Anak Sedih Bikin Khawatir? Lakukan Tips Ini untuk Membuatnya Kembali Ceria

(0)
02 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Orangtua harus tahu cara menenangkan anak sedih.Saat anak sedih, jangan biarkan ia melewati masa-masa sulitnya sendirian.
Melihat anak sedih tentu dapat membuat orangtua merasa khawatir dan mempertanyakan penyebabnya. Ada banyak hal yang dapat membuat anak kecil sedih, seperti ditinggal sahabat dekatnya yang pindah sekolah atau kematian dari hewan peliharaan kesayangannya.Untuk membantu Si Kecil melewati masa-masa sulitnya, ada sejumlah tips yang dapat Anda lakukan supaya Si Kecil bisa kembali ceria.

Tips untuk membantu anak sedih agar kembali ceria

Mulai dari mengajaknya berjalan ke luar rumah hingga memujinya, berikut adalah berbagai cara membantu anak sedih agar kembali ceria.

1. Cari tahu apa penyebab kesedihan yang dirasakan anak

Untuk mencari solusi dari kesedihan yang dirasakan anak, tentunya Anda perlu tahu dulu apa penyebab dari kesedihan tersebut. Oleh karena itu, cobalah berkomunikasi dengannya agar ia bisa berbicara secara terbuka mengenai penyebab kesedihannya.Pastikan kepada anak bahwa Anda akan membantunya dalam melewati masalah yang sedang ia alami. Jangan lupa juga untuk menunjukkan rasa empati Anda terhadap kesedihan yang sedang dirasakan oleh anak.

2. Memuji usaha anak untuk kembali ceria

Setiap anak memiliki caranya sendiri untuk mengatasi kesedihan yang ia rasakan, misalnya menarik napas dalam-dalam untuk merasa tenang.Jika anak Anda berusaha untuk mengatasi kesedihannya ini, berikan ia pujian. Hal ini dipercaya dapat membuatnya tersenyum dan melupakan rasa sedihnya.

3. Menjadi pendengar yang baik

Saat anak sedih, cobalah jadi pendengar yang baik. Jangan terburu-buru untuk mencari tahu apa penyebab dari kesedihan Si Kecil. Terkadang, kesedihan anak dapat sirna saat orangtuanya mau menjadi pendengar yang baik.Jika anak sudah tenang, barulah Anda boleh bertanya tentang penyebab rasa sedihnya.

4. Bersabar dalam menghadapi anak

Saat anak sedih, orangtua harus bersabar dalam menghadapinya
Saat anak sedih, orangtua harus sabar saat menghadapinya
Jika anak kecil sedih, Anda tidak bisa memaksanya untuk segera berhenti menangis atau kembali ceria. Sebagai orangtua, Anda perlu bersabar saat menghadapi anak yang sedang sedih karena ia juga membutuhkan waktu untuk mengatasi kesedihannya.

5. Perhatikan kata-kata yang keluar dari mulut Anda

Ada kalanya orangtua merasa emosi saat mendengar tangisan anak. Ingatlah bahwa ucapan yang Anda lontarkan dapat memperparah kesedihan anak. Maka dari itu, hindari kata-kata yang menghakimi kesedihan anak.Anda boleh mengucapkan kalimat seperti, "Ayah/ibu bisa mendengar tangisanmu, tapi ayah/ibu tidak tahu apa yang kamu butuhkan. Bisakah kamu memberi tahu ayah/ibu tentang apa yang membuatmu sedih?".Dengan begitu, anak diharapkan bisa mulai terbuka dan menceritakan apa yang membuatnya sedih sehingga Amda bisa membantunya.

6. Berikan anak waktu menyendiri

Saat anak galau dan murung, orangtua boleh menemani dan menenangkannya. Setelah itu, cobalah berikan anak waktu untuk menyendiri.Dilansir dari Web MD, waktu menyendiri ini dapat membantu anak untuk tidak bergantung kepada orang lain saat dirinya ingin dihibur atau mencari ketenangan.

7. Bantu anak mengerti emosinya

Ketika anak galau, Anda juga disarankan untuk mengajari anak dalam mengidentifikasi, mengerti, dan mengontrol emosinya. Dengan begitu, Anda dapat menanamkan kecerdasan emosional sejak dini.Dilansir dari Healthline, kecerdasan emosional ini akan membantu anak untuk mengidentifikasi, mengekspresikan, mengerti, dan mengontrol emosinya. Hal ini dipercaya bisa berdampak baik pada kesehatan mental dan kesuksesannya di masa depan.

8. Tegaskan kepada anak bahwa menangis adalah hal yang normal

Ketika anak kecil sedih, tegaskan kepadanya bahwa menangis adalah hal yang normal selama tidak berlarut-larut dan bisa terjadi pada siapa saja, terutama saat mereka disakiti atau mengalami kejadian sedih. Pastikan kepada anak bahwa bahwa setiap manusia juga memiliki perasaaan.

9. Berikan ia sentuhan lembut

Cara menenangkan anak sedih lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan sentuhan lembut. Peluklah ia dengan erat, temani ia di masa-masa sedihnya, dan pastikan anak tahu bahwa kedua orangtuanya selalu ada untuknya.Tak peduli seberapa keras usaha Anda untuk mengenal anak, akan ada masa di mana Anda tidak tahu apa penyebab di balik kesedihan Si Kecil. Ada kalanya Anda dan pasangan tidak bisa membantu anak untuk mengatasi kesedihan yang dirasakannya.Meski begitu, tetaplah menjalankan tugas Anda sebagai orangtua, yakni memberikan anak dukungan dan kasih sayang.Jika Anda khawatir mengenai kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang
tips parentingkesehatan anakparenting stressgaya parenting
PennState Extension. https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/early-care/tip-pages/all/helping-children-with-sad-times#:~:text=Avoid%20saying%20things%20like%2C%20%E2%80%9CIt's,talk%20about%20what%20he's%20feeling.
Diakses pada 19 Maret 2021
Developing Minds. https://developingminds.net.au/articles-for-professionals/2018/3/14/i862cw03tednjbdfnabjtojug037a3
Diakses pada 19 Maret 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/child/development/7-ways-to-cheer-up-your-child_10386975
Diakses pada 19 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/kid-crying#how-to-stop-it
Diakses pada 19 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/raising-fit-kids/mood/features/cheer-up-kindergartner
Diakses pada 19 Maret 2021
Raising Children. https://raisingchildren.net.au/toddlers/behaviour/crying-tantrums/crying-children-1-8-years
Diakses pada 19 Maret 2021
All Pro Dad. https://www.allprodad.com/6-acts-of-kindness-to-cheer-up-your-child/
Diakses pada 19 Maret 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait