7 Cedera Olahraga Paling Umum yang Harus Diwaspadai

Risiko cedera akibat olahraga cukup banyak
Orang-orang yang gemar berolahraga akan sangat sedih dan kecewa jika mengalami kecelakaan saat latihan yang mengakibatkan cedera.

Orang-orang yang gemar berolahraga akan sangat sedih dan kecewa jika mengalami kecelakaan saat latihan yang mengakibatkan cedera. Hampir seluruh olahraga yang melibatkan aktivitas fisik tinggi memiliki risiko cedera bagi para pemain atau atletnya.

Berikut ini adalah tujuh cedera olahraga yang paling umum terjadi di antaranya:

1. Keselo Pergelangan Kaki

Banyak sekali atlet mengalami cedera berupa terkilirnya pergelangan kaki. Biasanya, kondisi ini terjadi saat kaki melakukan gerakan tiba-tiba yang mengarah ke dalam. Keselo ini disebabkan oleh ligamen yang meregang berlebihan atau bahkan robek.

2. Kaku Pangkal Paha

Gerakan mendorong ke arah sisi dapat menyebabkan ketegangan otot paha bagian dalam, atau selangkangan. Biasanya, pemain dalam olahraga hoki, sepak bola, rugby, dan bisbol adalah sangat berisiko mengalami cedera ini.

3. Cedera Lutut: ACL Robek

Ligamentum cruciatum anterior (ACL) merupakan salah satu ligamen yang berada pada bagian tulang kaki ke lutut. Gerakan keras yang tiba-tiba karena tertabrak dari samping dapat menekan atau merobek ACL. Jika parah, diperlukan tindakan operasi untuk mengobati cedera ACL.

4. Cedera Lutut: Sindrom Patellofemoral

Sindrom patellofemoral dapat terjadi akibat dari gerakan berulang pada tempurung lutut (patella) terhadap tulang paha. Cedera ini biasanya akan merusak jaringan di bawah tempurung lutut. Atlet lari, voli, dan basket sangat berisiko mengalami hal ini.

5. Tennis Elbow (Epicondylitis)

Menggerakkan siku secara berulang, seperti saat mengayunkan tongkat golf atau raket tenis, dapat mengiritasi atau merobek tendon siku. Epikondilitis paling sering terjadi pada usia 30-60 tahun dan biasanya melibatkan bagian luar siku.

6. Kram Otot

Kram otot sangat sering terjadi pada hampir semua pemain dan atlet olahraga. Kram otot ini terjadi pada orang-orang yang secara intens melakukan olahraga tanpa disertai pemanasan dan peregangan otot yang tepat.

Kram ini dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Akan tetapi, dalam aktivitas olahraga, kram paling sering terjadi pada bagian kaki.

7. Cedera Tulang Kering

Cedera tulang kering juga kerap terjadi pada atlet-atlet olahraga dengan gejala rasa nyeri pada betis dan tulang kering atas. Cedera tulang kering atau yang juga dikenal dengan sebutan shin splints terjadi akibat adanya peradangan otot.

Cedera ini sangat berisiko pada atlet olahraga yang banyak melakukan gerakan lari dan melompat.

Dari 7 cedera tersebut, cedera olahraga yang paling umum terjadi adalah keseleo/terkilir. Keseleo atau terkilir merupakan kondisi di mana ligamen yang menghubungkan tulang dalam sendi mengalami peregangan berlebihan hingga robek.

Cara Umum Mencegah Cedera Olahraga

Tidak bisa dipungkiri, mencegah cedera olahraga yang biasa terjadi memang di luar kuasa dan dapat terjadi kapanpun jika seseorang dalam kondisi lengah. Akan tetapi, Anda dapat memperhatikan beberapa langkah penting untuk mencegah terjadinya cedera saat berolahraga, di antaranya:

  • Lakukan pemanasan ringan untuk meningkatkan aliran darah ke otot. Pemanasan ini penting dilakukan untuk membuat otot menjadi lebih fleksibel dan lentur.
  • Ketahui batasan waktu berolahraga. Seseorang yang terlalu menyukai olahraga kerap kali lupa bahwa olahraga juga ada batasannya. Pastikan untuk selalu mengetahui batasan dan jangan pernah memaksakan diri.
  • Saat sudah lelah, istirahatlah. Anda yang paling mengetahui kondisi fisik Anda sendiri. Jika Anda merasa sudah lelah, segeralah beristirahat. Kelelahan ini tidak hanya secara fisik, tetapi juga fokus. Jika keduanya tidak dalam kondisi yang optimal, Anda dapat melakukan kesalahan yang berujung pada cedera.

Itulah ulasan mengenai tujuh cedera yang paling banyak dialami saat berolahraga. Meskipun kecelakaan saat latihan sangat tidak dapat diprediksi, Anda tetap dapat mencegahnya dengan terus berhati-hati dan melakukan prosedur latihan dengan benar.

WebMD. https://www.webmd.com/men/features/seven-most-common-sports-injuries#1
Diakses pada Oktober 2018

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/sportsinjuries.html
Diakses pada Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed