logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Anak Sedih Bikin Khawatir? Lakukan Tips Ini untuk Membuatnya Kembali Ceria

open-summary

Ketika anak sedih, tentu orangtua bisa merasa khawatir dan bertanya-tanya, apa yang telah merenggut keceriaannya? Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara untuk membuat anak kembali ceria, mulai dari cari tahu apa penyebab kesedihan yang dirasakan anak, menjadi pendengar yang baik, hingga bersabar dalam menghadapi anak.


close-summary

5

(1)

8 Feb 2022

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Orangtua harus tahu cara menenangkan anak sedih.

Saat anak sedih, jangan biarkan ia melewati masa-masa sulitnya sendirian.

Table of Content

  • Tips untuk membantu anak sedih agar kembali ceria

Melihat anak sedih tentu dapat membuat orangtua merasa khawatir dan mempertanyakan penyebabnya. Ada banyak hal yang dapat membuat anak kecil sedih, seperti ditinggal sahabat dekatnya yang pindah sekolah atau kematian dari hewan peliharaan kesayangannya.

Advertisement

Untuk membantu anak melewati masa-masa sulitnya, ada sejumlah tips yang dapat Anda lakukan supaya si kecil bisa kembali ceria.

Tips untuk membantu anak sedih agar kembali ceria

Mulai dari mengajaknya berjalan ke luar rumah hingga memujinya, berikut adalah berbagai cara membantu anak sedih agar kembali ceria.

1. Cari tahu apa penyebab kesedihan yang dirasakan anak

Untuk mencari solusi dari kesedihan yang dirasakan anak, tentunya Anda perlu tahu dulu apa penyebab dari kesedihan tersebut. Oleh karena itu, cobalah berkomunikasi agar ia bisa berbicara secara terbuka mengenai penyebab kesedihannya.

Pastikan kepada anak bahwa Anda akan membantunya dalam melewati masalah yang sedang dialami. Jangan lupa juga untuk menunjukkan rasa empati Anda terhadap kesedihan yang dirasakan oleh anak.

2. Memuji usaha anak untuk kembali ceria

Setiap anak memiliki caranya sendiri untuk mengatasi kesedihan yang dirasakan, misalnya menarik napas dalam-dalam untuk merasa tenang.

Jika anak Anda berusaha untuk mengatasi kesedihannya, cobalah berikan ia pujian. Hal ini dipercaya dapat membuatnya tersenyum dan melupakan rasa sedihnya.

3. Menjadi pendengar yang baik

Saat anak sedih, cobalah jadi pendengar yang baik. Jangan terburu-buru untuk mencari tahu apa penyebab dari kesedihannya.

Terkadang, kesedihan anak dapat sirna saat orangtuanya mau menjadi pendengar yang baik. Jika anak sudah tenang, barulah Anda boleh bertanya tentang penyebab rasa sedihnya.

4. Bersabar dalam menghadapi anak

Saat anak sedih, orangtua harus bersabar dalam menghadapinya
Saat anak sedih, orangtua harus sabar saat menghadapinya

Jika anak kecil sedih, Anda tidak bisa memaksanya untuk segera berhenti menangis atau kembali ceria. Sebagai orangtua, Anda perlu bersabar saat menghadapi anak yang sedang sedih karena ia juga membutuhkan waktu untuk mengatasi kesedihannya.

5. Perhatikan kata-kata yang keluar dari mulut Anda

Ada kalanya orangtua merasa emosi saat mendengar tangisan anak. Ingatlah bahwa ucapan yang Anda lontarkan dapat memperparah kesedihan anak. Maka dari itu, hindari kata-kata yang menghakimi kesedihan anak.

Contoh kalimat yang bisa Anda ucapkan: "Ayah/ibu bisa mendengar tangisanmu, tapi ayah/ibu tidak tahu apa yang kamu butuhkan. Bisakah kamu memberi tahu ayah/ibu tentang apa yang membuatmu sedih?".

Dengan begitu, anak diharapkan bisa mulai terbuka dan menceritakan apa yang membuatnya sedih sehingga Anda bisa membantu.

6. Berikan anak waktu menyendiri

Saat anak galau dan murung, orangtua boleh menemani dan menenangkannya. Setelah itu, cobalah berikan anak waktu untuk menyendiri.

Dilansir dari Web MD, waktu menyendiri ini dapat membantu anak untuk tidak bergantung kepada orang lain saat dirinya ingin dihibur atau mencari ketenangan.

7. Bantu anak mengerti emosinya

Ketika anak galau, Anda juga disarankan untuk mengajari anak dalam mengidentifikasi, mengerti, dan mengontrol emosinya. Dengan begitu, Anda dapat menanamkan kecerdasan emosional sejak dini.

Dilansir dari Healthline, kecerdasan emosional ini akan membantu anak untuk mengidentifikasi, mengekspresikan, mengerti, dan mengontrol emosinya. Hal ini dipercaya berdampak baik pada kesehatan mental dan kesuksesannya di masa depan.

8. Tegaskan kepada anak bahwa menangis adalah hal yang normal

Ketika anak kecil sedih, tegaskan kepadanya bahwa menangis adalah hal yang normal selama tidak berlarut-larut dan bisa terjadi pada siapa saja, terutama saat mereka disakiti atau mengalami kejadian sedih. Pastikan kepada anak bahwa bahwa setiap manusia juga memiliki perasaaan.

9. Berikan ia sentuhan lembut

Cara menenangkan anak sedih lainnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan sentuhan lembut. Peluklah ia dengan erat, temani ia di masa-masa sedihnya, dan pastikan anak tahu bahwa kedua orangtuanya selalu ada untuknya.

10. Ajak ia bertemu dengan saudara atau temannya

Cara mengembalikan senyuman anak kecil sedih yang bisa dicoba selanjutnya adalah mengajak anak bertemu dengan saudara dengan teman-temannya.

Dikutip dari situs Baby Centre, anak murung dapat kembali ceria saat ia dikelilingi oleh keluarga atau teman dekatnya. Hal ini dapat terjadi karena anak bisa mendapatkan perhatian dari orang-orang terdekatnya.

11. Menonton film dan membacakannya buku

Banyak orangtua sedih ketika anak kesayangannya murung. Salah satu cara mengatasinya adalah menonton film bersama atau membacakan buku favoritnya.

Dikutip dari Parenting First Cry, kedua aktivitas ini dipercaya dapat mengembalikan senyuman di wajah anak. Pastikan Anda juga mendengar ocehannya ketika sedang menonton televisi atau membacakan buku.

Ketika sedang berdua dengan anak, orangtua disarankan untuk tidak sibuk dengan smartphone. Fokuskan perhatian Anda kepada anak supaya ia bisa kembali ceria.

12. Ajak anak untuk beraktivitas fisik

Salah satu tips untuk mengembalikan keceriaan pada orang sedih adalah mengajak mereka untuk beraktivitas fisik. Aktivitas ini dipercaya sebagai penghilang stres dan bisa menjaga kesehatan mental.

Carilah aktivitas fisik yang sesuai dengan usia anak Anda, misalnya berlari di taman atau bermain petak umpat di belakang rumah. 

Tak peduli seberapa keras usaha Anda untuk mengenal anak, akan ada masa di mana Anda tidak tahu apa penyebab di balik kesedihan Si Kecil. Ada kalanya Anda dan pasangan tidak bisa membantu anak untuk mengatasi kesedihan yang dirasakannya.

Meski begitu, tetaplah menjalankan tugas Anda sebagai orangtua, yakni memberikan anak dukungan dan kasih sayang.

Jika Anda khawatir mengenai kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang

Advertisement

tips parentingkesehatan anakparenting stressgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved