Manfaat Minyak Almond untuk Rambut Serta Cara Menggunakannya


Minyak almond untuk rambut memberikan manfaat yang beragam, seperti melembutkan dan memperkuat rambut. Anda bisa memperoleh manfaat almond oil untuk rambut bila mengoleskannya langsung pada rambut atau dibuat sebagai masker.

(0)
01 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak almond untuk rambut memberikan manfaat seperti melembutkan dan menguatkannyaMinyak almond diyakini membantu melembutkan dan memperkuat rambut
Anda mungkin pernah menemukan beberapa produk perawatan kecantikan dengan komposisi minyak almond sebagai salah satu bahannya. Namun, sudah tahukah Anda kalau ada khasiat minyak almond untuk rambut yang menarik dicoba?Almond merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak khasiat. Tak hanya kacang atau susunya yang bisa kita konsumsi, penggunaan minyak almond untuk rambut sehat ternyata bisa memberikan beragam manfaat. Minyak almond berasal dari ekstraksi biji almond. Manfaat almond oil untuk rambut tak lepas dari nutrisi di dalamnya, seperti vitamin E, protein, asam lemak asam oleat dan asam linoleat, serta antioksidan.  

Manfaat almond oil untuk rambut

Berbagai manfaat almond oil untuk rambut yang menarik dicoba, antara lain:

1. Memperkuat dan memperbaiki rambut

Salah satu manfaat almond oil untuk rambut adalah memperkuat dan memperbaiki rambut Anda. Penggunaan minyak esensial untuk merawat rambut dapat mengurangi kemungkinan kerusakan dan mengatasi rambut bercabangDi samping itu, minyak almond untuk rambut punya efek pelumas sehingga mengurangi gesekan selama penataan rambut. Sebuah studi yang melibatkan penggunaan minyak kacang Brazil (mengandung asam oleat dan asam linoleat, seperti minyak almond manis) menunjukkan rambut lebih kuat setelah diolesi dengan minyak almond. 

2. Melembutkan rambut

Minyak almond untuk rambut mampu melembutkannya
Minyak almond membantu melembutkan rambut
Manfaat almond oil untuk rambut ternyata mampu melembutkan rambut. Minyak almond mempunyai sifat emolien, yakni mampu mengisi celah atau kerak yang terdapat pada sel-sel rambut. Dengan demikian, rambut Anda bisa terasa lebih lembut dan mudah diatur

3. Menumbuhkan rambut

Menumbuhkan rambut juga jadi manfaat almond oil untuk rambut berikutnya. Minyak almond dapat membantu memperkuat rambut dan mencegah ujungnya bercabang. Hal inilah yang diyakini juga berpotensi dalam menumbuhkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin E atau antioksidan pada minyak almond dapat melindungi rambut dari stres yang disebabkan oleh lingkungan. Dengan ini, rambut Anda bisa lebih sehat dan tampak awet muda. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas manfaat almond oil untuk rambut ini. 

4. Mengatasi masalah pada kulit kepala

Minyak almond untuk rambut bisa mengatasi ketombe
Minyak almond bisa mengatasi masalah pada kulit kepala
Minyak almond untuk rambut tak hanya bermanfaat pada helaiannya, melainkan juga untuk kesehatan kulit kepala. Ya, minyak almond diyakini bisa mengatasi masalah ketombe, serta menangani psoriasis pada kulit kepala berkat kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya. Klaim khasiat ini didukung oleh laporan bahwa minyak almond telah lama digunakan untuk mengatasi kulit kepala kering sejak dahulu kala, yakni di Cina dan dalam pengobatan Ayurveda. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala agar lebih sehat. 

Cara menggunakan minyak almond untuk rambut

Ada beberapa cara menggunakan minyak almond untuk rambut agar khasiatnya bisa didapat secara maksimal, yakni: 

1. Oleskan secara langsung

Untuk memperoleh manfaat minyak almond untuk rambut, Anda bisa mengoleskannya secara langsung pada helaian rambut hingga kulit kepala. Tidak perlu banyak-banyak, cukup tuang beberapa tetes minyak almond. Kemudian, oleskan minyak almond pada rambut, mulai dari akar rambut hingga ujungnya, untuk melembutkan rambut dan membuatnya tampak lebih berkilau.Lalu, diamkan selama beberapa saat agar kandungan minyak almond bisa meresap ke dalam helaian rambut. 

2. Gunakan sebagai masker rambut

Selain dioleskan langsung, minyak almond untuk rambut juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dan minyak almond dengan perbandingan 2:1. Tambahkan pula sedikit daging buah alpukat yang sudah dihaluskan.Masker rambut ini dapat dioleskan pada rambut yang kering, diamkan selama 40 menit, lalu bilas sampai bersih. 

Risiko efek samping penggunaan minyak almond untuk rambut

Minyak almond untuk rambut umumnya aman untuk digunakan. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, manfaat minyak almond mungkin tidak bisa diperoleh dengan cara mengoleskannya pada bagian tubuh mana pun, termasuk rambut.  Minyak almond berisiko merusak helaian rambut dan kulit kepala bila Anda mengoleskannya pada rambut yang hendak dicatok atau diluruskan. Pasalnya, paparan panas dari alat penata rambut tersebut dapat meningkatkan risiko rambut dan kulit kepala terbakar.

Catatan dari SehatQ

Minyak almond untuk rambut dapat membantu memperkuat dan mengatasi kerusakan pada helaiannya. Manfaat almond oil untuk rambut diyakini dapat membantu melembutkan rambut dan merangsang pertumbuhannya. Selama Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, penggunaan minyak almond untuk rambut aman digunakan. Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar khasiat almond oil untuk rambut, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut keringpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/almond-oil-for-hair
Diakses pada 17 Juni 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12552899
Diakses pada 17 Juni 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-best-hair-oils-for-every-hair-type-4154056
Diakses pada 17 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/almond-oil#Benefits-of-almond-oil-for-skin
Diakses pada 26 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait