Anda Sering Takut Panik di Muka Umum? Bisa Jadi Agoraphobia

penderita agoraphobia mudah panik saat berada di keramaian
penderita agoraphobia sering menghindari tempat umum

Fobia merupakan salah satu gangguan kecemasan yang paling umum diketahui masyarakat. Akan tetapi, gangguan kecemasan tidak hanya satu jenis saja, melainkan terdapat beragam jenis gangguan kecemasan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah agoraphobia.

Agoraphobia mungkin terdengar asing di telinga. Namun kondisi ini nyata terjadi. Nama kondisi ini diambil dari bahasa Yunani, agora (alun-alun) dan phobia (rasa takut yang berlebihan).

Oleh karena itu penderita agoraphobia tidak suka berada di tempat umum dan banyak orang. Di samping itu, ia merasa cemas dan takut terhadap kondisi yang membuatnya merasa terperangkap atau keadaan yang berpotensi membuatnya malu.

Mengenal gangguan kecemasan agoraphobia 

Agoraphobia merupakan gangguan kecemasan yang membuat penderitanya menjadi takut dan cemas terhadap situasi atau kondisi yang berpotensi memicu kepanikan, perasaan terperangkap, atau rasa malu.

Sekilas agoraphobia mirip dengan social anxiety, tetapi keduanya merupakan gangguan kecemasan yang berbeda. Social anxiety memicu rasa takut untuk bersosialisasi, seperti takut menatap lawan bicaranya dan sebagainya.

Pengidap agoraphobia bukan takut terhadap hubungan sosial, melainkan takut atau cemas terhadap situasi yang dapat membuatnya merasa rasa panik dan tidak ada jalan keluar dari situasi tersebut.

Oleh itu, penderita memilih menghindari tempat-tempat umum, seperti tempat terbuka, ruangan tertutup, maupun di dalam transportasi publik. Biasanya, penderita agoraphobia menderita agoraphobia setelah mengalami serangan panik atau panic attack.

Penderita akan merasa cemas atau khawatir bahwa dirinya akan mengalami serangan panik di tempat di mana ia tidak bisa mendapatkan bantuan, dan akhirnya mempermalukan dirinya di muka umum.

Seperti apa penderita agoraphobia? 

Penderita agoraphobia umumnya akan menghindari tempat umum atau tempat yang ramai, seperti pasar, mengantri di restoran, dan sebagainya. Bahkan, kondisi ini membuat penderitanya tidak ingin keluar dari rumah.

Selain suka menghindari tempat umum, ada beberapa ciri lain yang ditunjukkan oleh penderitanya, yaitu:

  • Menghindari situasi yang membuat cemas atau selalu memerlukan pendampingan orang lain untuk menghadapi situasi yang tidak disukainya.
  • Rasa cemas atau takut menimbulkan berbagai masalah di kehidupan penderita, seperti hubungan sosial, pekerjaan, dan sebagainya.
  • Rasa cemas atau takut berlebihan dan muncul meskipun tidak ada ancaman yang nyata.
  • Rasa takut atau cemas, serta perilaku menghindari situasi terus-menerus muncul dan dilakukan selama enam bulan atau lebih.

Saat penderita agoraphobia berada dalam situasi yang membuatnya stres, ia bisa mengalami gejala serangan panik, seperti rasa takut yang muncul secara tiba-tiba, merasa kehilangan kendali, merasa panas dan berkeringat, merasa tidak enak badan, detak jantung yang makin cepat, serta pernapasan yang bertambah cepat.

Mengapa seseorang bisa menderita agoraphobia?

Gangguan kecemasan agoraphobia biasanya berakar dari gangguan panik yang meliputi serangkaian serangan panik yang berulang-ulang. Namun, Anda juga bisa berpotensi mengalami agoraphobia meskipun tidak pernah mengalami serangan panik.

Trauma masa lalu dan faktor biologis berupa gangguan genetik dan kondisi fisik bisa turut menjadi salah satu faktor yang meningkatkan peluang Anda mengalami agoraphobia. Biasanya agoraphobia lebih banyak diderita oleh wanita daripada pria dan lebih sering muncul saat usia akhir remaja atau dewasa muda.

Apakah agoraphobia bisa diobati?

Agoraphobia tidak bisa diobati, tetapi bisa diatasi dan dikontrol. Psikoterapi dan medikasi adalah cara-cara yang bisa diberikan untuk meringankan agoraphobia. Menerapkan pola hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan, mengurangi konsumsi alkohol dan kafein, serta berolahraga secara teratur.

Apabila Anda atau kerabat memiliki gangguan agoraphobia, jangan malu dan ragu untuk mengunjungi psikolog dan psikiater untuk menjalani pemeriksaan dan pemberian penanganan yang tepat.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/agoraphobia/symptoms-causes/syc-20355987
Diakses pada 07 November 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/agoraphobia/
Diakses pada 07 November 2019

Banner Telemed