Aneka Manfaat Timun yang Memberikan Kesegaran Hidup

Manfaat timun yakni untuk menjaga jantung, tulang, dan usus
Timun memiliki segudang manfaat yang baik untuk jantung, tulang, serta usus

Bagi Anda yang menggemari pecel lele, lalapan dan timunnya mungkin sering tak disentuh sama sekali. Padahal, buah ini memiliki sejumlah khasiat dan manfaat. Manfaat timun tersebut, mulai untuk kesehatan tulang, jantung, hingga usus.

Simak artikel ini, untuk mengetahui khasiat dan manfaat timun.

Apa saja manfaat timun untuk kesehatan?

Ditopang oleh nutrisinya, ini beberapa manfaat timun untuk kebaikan tubuh:

1. Meningkatkan cairan tubuh

Sekitar 96% kandungan timun merupakan air. Selain itu, buah ini juga mengandung partikel elektrolit. Kandungan timun tersebut membuatnya bermanfaat untuk menjaga kondisi cairan tubuh. Kondisi cairan tubuh sangat penting untuk fungsi tubuh, termasuk untuk kinerja usus, mencegah sembelit, dan mencegah timbulnya batu ginjal.

Manfaat timun ini bisa Anda dapatkan dengan mudah, saat cuaca begitu terik atau seusai beraktivitas fisik.

2. Menjaga kesehatan tulang

Timun kaya dengan vitamin K. Dengan vitamin ini, timun dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Tulang berperan dalam membantu penyerapan kalsium, jenis mineral yang juga vital untuk kesehatan tulang.

3. Memelihara kesehatan jantung

Buah timun, terutama pada bagian kulitnya, menjadi sumber serat pangan yang baik. Konsumsi banyak serat sangat disarankan para ahli karena dapat mencegah penumpukan kolesterol serta mencegah penyakit jantung.

Tak hanya itu, timun juga mengandung kalium dan magnesium. Menurut para ahli, kalium dapat mencegah tekanan darah tinggi, yang juga menjadi salah satu pemicu gangguan pada jantung.

4. Mencegah diabetes

Para ahli juga telah menyimpulkan manfaat timun untuk mengendalikan diabetes. Khasiat timun ini didasarkan pada kandungan Cucurbita ficifolia-nya yang dapat mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, timun juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu 15. Indeks glikemik adalah nilai yang diberikan pada makanan yang didasarkan pada cepat atau lambatnya makanan tersebut memicu peningkatan gula darah.

5. Membantu menurunkan berat badan

Ada beberapa alasan yang membuat timun cocok untuk diet penurunan bobot. Pertama, buah ini rendah kalori. Bayangkan saja, setiap 104 gram timun ‘hanya’ mengandung sekitar 16 kalori.

Selain itu, sebagian besar kandungan timun adalah air. Para ahli percaya bahwa rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Menjaga kesehatan usus

Konsumsi serat tak hanya disarankan untuk pencegahan gangguan jantung. Zat gizi ini juga sangat baik untuk mengatur pergerakan usus. Selain itu, jenis serat pada timun juga dapat meningkatkan frekuensi pergerakan usus, sehingga proses pencernaan makanan dapat menjadi lebih lancar.

Kandungan air pada timun juga menjaga kondisi cairan tubuh. Seperti yang disampaikan di atas, kondisi cairan tubuh sangat penting untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

7. Berpotensi melawan kanker dan penyakit lain

Timun merupakan salah buah yang mengandung cucurbitacins. Walau masih diperlukan penelitian lebih lanjut, kandungan ini diyakini dapat menghentikan sel kanker agar tak berkembang.

Tak sampai di situ, timun juga kaya dengan molekul antioksidan, seperti senyawa flavonoid dan tannin, antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas berlebih. Apabila dibiarkan, radikal bebas dapat memicu berbagai penyakit kronis.

Manfaat timun ditopang oleh nutrisinya ini

Ragam khasiat dan manfaat timun tersebut tentunya bersumber pada kandungan gizi dan nutrisinya. Berikut ini kandungan nutrisi timun untuk setiap 300 gram-nya:

  • Kalori: 45
  • Total lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14% dari rekomendasi asupan harian
  • Vitamin K: 62% dari rekomendasi asupan harian
  • Magnesium: 10% dari rekomendasi asupan harian
  • Kalium: 13% dari rekomendasi asupan harian
  • Mangan: 12% dari rekomendasi asupan harian

Cara sehat mendapatkan manfaat timun

Sebagian dari Anda mungkin harus mengupas timun terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Namun, mengonsumsi bersamaan dengan kulitnya lebih disarankan untuk memaksimalkan asupan serat. Mengupas timun sebenarnya juga mengurangi beberapa vitamin dan mineral.

Untuk menghindari risiko pestisida, Anda dapat merendam timun ke dalam air hangat beberapa saat.

Memberikan kesegaran di siang yang terik, Anda dapat membuat infused water dengan cara mencampurkan timun ke dalam air. Kemudian, tambahkan beberapa helai daun mint. Simpan campuran ini di dalam kulkas untuk beberapa saat. Tentunya, ini cara yang menyenangkan untuk mendapatkan khasiat dan manfaat timun.

Manfaat timun untuk kesehatan
Anda dapat mencampurkan timun dan daun mint, ke dalam segelas air

Menjadikannya jus dengan tambahan beberapa buah dan sayuran lain juga dapat menjadi minuman sehat lagi menyegarkan. Anda disarankan untuk tidak menambahkan gula pasir. Jika mengidamkan sedikit rasa, Anda dapat menaburkan sedikit stevia.

Dengan ragam khasiat dan manfaat timun di atas, Anda tentu tak mau lagi membuang lalapan, saat menyantap pecel lele.

Healthline. https://www.healthline.com/health/is-cucumber-good-for-diabetes
Diakses pada 8 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber
Diakses pada 8 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283006.php
Diakses pada 8 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed