap menghadapkan Anda kepada bunga, terlebih bunga yang Anda takuti. Tujuannya agar Anda terbiasa menghadapinya. Selanjutnya membuat strategi bagaimana meminimalisir ketakutan saat berhadapan dengan bunga yang menjadi sumber rasa takut itu.Sementara itu, terapi perilaku kognitif bertujuan menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang muncul berkaitan dengan bunga. Terapis akan membantu membuat strategi untuk mengubah pola pikir yang akan meminimalisir rasa takut, bahkan menghilangkannya sama sekali.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda memiliki anthophobia, tak perlu khawatir. Dengan penanganan yang tepat oleh ahlinya, ketakutan ini dapat diatasi. Segeralah berkonsultasi dengan psikiater jika Anda mengalami takut berlebihan terhadap bunga dan hal itu mengganggu aktivitas keseharian Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar fobia, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan mentalkesehatan mentalpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/anthophobia
Diakses pada 24 Maret 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-the-fear-of-flowers-2671767
Diakses pada 24 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait