Aneka Kandungan Paprika yang Kaya Vitamin dan Antioksidan


Kandungan paprika terdiri atas karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Namun utamanya, buah yang sering dijadikan sayuran ini tinggi dengan vitamin dan zat antioksidan.

(0)
22 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan paprika yang paling populer adalah vitamin dan zat antioksidanPaprika mengandung beragam zat antioksidan
Paprika atau Capsicum annuum merupakan jenis buah yang sering diolah sebagai sayuran. Buah ini masih berkerabat dekat dengan cabai dan tomat. Paprika dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena mengandung beragam jenis nutrisi. Apa saja nutrisi dan kandungan paprika? Simak di artikel ini.

Ragam kandungan paprika untuk tubuh nan sehat

Kaya vitamin dan antioksidan, ini dia ragam kandungan paprika untuk tubuh sehat Anda:

1. Karbohidrat

Paprika utamanya tersusun atas karbohidrat berupa gula, seperti glukosa dan fruktosa. Kehadiran gula inilah yang memberikan rasa manis pada paprika yang sudah matang.

2. Serat

Karbohidrat sebagai kandungan paprika juga tersusun atas serat, walau jumlahnya memang tidak terlalu signifikan. Serat memiliki porsi 2% untuk setiap berat satu buah paprika.

3. Protein

Paprika turut mengandung protein. Namun, seperti serat, protein sebagai kandungan paprika tidak memiliki kadar yang signifikan. Setiap 100 gram paprika mengantongi sekitar 1 gram protein.

4. Lemak

Sayuran dan buah memang biasanya tidak mengandung banyak lemak, termasuk paprika. Untuk setiap 100 gram, lemak yang terkandung dalam paprika hanya sekitar 0,3 gram. 

5. Vitamin C

Sebagai makanan nabati, paprika kaya dengan vitamin. Salah satu vitamin utama yang menjadi kandungan paprika yaitu vitamin C. Bahkan, satu paprika merah berukuran sedang menyediakan 169% dari Angka Kecukupan Gizi harian Anda terhadap vitamin ini.

6. Vitamin B6

Salah satu jenis vitamin B6 yang utama dan menjadi kandungan paprika adalah piridoksin. Vitamin B6 secara umum merupakan kelompok nutrisi yang krusial untuk produksi sel darah merah.

7. Vitamin K1

Paprika juga mengandung salah satu vitamin K, yakni vitamin K1. Dikenal juga sebagai phylloquinone, vitamin K1 merupakan nutrisi yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

8. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga menjadi kandungan paprika yang memiliki efek antioksidan. Vitamin E sangat penting untuk kesehatan saraf dan otot. 

9. Vitamin A

Paprika merah juga kaya akan beta-karoten. Beta-karoten merupakan bentuk provitamin A yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi. 

10. Vitamin B9

Dikenal juga dengan sebutan folat, vitamin B9 merupakan salah satu anggota vitamin B kompleks yang populer untuk kesehatan tubuh. Kecukupan vitamin B9, entah itu dalam bentuk folat (dalam makanan) maupun asam folat (dari suplemen), amatlah vital untuk kesehatan janin selama kehamilan. 

11. Kalium

Kalium merupakan salah satu jenis mineral makro. Sebagai mineral makro, kalium dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar yang banyak. Kalium sebagai mineral kandungan paprika dikenal bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung.

12. Zat antioksidan

Sebagai salah satu jenis makanan nabati, paprika juga mengantongi beragam jenis zat antioksidan. Beberapa antioksidan yang menjadi kandungan paprika, yaitu:
  • Capsanthin, merupakan zat antioksidan yang berkontribusi terhadap warna indah pada paprika merah
  • Violaxanthin, jenis karotenoid utama dalam paprika kuning yang juga memiliki efek antioksidan
  • Lutein. Walau lebih dikenal terkandung dalam sayur bayam, lutein juga terkandung dalam paprika, terutama paprika hijau mentah dan paprika hitam. Lutein bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan mata.
  • Quercetin, juga menjadi zat antioksidan golongan polifenol dan disebutkan bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker
  • Luteolin. Seperti quercetin, luteolin juga menjadi antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan paprika menawarkan manfaat bagi tubuh

Dengan beragam kandungan paprika di atas, buah sayuran ini pun menawarkan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat paprika untuk kesehatan, termasuk:
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menurunkan risiko kanker karena kaya antioksidan
  • Meningkatkan kesehatan sistem imun
  • Memperbaiki mood karena mengandung vitamin B6
  • Cocok untuk dijadikan makanan diet
  • Memelihara kesehatan kulit
  • Menjaga jantung tetap sehat

Catatan dari SehatQ

Kandungan paprika amatlah beragam. Namun utamanya, buah yang sering dijadikan sayuran ini mengandung beraneka vitamin dan zat antioksidan. Bila masih memiliki pertanyaan terkait kandungan paprika, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi makanan sehat terpercaya.
makanan sehatnutrisivitamin cantioksidanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/bell-peppers
Diakses pada 9 Desember 2020
Health Fitness Revolution. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-of-bell-peppers
Diakses pada 9 Desember 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/minerals.html
Diakses pada 9 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait