logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

7 Anjuran dan Pantangan Setelah Operasi Angkat Rahim

open-summary

Menghindari pantangan setelah operasi angkat rahim sangat disarankan untuk mempercepat pemulihan. Apa saja pantangan setelah operasi angkat rahim?


close-summary

3.44

(59)

6 Agt 2020

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Menghindari pantangan setelah operasi angkat rahim sangat disarankan untuk mempercepat pemulihan

Operasi angkat rahim atau histerektomi adalah tindakan pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat rahim (uterus) pada wanita

Table of Content

  • Pantangan setelah operasi angkat rahim agar tubuh cepat pulih
  • Apa saja anjuran yang boleh dilakukan setelah operasi pengangkatan rahim?

Operasi angkat rahim atau histerektomi adalah tindakan pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat rahim (uterus) pada wanita yang mengalami penyakit tertentu atau pada kasus perdarahan yang sangat berat pascapersalinan.

Advertisement

Setelah prosedur pembedahan ini, seorang wanita tidak akan mengalami menstruasi lagi, sehingga tidak dapat hamil.

Menghindari pantangan setelah operasi angkat rahim disarankan untuk dilakukan demi mempercepat pemulihan. Lantas, apa saja pantangan setelah operasi angkat rahim?

Pantangan setelah operasi angkat rahim agar tubuh cepat pulih

Saat baru saja menjalani operasi angkat rahim atau histerektomi, tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk dapat pulih sepenuhnya.

Rata-rata perempuan memerlukan waktu sekitar 6-8 minggu untuk dapat kembali beraktivitas normal seperti semula.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari guna mempercepat pemulihan operasi angkat rahim. Berikut adalah sederet pantangan setelah operasi angkat rahim.

1. Melakukan hubungan seksual

Pantangan setelah operasi angkat rahim adalah berhubungan seksual
Berhubungan seks setelah operasi angkat rahim bisa meningkatkan risiko perdarahan

Salah satu pantangan setelah operasi angkat rahim adalah melakukan hubungan seks. Anda baru boleh melakukan hubungan seksual sekitar 4-6 minggu setelah operasi angkat rahim.

Hal ini wajib dihindari agar vagina dapat pulih sepenuhnya serta mencegah kemungkinan terjadinya perdarahan pascahisterektomi.

Setelah operasi angkat rahim, hormon reproduksi Anda juga akan sedikit terganggu. Jadi, dibutuhkan waktu sampai akhirnya hormon dapat kembali normal.

Ada pula kemungkinan vagina kering, sehingga berisiko menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berhubungan intim, atau hilangnya hasrat seksual setelah operasi angkat rahim.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, gairah seksual Anda dapat kembali lagi dan dapat berhubungan seksual dengan pasangan apabila sudah pulih pascaoperasi angkat rahim.

2. Menggunakan tampon

Hindari menggunakan tampon pascahisterektomi. Sebab, penggunaan tampon dapat meningkatkan risiko infeksi.

Beberapa waktu setelah operasi angkat rahim, Anda mungkin akan mengeluarkan cairan atau darah dari vagina. Nah, untuk menampungnya, alangkah baiknya Anda menggunakan pembalut biasa dibandingkan tampon.

3. Berdiri terlalu lama

Pasca-operasi angkat rahim, Anda pasti dianjurkan untuk istirahat di rumah.

Anda tidak disarankan untuk melakukan kegiatan yang mengharuskan berdiri dalam waktu yang lama. Terutama di periode awal proses pemulihan pascaoperasi.

Sebaiknya, perbanyak waktu istirahat minimal selama 2 minggu pertama proses pemulihan dengan berbaring atau duduk secara perlahan.

Seiring berjalannya waktu, Anda dapat menambah frekuensi berdiri saat proses pemulihan berlangsung.

4. Mengangkat benda berat dan melakukan pekerjaan berat

Mengangkat benda berat dan melakukan pekerjaan berat adalah pantangan setelah operasi angkat rahim lainnya.

Pascaoperasi angkat rahim, jaringan dan otot di sekitar perut dan rahim tentu memerlukan waktu beberapa saat untuk dapat pulih sepenuhnya. Oleh sebab itu, melakukan pekerjaan berat, termasuk mengangkat benda berat tidak dianjurkan.

Mengangkat beban dan melakukan pekerjaan berat hanya akan membuat pemulihan setelah operasi angkat rahim semakin lama.

Pantangan setelah operasi angkat rahim ini setidaknya Anda lakukan dalam jangka waktu 6-8 minggu setelah operasi angkat rahim dilakukan.

Jika Anda ingin membersihkan rumah, perlu memindahkan sesuatu yang berat atau menggendong anak selama proses pemulihan, coba minta bantuan dari anggota keluarga atau pasangan untuk melakukannya.

5. Kembali bekerja ke kantor

Kembali bekerja ke kantor juga menjadi pantangan setelah operasi angkat rahim, apalagi kalau pekerjaan Anda tergolong berat untuk dilakukan.

Biasanya dokter akan membolehkan pasien operasi angkat rahim kembali bekerja ke kantor setelah 2-3 minggu. Beberapa perempuan lainnya mungkin harus menunggu sampai 6 minggu setelah operasi angkat rahim.

Hal ini bergantung pada seberapa cepat pulih kondisi tubuh Anda. Jadi, bisa saja pantangan pekerjaan yang boleh dilakukan masing-masing pasien histerektomi akan berbeda-beda.

Itu sebabnya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan kembali bekerja ke kantor.

6. Olahraga terlalu berat

Jika Anda ingin berolahraga setelah operasi angkat rahim, sebaiknya hindari melakukan olahraga terlalu berat atau intensitas yang berlebihan.

Misalnya, melibatkan aktivitas fisik yang terlalu berat, seperti harus mengangkat beban berat. Inilah yang menjadi pantangan setelah operasi angkat rahim.

Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas berat 4-6 minggu setelah operasi angkat rahim. Meski demikian, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum kembali melakukan olahraga intensitas berat.

Anda juga disarankan untuk tidak berenang sementara waktu sampai jahitan bekas operasi sudah kering sepenuhnya.

7. Menyetir kendaraan

Menyetir kendaraan jadi pantangan setelah operasi angkat rahim lainnya
Jangan menyetir kendaraan setelah operasi angkat rahim sampai Anda pulih

Pantangan setelah operasi angkat rahim lainnya adalah hindari menyetir kendaraan.

Ada baiknya Anda menunggu selama 2-3 minggu sebelum kembali mengemudi setelah operasi pengangkatan rahim.

Jika memang harus berkendara selama proses pemulihan, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati dan aman. Menyetirlah dengan perlahan dan selalu kenakan sabuk pengaman.

Hindari pula mengonsumsi obat pereda nyeri atau jenis obat-obatan lainnya yang dapat menyebabkan kantuk agar tidak membahayakan diri saat mengemudi.

Apa saja anjuran yang boleh dilakukan setelah operasi pengangkatan rahim?

Adapun beberapa anjuran yang boleh dilakukan setelah operasi pengangkatan rahim, yaitu:

1. Istirahat yang banyak

Anda akan merasa sangat lelah beberapa hari setelah operasi pengangkatan rahim akibat efek samping penggunaan obat anestesi.

Oleh karena itu, Anda perlu banyak beristirahat selama beberapa minggu hingga bulan sampai kondisi tubuh benar-benar pulih sepenuhnya.

Semakin banyak waktu Anda beristirahat, maka semakin cepat pulih kondisi tubuh Anda.

2. Lakukan olahraga ringan

Pantangan setelah operasi angkat rahim adalah Anda tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat.

Sebagai solusinya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi olahraga yang tepat setelah operasi angkat rahim. Biasanya, pilihan olahraga yang sesuai selama masa pemulihan operasi angkat rahim berupa jalan kaki.

Manfaat jalan kaki dapat membantu meningkatkan denyut jantung, memperkuat otot-otot di area pinggul, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penggumpalan darah di area kaki, serta mempercepat proses pemulihan pascaoperasi.

3. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi bukan pantangan setelah operasi angkat rahim
Pasien histerektomi wajib mengonsumsi makanan tinggi serat

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan pasien setelah operasi angkat rahim adalah sulit buang air besar atau sembelit. Ini sebabnya, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Perbanyaklah asupan serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh, untuk menghindari gangguan pencernaan yang muncul setelah operasi angkat rahim.

Anda juga disarankan untuk makan makanan dengan protein tinggi selama pemulihan pascaoperasi angkat rahim. Namun, protein tanpa lemak adalah pilihan yang terbaik untuk dikonsumsi, ya.

Setelah menjalani operasi angkat rahim, tubuh membutuhkan fungsi protein untuk membuat jaringan baru dan memperbaiki jaringan yang rusak. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, tubuh akan lebih cepat pulih kembali setelah operasi angkat rahim.

Pastikan pula Anda memenuhi kebutuhan cairan setiap hari dengan baik untuk menghindari sembelit. Jika kondisi sembelit cukup mengganggu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan obat pencahar yang direkomendasikan.

4. Merawat bekas jahitan operasi dengan hati-hati

Perawat rumah sakit akan memberi tahu Anda bagaimana cara membersihkan dan merawat bekas jahitan operasi, baik yang terdapat di vagina atau perut.

Ikuti instruksi yang diberikan oleh perawat agar bekas jahitan operasi histerektomi cepat pulih dan menghindari terjadinya risiko infeksi.

5. Minum obat yang diresepkan dokter sampai habis

Minum obat bukan pantangan setelah operasi angkat rahim
Pastikan Anda minum obat yang diresepkan oleh dokter

Efek samping histerektomi antara lain menimbulkan rasa nyeri yang hebat di perut bagian bawah. Hal ini mungkin dapat terjadi selama beberapa minggu.

Biasanya, dokter akan meresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Nah, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai anjuran dan dosis yang ditentukan oleh dokter.

Jika Anda mengonsumsinya hanya pada saat rasa nyeri muncul, maka proses pemulihan pascaoperasi bisa menjadi lebih lama.

Apabila Anda mendapat resep antibiotik, sebaiknya konsumsi sampai obat ini habis, walaupun kondisi tubuh Anda sudah membaik.

6. Gunakan pakaian atau celana yang longgar

Pastikan menggunakan pakaian atau celana yang longgar untuk membantu Anda merasa nyaman selama proses pemulihan setelah operasi angkat rahim.

Penggunaan pakaian atau celana longgar juga bertujuan untuk menjaga bekas jahitan operasi dari tekanan serta membuat Anda merasa lebih rileks.

7. Jangan stres

Anjuran pasien operasi pengangkatan rahim berikutnya adalah jangan stres. Ya, tak jarang perempuan yang melakukan operasi angkat rahim merasa stres dan tertekan lantaran tidak dapat memiliki anak lagi.

Kehilangan organ yang melambangkan diri wanita mungkin saja dapat menimbulkan rasa minder, depresi, dan rasa kehilangan mendalam.

Jadi, cobalah melakukan banyak hal yang Anda sukai. Anda bisa menghabiskan waktu berdua dengan pasangan untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda berdua.

Atau bila Anda sedang merasa stres, tak ada salahnya untuk menyampaikan keluh kesah kepada anggota keluarga atau sahabat yang Anda percaya.

Baca Juga

  • Autoclave adalah Alat Penting untuk Sterilisasi
  • Mengenal Definisi Informed Consent dan Pentingnya Dalam Penanganan Medis
  • Mudah Tersinggung dan Tak Berdaya Berlarut-Larut? Bisa Jadi Gejala Depresi Pascaoperasi

Menghindari pantangan setelah operasi angkat rahim merupakan hal yang penting dilakukan guna mempercepat proses pemulihan.

Namun, jika selama proses pemulihan Anda tiba-tiba mengalami demam, kebingungan, sulit bernapas, perdarahan atau nyeri hebat, sebaiknya segera temui dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Advertisement

operasi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved