Andre Gomes Cedera Parah, Bagaimana Proses Penangangan dan Penyembuhan Engkel Patah?

Butuh waktu sampai akhirnya engkel patah yang dialami Andre Gomes sembuh. (Sumber: https://www.evertonfc.com/)
Andre Gomes harus mengalami engkel patah setelah salah langkah ketika ditekel dari belakang. (Sumber: https://www.evertonfc.com/)

Pesepakbola Portugal, Andre Gomes, baru saja mengalami cedera horor, saat membela klubnya, Everton pada Minggu (3/11). Ketika itu, pemain lawan, Son Heung-Min, melakukan tekel dari belakang, yang menyebabkan Andre Gomes terjatuh, sehingga tulang engkel atau pergelangan kakinya patah.

Saat ini, Everton sudah mengonfirmasi bahwa proses operasi tulang engkel kaki Andre Gomes berhasil. Gelandang berusia 26 tahun itu telah keluar dari rumah sakit, dan menjalani perawatan bersama tim medis klub sepak bola yang memiliki julikan The Toffees ini.

Engkel patah sering terjadi di dunia olahraga, terutama sepak bola. Sebenarnya, seperti apa penjelasan medis tentang engkel patah itu?

Penjelasan engkel patah yang diderita Andre Gomes

Sebelum membahas lebih jauh tentang engkel patah, ada baiknya Anda mengetahui struktur tulang yang berada di bagian sendi pergelangan kaki, seperti berikut ini.

  • Tibia, tulang besar yang berada di kaki bagian bawah. Tibia lebih dikenal dengan sebutan tulang kering
  • Fibula atau tulang betis, yaitu tulang yang lebih kecil dibandingkan tibia, dan berada di kaki bagian bawah
  • Talus, yaitu tulang kecil yang berada di antara tulang tumit, tibia dan fibula

Mungkin Anda heran melihat Andre Gomes yang berteriak histeris, ketika engkelnya patah. Terang saja, engkel patah merupakan kondisi medis yang sangat menyakitkan, bagi orang yang mengalaminya.

Penyebab yang bisa menyebabkan engkel patah

Ketika melihat video tayangan ulangnya, Andre Gomes terlihat ditekel dari belakang oleh pemain lawan, sehingga terjatuh ke arah pemain lawan lainnya, Serge Aurier, yang juga berusaha merebut bola darinya. Akibatnya, kaki Andre Gomes mendarat di posisi yang salah, dan mengakibatkan engkel patah.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan engkel patah. Salah satunya adalah yang dirasakan Andre Gomes, saat kakinya mendarat dengan posisi “mengerikan”. Apa saja penyebab itu?

  • Terputarnya engkel kaki dari sisi ke sisi
  • Engkel kaki tergoncang dari dalam ke luar, sehingga menyebabkan engkel patah
  • Menerima benturan keras, seperti terjatuh dari ketinggian, dan mendarat dengan kaki
  • Salah langkah juga menjadi salah satu penyebab dari engkel patah. Hal ini dirasakan oleh Andre Gomes.

Intinya, jika tertekan dengan keras, di luar kekuatan struktur tulang, maka engkel akan cedera. Kemungkinan terburuknya adalah retak hingga patah.

Gejala dari engkel patah

Ada foto yang menunjukkan engkel kaki Andre Gomes, sesaat setelah ia ditekel oleh Son dan Aurier. Banyak orang yang tidak kuat melihatnya, karena posisi kaki Andre Gomes sangat mengerikan, setelah insiden horor itu.
Biasanya, orang-orang yang mengalami engkel patah, akan merasakan beberapa gejala di bawah ini.

  • Rasa nyeri yang berdenyut
  • Rasa sakit yang timbul jika kaki dipaksa beraktivitas, namun bisa mereda jika diistirahatkan
  • Pembengkakan
  • Memar
  • Perubahan bentuk kaki
  • Kesulitan dalam berjalan dan menahan beban

Jika gejala-gejala seperti sulit berjalan, kaki membengkak, rasa nyeri yang terus timbul, segera datang ke rumah sakit, untuk melakukan pemulihan. Jika dibiarkan, rasa nyeri bisa berkepanjangan, dan engkel patah sulit dikembalikan ke kondisi semula.

Proses penyembuhan dan penanganan engkel patah

Proses penanganan dan lamanya waktu penyembuhan, tergantung dari parahnya cedera yang dirasakan. Selain itu, faktor umur dan kesehatan tubuh juga turut berkontribusi.

Berikut ini adalah beberapa pengobatan dan perawatan untuk cedera engkel.

  • Jika cedera hanya menyebabkan bengkak dan memar, tanpa adanya engkel yang patah atau mengalami dislokasi, maka mengompreskan es batu yang sudah dibalut dengan kain bersih, bisa meredakan rasa nyeri dan menghilangkan bengkaknya.
  • Cedera engkel kaki ringan, seperti keseleo, mengharuskan penderitanya menggunakan gips atau belat untuk berjalan. Hal ini dilakukan, untuk menghindari adanya dislokasi, saat proses penyembuhan sedang berlangsung.
  • Menggunakan alat penopang atau kruk, bisa menghindarkan engkel dari beban berlebihan. Langkah ini mampu membuat cedera engkel, pulih dengan efektif.
  • Jika engkel mengalami dislokasi, ada kalanya dokter tidak merekomendasikan operasi. Dokter akan melakukan prosedur pemindahan engkel secara fisik, agar bisa kembali ke “tempatnya” atau dsebut reduksi tertutup. Sebelum prosedur ini dilakukan, dokter akan memberikan obat anestesi, untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Opsi terakhir yakni operasi, khusus untuk cedera engkel patah. Tim bedah akan memasukkan sekrup, batang logam atau pelat, untuk menjaga tulang agar tidak tetap di posisinya. Prosedur ini disebut reduksi terbuka atau fiksasi internal.

Pada umumnya, waktu penyembuhan cedera engkel sangat beragam, antara 6-12 minggu. Cedera engkel yang tidak membutuhkan operasi, biasanya akan sembuh dalam waktu 6 minggu. Dalam masa ini, dokter akan terus melakukan pemeriksaan melalui sinar X-ray, untuk melihat posisi engkel.

Akan tetapi, jika cedera engkel harus menjalani operasi, proses penyembuhannya bisa memakan waktu hingga 12 minggu lebih.

Tips agar proses penyembuhan engkel patah bisa efektif

Selama proses penyembuhan, peran Anda dalam “menjaga” kondisi engkel sangatlah penting, untuk mempercepat pemulihan. Selain itu, ada beberapa tips, agar pemulihan engkel Anda bisa sempurna, dan kembali ke posisi sedia kala.

  • Menghindari tekanan

Menghindari tekanan yang langsung diterima engkel, menjadi salah satu kunci penyembuhan engkel patah. Ketika Anda sedang bergerak atau berjalan, jangan memberikan tekanan kepada engkel, sampai dokter mengizinkannya.

  • Istirahat

Berolahraga dan mengangkat beban berat, bisa memberi tekanan pada engkel. Oleh karena itu, hindari kedua aktivitas tersebut, agar proses penyembuhan bisa berjalan lancar dan efektif.

  • Terapi fisik

Ketika tulang engkel sudah mulai pulih, Anda direkomendasikan menjalani terapi untuk melatih tulang engkel Anda.

  • Makan sehat

Tulang juga butuh nutrisi untuk bisa sembuh dari cedera. Maka dari itu, mengonsumsi makanan sehat, bisa membantu proses penyembuhan dengan lebih efektif.

Catatan dari SehatQ

Jika mengalami patah tulang, ada baiknya Anda memercayakan tim medis untuk menanganinya. Jika memang harus dioperasi, sebaiknya Anda ikuti rekomendasi dokter, agar pemulihan tulang yang patah, bisa berjalan efektif, sehingga fungsi tulang itu bisa kembali normal.

Kesabaran menjadi kunci dari proses pemulihan tulang patah. Jangan terburu-buru untuk kembali beraktivitas, kalau memang tulang Anda belum siap.

Suara. https://www.suara.com/bola/2019/11/04/054704/insiden-andre-gomes-patah-kaki-warnai-hasil-imbang-everton-vs-tottenham

Diakses pada 7 November 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/broken-ankle

Diakses pada 7 November 2019

 

BolaSport. https://www.bolasport.com/read/311907937/video-menyesal-serge-aurier-berdoa-untuk-andre-gomes-usai-terlibat-insiden-tekel-horor

Diakses pada 7 November 2019

 

Web MD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ankle-fracture#1

Diakses pada 7 November 2019

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/broken-ankle/symptoms-causes/syc-20450025

Diakses pada 7 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed